Soto RM Sinar Pagi, Kuliner Soto Legendaris di Medan

Sumber Foto : Instagram @daily.medan

Kota Medan terkenal dengan beragam kulinernya, membahas kuliner khas dari kota ini memang tidak ada habisnya. Salah satunya adalah hidangan Soto Medan yang tidak boleh dilewatkan bagi para penikmat kuliner. Berbicara tentang soto, makanan berkuah yang umumnya berisi daging ini merupakan kuliner legendaris dan termasuk salah satu makanan dengan cita rasa otentik khas Indonesia, di mana kita dapat menemukan bermacam jenis soto dengan nama yang berbeda-beda di setiap masing-masing daerahnya. Ciri khas dari Soto Medan sendiri yaitu kuahnya kental yang berwarna kuning, karena terdapat kandungan santan didalamnya dengan perpaduan rempah-rempah Indonesia yang berupa, bumbu jinten, pala, kunyit, lengkuas sebagai pelengkap rasa dari Soto Medan.

Untuk menikmati hidangan Soto Medan ini, RM Sinar Pagi adalah tempat yang tepat dan sangat di rekomendasikan untuk Sobat Genpi yang ingin menyantap hidangan yang populer di kalangan masyarakat ini. RM Sinar Pagi merupakan salah satu tempat kuliner Legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1962. Tempat ini populer dengan kelezatan sotonya yang memiliki cita rasa yang sulit dilupakan. RM Sinar Pagi ini berlokasi di Jl. Sei Deli, No. 2D, Silasas, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan dan buka setiap harinya pada pukul 07.00 WIB – 15.30 WIB, untuk di hari Minggu tutup di pukul 15.00 WIB. 

Soto RM Sinar Pagi ini menawarkan beragam pilihan isian sotonya yaitu, soto ayam, soto daging, soto babat, usus, paru, hati, dan soto dengan isian campuran. Soto Sinar Pagi memiliki kuah santan dan perpaduan rempah-rempah untuk memperkaya cita rasanya dan disajikan juga nasi hangat di piring terpisah yang dilengkapi dengan taburan bawang goreng, pergedel, rempeyek dan sambal kecap sebagai pelengkap. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi Soto Sinar Pagi ini, termasuk dengan nasi hangatnya adalah sebesar Rp. 30.000.

Karena kepopuleran dengan cita rasanya yang khas, Soto RM Sinar Pagi selalu ramai oleh pengunjung, terutama saat memasuki jam makan siang. Tempat ini memiliki dua kasir atau sebagai tempat pembayaran, kasir satu untuk melayani pembayaran makan ditempat dan kasir dua melayani pembayaran untuk pelanggan yang ingin pesanannya dibungkus untuk dibawa pulang.

RM Sinar Pagi kerap kali didatangi oleh beberapa selebriti saat berkunjung ke Medan seperti, Grup Musik Ran, Uya Kuya, Ruben Onsu, Rio Dewanto dan lain-lain. Tempat ini bahkan pernah dikunjungi oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan pada tahun 2019 lalu adalah kedua kalinya beliau mampir untuk mencoba kelezatan soto dari RM Sinar Pagi ini.

Ditulis oleh Annisa Van Rizky, Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara (USU), Program Intership Genpinas tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here