Cara Crop Video Online Terbaru Plus Penjelasan Lengkapnya Canva
(Foto ilustrasi: ist)

Bagaimana cara crop video secara online, baik di Handphone/Smartphone (HP) atau di PC dan laptop? Mau yang simpel dan gratis? Yuk simak artikel ini sampai selesai 🙂

Pada era digital yang serba maju seperti sekarang, kemampuan untuk mengedit dan menyajikan video dengan baik sangat penting. Salah satu teknik yang sering digunakan adalah crop video yang memungkinkan kamu untuk fokus pada bagian penting.

Apa itu crop video? Crop video adalah teknik penyuntingan yang memungkinkan kamumemotong bagian video untuk meningkatkan fokus pada detail tertentu. Misalnya, menghilangkan area yang tidak diinginkan atau menyesuaikan rasio aspek.

Manfaat Crop Video

Crop video dilakukan untuk berbagai alasan tergantung pada kebutuhan pengguna atau proyek tertentu.Selain fokus pada bagian penting sebuah gambar, beberapa alasan umum untuk melakukan cropping video antara lain:

Perbaikan Komposisi

Kadang-kadang, mengubah proporsi atau memotong bagian tertentu dari video dapat meningkatkan komposisi secara keseluruhan. Ini bisa membantu membuat tata letak visual yang lebih baik dan menarik.

Aspek Rasio Berbeda

Crop video juga sering kali digunakan untuk mengubah aspek rasio, misalnya, dari format horizontal menjadi vertikal atau sebaliknya. Ini berguna terutama ketika video akan ditayangkan di platform media sosial tertentu yang mendukung format tertentu.

Penyesuaian Resolusi

Crop video mampu mengubah resolusi video atau memilih area tertentu dengan resolusi yang berbeda. Ini bisa bermanfaat saat membuat video untuk perangkat atau layar tertentu.

Koreksi Rotasi atau Kemiringan

Crop video dapat membantu mengoreksi rotasi atau kemiringan frame yang tidak diinginkan. Ini berguna jika video direkam dalam kondisi tidak ideal atau perlu perbaikan dalam penyuntingan.

Mengurangi Ukuran File

Crop video dapat membantu mengurangi ukuran file, terutama jika hanya sebagian kecil dari video yang benar-benar diperlukan.

Secara garis besar, kebutuhan crop video benar-benar terpakai untuk segala macam kebutuhan sehari-hari. Berikut cara crop video online terbaru menggunakan aplikasi yang sedang populer di kalangan masyarakat, Canva.

Cara Crop Video Online dengan Mudah

Berikut ini langkah-langkah/cara crop video secara online:

1. Pilih Perangkat Lunak Crop Video Online

Dalam langkah ini, pilih perangkat lunak pengeditan video yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keterampilan kamu. Saat ini, Canva adalah aplikasi crop video online yang sering digunakan baik oleh pemula maupun profesional.

2. Impor Gambar

Setelah membuat video di Canva, langkah selanjutnya adalah mengimpor gambar tersebut ke dalam proyek pengeditan videomu. Ini biasanya dilakukan dengan mengklik tombol impor atau menyeret dan melepaskan gambar ke dalam timeline perangkat lunak pengeditan video. Pastikan gambar tersebut sesuai dengan rasio aspek proyek videomu dan siap digunakan.

3. Tambahkan Video

Impor video yang ingin kamu potong atau edit ke dalam proyek pengeditan video. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang serupa dengan impor gambar. Pastikan video tersebut memiliki kualitas dan resolusi yang sesuai dengan proyek kamu agar hasil akhir tetap berkualitas tinggi.

4. Atur Lapisan

Di dalam timeline pengeditan video, letakkan gambar di atas video. Ini dapat dilakukan dengan mengatur lapisan gambar menjadi lapisan teratas. Dengan menempatkan gambar di atas video, kamu menciptakan efek visual di mana gambar menjadi elemen dominan yang melibatkan atau mengubah bagian-bagian tertentu dari video.

5. Sesuaikan Durasi

Sesuaikan durasi gambar dengan durasi video atau bagian yang ingin kamu potong. Ini melibatkan penyesuaian durasi gambar agar sejalan dengan konten video yang ada. Beberapa perangkat lunak memungkinkan kamu untuk mengubah durasi gambar dengan menarik atau memperpanjangnya secara manual di dalam timeline.

6. Ekspor Video

Setelah selesai melakukan pengeditan dan penyesuaian, ekspor video sesuai dengan pengaturan yang diinginkan. Pilih format file, resolusi, dan parameter lainnya yang sesuai dengan kebutuhan platform atau tujuan distribusi video. Proses ekspor ini akan menghasilkan video akhir yang dapat diunggah atau dibagikan.

Baca juga:
* Cara Mengganti Background Zoom Meeting di HP dan Laptop

7. Simpan Hasil

Simpan hasil ekspor video sesuai kebutuhanmu. Pastikan untuk menyimpannya di lokasi yang mudah diakses, dan sesuaikan nama file agar mudah diidentifikasi. Simpan hasilnya untuk penggunaan lebih lanjut atau untuk berbagi dengan orang lain.

Itulah tadi cara crop video online di Canva yang mudah dan dapat digunakan secara gratis. Pastikan kamu memotong video secara proporsional agar kualitasnya tetap terjaga. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here