Kandungan Gizi Salad Buah si Makanan Enak

Gambar Salad Buah
(Gambar: selerasa.com)


Salad buah adalah salah satu makanan yang sedang viral beberapa tahun ini. Salad buah merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah buah dan diberi salad dressing, lalu pertanyaannya adalah apakah salad buah ini sehat atau tidak?

Apabila dikonsumsi langsung tanpa ada salad dressing tentu saja salad buah merupakan makanan yang sehat. Karena bahannya adalah buah. Namun setelah diberi salad dressing apakah masih sama sehatnya? Atau justru dapat memicu timbulnya lemak yang belebihan dalam tubuh yang membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Baca juga:
* Segarnya Es Campur Pak Ni Bikin Nagih

Untuk lebih lengkapnya mari kita baca artikel berikut ini, artikel ini membahas tentang kandungan gizi yang terdapat pada salad buah.

Pertama yang kita bahas adalah kandungan dari bahan dasar utama dari salad buah yaitu buah-buahan. Seperti yang kita ketahui bahwa buah banyak mengandung serat. Serat mempunyai manfaat baik untuk kesehatan.

Selain mengandung serat, buah juga mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin yang dapat membantu mencegah penyakit. Buah pada salad buah mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, jaringan tubuh, dan kulit, serta dapat menjaga daya tahan tubuh dan menurunkan resiko kaner prostat dan bermanfaat untuk pertumbuhan tulang.

Kandungan berikutnya adalah vitamin B1 yang memiliki manfaat ubntuk kesehatan saraf, kulit, otot dan rambut. Vitamin B5 juga terdapat pada buah yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

Adapula vitamin B6 yang memiliki manfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Vitamin C yang memiliki manfaat dapat menguatkan daya tahan tubuh. Vitamin E yang dapat membantu pertumbuhan tulang.

Kalium dapat menurunkan tekanan darah, dan mangan yang dapat membantu metabolism asam amnino. Tidak ketinggalan asam folat yang bermanfaat untuk pembuatan sel tubuh baru.

Lalu, buah apa saja yang cocok untuk dijadikan bahan salad buah? Buah yang cocok pertama adalah apel. Apel dapat membantu dalam menurunkan kolesterol jahat. Buah selanjutnya adalah nanas, nanas adalah buah yang kaya akan vitamin C. Sehingga dapat membantu meredakan peradangan.

Suka alpukat? Perlu kamu ketahui bahwa alpukat banyak mengandung lemak tak jenuh dan mengandung banyak serat. Buah anggur juga cocok untuk dijadikan bahan salad, karena kaya akan antioksidan dan anti radang.

Buah selanjutnya adalh stroberi yanng kaya akan antioksigen. Mangga juga bisa digunakan karena kaya akan antioksidan dan vitamin C.

Bisa juga menambahkan semangka yang mengandung vitamin A dan C. Serta jeruk yang kaya akan vitamin C. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan salad buah.

Cara yang tepat untuk mengonsumsi salad buah adalah dengan cara mengganti salad dressing yang biasanya menggunakan mayonnaise menjadi yoghurt. Mayonnaise mengandung lemak dan kalori yang tinggi sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsi salad buah dengan mayonnaise.

Lebih baik mengganti bahan-bahan yang mengandung pemanis buatan dengan madu. Disarankan pula untuk tidak menggunakan keju dalam salad buah karena keju mengandung lemak.

Baca juga:
* Hangatnya Wedang Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Tanah Sunda

Bagaimana menurutmu kandungan gizi salad buah yang selama ini kamu makan?

Referensi:
https://www.alodokter.com/mengambil-manfaat-salad-buah-di-balik-kelezatannya

Penulis: Pratidina Dinar Fatih. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Peserta Magang GENPINAS Kelompok 13 EKRAF.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here