Kelezatan Tak Terhingga dari Nasi Pecel Jalan Dhoho

Nasi pecel Jalan Dhoho Kediri
Nasi pecel Jalan Dhoho Kediri, bisa menjadi pilihan untuk santap malam yang nikmat. (Gambar: Amazing Indonesia)


Kediri adalah salah satu daerah di Jawa Timur, ada Kota Kediri dan Kabupaten Kediri. Keduanya memiliki wisata kuliner yang sangat banyak dengan berbagai jenis makanan yang sangat amat beragam.

Berbagai macam rasa makanan dapat ditemui di Kediri, mau itu rasa pedas, asin, gurih, manis, bahkan yang segar juga ada. Kediri memang kaya akan kuliner khas yang sangat jarang ditemui di tempat lain. Termasuk nasi pecel di Jalan Dhoho Kediri.

Nasi pecel adalah makanan yang identik dengan beberapa daerah. Biasanya identik dengan Madiun, bisa juga identik dengan Kediri. Untuk kali ini akan kita bahas nasi pecel khas Kediri. Lalu apa yang membuat nasi pecel khas Kediri ini berbeda dari nasi pecel lainnya.

Baca juga:
* Santap Kuliner di Pasar Kampoeng Osing

Sudah tahu apa yang membuat nasi pecel ini berbeda jika dibanginkan dengan nasi pecel lainnya?

Yang berbeda adalah bumbu nasi pecelnya. Bumbu nasi pecel Kediri ini khas sekali. Mengapa khas? Karena bumbunya tidak terlalu kental. Dan ada satu tambahan bumbu yang biasa disebut “sambal tumpang”.

Rasa dari sambal tumpeng sendiri sangat khas dan berbeda dari sambal yang lain. Namun apabila baru pertama kali mencobanya mungkin akan merasa aneh dengan rasa sambal ini.

Isian dari nasi pecel Kediri sebenarnya sangat sederhana dan tidak jauh berbeda dari nasi pecel pada umumnya, isian nasi pecel Kediri ini ada nasi, kecambah, sayur kembang turi, dan lain lain.

Yang tidak boleh ketinggalan dari isian ini adalah harus disiram dengan sambal pecel yang rasanya khas .Atau bisa juga disiram sambal tumpang, atau bisa juga keduanya, tergantung selera.

Terdapat beberapa makanan tambahan untuk melengkapi nasi pecel ini. Seperti perkedel, sate usus, sate telur puyuh, dan lain lain. Namun ini bersifat opsional saja. Jadi kalian bisa minta pakai makanan tambahan atau tidak.

Makan nasi pecel belum lah lengkap kalau belum ada peyek. Peyek sendiri adalah makanan renyah yang terbuat dari tepung. Peyek sangat tipis namun juga sangat renyah.

Nasi pecel khas Kediri yang sangat terkenal adalah nasi pecel jalan Dhoho. Di jalan ini terdapat banyak sekali penjual nasi pecel yang berderet di sepanjang trotoar. Namun, yang paling terkenal adalah nasi pecel yang dijual di depan Toko Pudakit.

Yang unik dari Nasi Pecel Pudakit ini adalah nasi pecel ini hanya dapat ditemui di malam hari. Baru mulai buka jam 21.00, karena menunggu Toko Pudakit itu tutup terlebih dahulu.

Kalau kamu datang ingin makan di nasi pecel pudakit ini, harus siap-siap untuk antri. Penikmat dan penggemarnya cukup banyak. Tempat makannya ada kursi dan lesehan, jadi kalian bisa memilih mau duduk di mana.

Berapa harga nasi pecel pudakit ini? Satu porsi nasi pecelnya dibanderol dengan harga Rp 8.000. Sangat murah bukan? Jadi tidak perlu khawatir akan menguras kantong.

Oya, Funfact bahwa pecel pudakit ini pernah direview lho oleh youtuber terkenal, Nex Carlos.

Baca juga:
* Segarnya Es Campur Pak Ni Bikin Nagih

Jadi, kalau kalian lagi ke Kediri dan ingin makan nasi pecel, langsung saja ke Jalan Dhoho di malam hari. Jangan lupa untuk mengosongkan perut sebelum makan nasi pecel Jalan Dhoho.

Referensi:
https://www.samkuliner.com/2018/08/rekomendasi-kuliner-malam-kediri-pecel.html
https://travelingyuk.com/nasi-pecel-pudakit/202842

Penulis: Pratidina Dinar Fatih. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Magang GENPINAS 2021 Kelompok EKRAF 13.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here