Sumber Gambar: sindonews

Hallo sobat genpi semua bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya! Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata wisata atau pariwisata? Pasti dari kalian semua akan menjawab tentang kegiatan rekreasi, bersenang-senang, liburan, pantai kan? Namun, jangan salah sangka ya sobat genpi jika pariwisata tidak hanya sebatas pada hal itu saja. Pariwisata juga meliputi kegiatan pertemuan, pameran, bahkan perjalanan bisnis lho! Jika kalian belum tau kegiatan tersebut dinamakan kegiatan meeting, incentive, conference, exhibition atau biasa disebut dengan MICE.

Saat ini, Indonesia juga tidak hanya mengembangkan destinasi wisata prioritas saja lho! Tetapi Indonesia juga mulai mengembangkan destinasi MICE sebagai tempat pertemuan bisnis bahkan olahraga. Salah satunya adalah Kota Jakarta dan Palembang yang menjadi tuan rumah dalam penyelenggaran Asian Games tahun 2018. Pundi-pundi rupiah yang dihasilkan industri MICE sangat besar ternyata. Tentunya ini juga mendatangkan multiplier effect kepada pihak yang terlibat dalam industri MICE. Pasti kalian penasaran kan sebenarnya siapa saja sih yang diuntungkan dari MICE ini. Daripada semakin penasaran yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Perhotelan

Tentu ini sudah sangat jelas ya kalau sektor akomodasi mendapatkan durian runtuh ketika event MICE berlangsung. Wisatawan pasti akan membutuhkan hunian ketika mengikuti penyelenggaraan event MICE. Bisa dibilang setiap perhelatan event MICE tingkat okupansi mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Bahkan pada saat Asian Games berlangsung tingkat okupansi mengalami kenaikan hingga 90-100 persen.

2. Event Organizer

Tentu dalam menyelenggarakan event MICE tidak semua bisa dilakukan sepenuhnya oleh pihak pertama. Terkadang proses pelaksanaan juga membutuhkan bantuan dari pihak ketiga untuk menyusun kerangka konsep hingga eksekusi secara teknis. Pihak EO mempunyai tanggung jawab penuh untuk mengeksekusi arahan dari pihak pertama dalam menjamin kesuksesan kegiatan.

3. Jasa Penyedia Perjalanan Wisata

Biasanya dalam setiap event MICE berlangsung, peserta tidak hanya mengurusi kegiatan bisnis, pameran, konferensi, dan kegiatan formal lainnya. Pasti dalam setiap akhir kegiatan, peserta akan diajak berekreasi untuk menikmati objek wisata yang ada di sekitar untuk sekadar melepaskan penat dari rangakaian aktivitas formal yang telah dijalani. Nah, di sinilah peran penting dari penyedia perjalanan wisata dalam menyusun paket wisata kepada peserta MICE supaya memberikan pengalaman yang menarik kepada peserta MICE.

4. Jasa Penyedia Pramuwisata

Setiap peserta kegiatan MICE tentu akan membutuhkan pendampingan dari pihak penyelenggara selama kegiatan berlangsung. Biasanya orang ini akan menjadi liasson officer atau LO peserta untuk mendampingi peserta MICE. Pendamping akan berperan dalam mengarahkan, memandu, bahkan membantu peserta jika mengalami kesulitan. Nah, peran pramuwisata dibutuhkan dalam hal ini mengingat kemampuan komunikasi mereka yang sangat baik.

5. Usaha Kecil Menengah (UKM)

Siapa sangka jika ternyata MICE juga memberikan manfaat kepada usaha kecil menengah lho! Salah satu contonya adalah pembuat souvenir yang mendapatkan banjiran pesanan untuk membuat souvenir yang akan dibagikan kepada peserta MICE. Tentunya jumlah pesanan yang didapatkan dalam jumlah yang sangat besar. Maka dari itu, keuntungan dari kegiatan MICE juga mampu dirasakan oleh usaha kecil dan menengah.

Sumber:

Kusuma, Chusnu Syarifa Diah. 2019. “MICE-Masa Depan Bisnis Pariwisata Indonesia”. Jurnal Efisiensi, Vol. 16, No. 2. Hlm. 52—62.

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3624679/ada-asian-games-tingkat-hunian-kamar-hotel-melonjak-di-palembang.

kontributor: Herlambang Eka Persada, Universitas Gadjah Mada, Program internship Genpinas tahun 2020, Kelompok 11 Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here