Cantiknya Geosite Sipinsur yang Dikunjungi Presiden Jokowi

Di akun pribadi miliknya, Presiden RI Joko Widodo tampak mengunggah sebuah foto cantik di Geosite Sipinsur. Foto berdua Ibu Negara Iriana Jokowi dengan latar belakang Danau Toba yang indah. Sudah ada yang tahu dimana lokasi Geosite Sipinsur?

Geosite Sipinsur berada di Parulohan, Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Berjarak sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit dari Bandara Silangit. Atau sekitar 240 kilometer dari Kota Medan dengan waktu tempuh 6 jam lewat Parapat.

“Tiba di Bandar Udara Internasional Silangit sore ini untuk kunjungan kerja di Sumatra Utara.” Jokowi menjelaskan dalam postingannya tersebut.

“Dari bandara, saya langsung ke Kabupaten Humbang Hasundutan, mengunjungi lokasi rencana pengembangan Quick Win Sipinsur Geosite di Desa Parulohan, tempat saya dan Ibu Negara berdiri ini.” Lanjutnya.

Presiden RI Joko Widodo di Geosite Sipinsur - danau toba - humbang hasundutan - sumatera utara - foto ig @jokowi
Presiden RI Joko Widodo di Geosite Sipinsur, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. (Foto IG @jokowi)

Pesona Geosite Sipinsur

Sebenarnya apa ya kelebihan dari Geosite Sipinsur ini, sampai-sampai Presiden RI dan Menteri Pariwisata ingin mengembangkannya seiring dengan Danau Toba yang sudah ditetapkan menjadi salah satu destinasi super prioritas Indonesia?

Berudara Sejuk

(Foto: IG @sipinsur.id)

Sipinsur Park Geosite and Pine Forest adalah tempat wisata di Pegunungan Humbang Hasundutan Sumatera Utara yang berada di ketinggian 1.213 meter diatas permukaan laut.

Dengan luas sekitar 2 hektar, berudara sejuk, dan memiliki pemandangan indah Danau Toba, danau terbesar di Asia Tenggara.

Ingin menikmati suasana dan view menawan Kaldera Toba?

Kalau kamu pernah berkunjung ke Parapat di pesisir Danau Toba atau Tuk Tuk di Pulau Samosir, kamu akan mendapatkan suasana ramai wisatawan. Karena kedua tempat wisata tersebut selalu ramai dikunjungi, terutama di hari-hari libur.

Kalau lebih suka dengan suasana yang lebih sepi dan berada di ketinggian, datanglah ke Geosite Sipinsur yang lokasinya berada di sebelah Selatan Danau Toba.

Kawasan Wisata Sipinsur memang ramai di akhir pekan, namun datanglah lebih awal di pagi hari sebelum pukul 08:00. Dari tempat ini kamu bisa menikmati suasana magis dan pemandangan cantik Danau Toba yang terbentuk dari letusan gunung api purba Toba.

Di momen seperti itulah kamu bisa menikmati suasana alam Kaldera Toba yang benar-benar indah. Danau terbesar di Asia Tenggara ini memiliki panjang sekitar 100 ilometer dengan lebar sekitar 30 kilometer. Dihiasi oleh layer-layer lekuk perbukitan dan ngarai-ngarai disekitarnya.

Hanya duduk-duduk menikmati pemandangan dan suasana ini saja sudah luar biasa rasanya. Tidak ada suara hiruk pikuk keramaian wisatawan, hanya ada suara kicau burung dan suara angin yang mengenai dedaunan dan batang pinus.

Karakternya Mirip Hutan Pinus Mangunan dan Orchid Forest

Menteri Pariwisata Arief Yahya berkunjung ke Geosite Sipinsur
Menteri Pariwisata Arief Yahya berkunjung ke Geosite Sipinsur, Minggu (28/7). (Foto: ist)

Kalau kamu pernah mengunjungi Hutan Pinus Mangunan di Yogyakarta atau Orchid Forest di Jawa Barat, kamu akan merasakan karakter yang sama dengan kedua tempat tersebut di Sipinsur.

Sehingga dikatakan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Kawasan Geosite Sipinsur bisa menjadi atraksi tersendiri yang bisa mendatangkan wisatawan milenial ke Danau Toba.

“Lokasi Sipinsur hampir mirip dengan Orchid Forest Cikole di Bandung. Kalau dibuat rumah gantung dan jalan gantung seperti Cikole, tentu ini konsepnya anak muda milenial banget. Apalagi ditambah dengan spot selfie,” jelas Arief Yahya.

Sudah tentu, ini akan menambah pilihan tempat wisata hutan pinus di Indonesia bukan? Apalagi Sumatera Utara memiliki bandara internasional yang menjadi hub penerbangan ke berbagai bandara di Indonesia.

Berlibur ke Sumatera Utara akan semakin asyik dengan adanya wisata hutan pinus di Kawasan Wisata Sipinsur.

Oya, kawasan hutan pinus Geosite Sipinsur ini juga bisa berfungsi sebagai bumi perkemahan (camping ground). Tersedia juga fasilitas taman bermain untuk anak-anak.

Hutan Pinus di kawasan wisata Sipinsur - IG @sibangzul_
Hutan Pinus di kawasan wisata Sipinsur. (Foto: Instagram @sibangzul_)

Ramai Dikunjungi Wisatawan

Ternyata Geosite Sipinsur ini juga ramai dikunjungi wisatawan di saat hari libur atau akhir pekan. Bahkan bisa mencapai 5 ribu kunjungan wisatawan.

“Kami terus memperbaiki berbagai atraksi di sini sebagai daya tarik, salah satunya menyiapkan tempat musik yang biasa digunakan saat akhir pekan” Ujar Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor saat menemani kunjungan Menpar Arief Yahya pada Minggu (28/07/2019) lalu.

Dijelaskan Dosmar Banjarnahor, Kawasan Wisata Sipinsur masih dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Pemerintah daerah akan terus membenahi Sipinsur sehingga bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan ke Danau Toba. Khususnya tempat wisata di wilayah Humbahas.

Dekat dengan Tempat Wisata Lain

Pulau Sibandang di Danau Toba dilihat dari ketinggian Geosite Sipinsur - @pesona.travel
Pulau Sibandang di Danau Toba dilihat dari ketinggian Geosite Sipinsur. (Foto: pesona.travel)

Dari Geosite Sipinsur kamu bisa berkunjung ke beberapa destinasi lain yang tidak kalah indahnya. Setelah memandang Pulau Sibandang, kamu juga bisa mengunjungi pulau ini yang hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Pelabuhan Muara.

Kalau dari Kawasan Wisata Sipinsur, kamu harus menuruni bukit dan jalan berkelok terlebih dahulu. Dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke Pemandian Aek Sipangolu dan Situs Cagar Budaya Istana Raja Sisingamangaraja.

Baca juga:
* Menikmati Kopi Bengkulu di Festival Bumi Rafflesia 2019

Geosite Sipinsur yang Memesona

Demikian lah ulasan singkat mengenai Geosite Sipinsur yang memesona yang dikunjungi oleh Presiden Ri Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Disini kamu bisa menikmati keindahan luar biasa hutan pinus dan Kaldera Toba yang luasnya seakan tanpa batas.

Berada di sini di pagi hari sebelum pukul 08:00 akan memberikan sensasi kesejukan dan keindahan Nusantara yang seakan menjadi ‘milik’ sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here