Nikmatnya Ngopi di Warung Kopi Merapi Jogja

Kalau kamu penggemar minum kopi dengan suasana unik dan ditemani pemandangan indah, luangkan waktu untuk singgah di Warung Kopi Merapi. Ini adalah sebuah kedai kopi unik yang bisa kamu coba saat sedang traveling di Jogja.

Warung Kopi Merapi menawarkan sedapnya aroma kopi robusta dan cita rasa kopi arabika. Kedua jenis kopi ini memang menjadi menu utama dengan bahan Kopi Merapi yang banya tersedia di sekitar lereng Gunung Merapi.

Bagi yang kurang suka dengan rasa kopi yang mungkin menurutmu pahit, bisa memesan kopi susu. Kamu tetap bisa merasakan sensasi minum kopi dan tentu saja sembari memandang indahnya pemandangan di sekitar dengan latar belakang Gunung Merapi.

Baca juga:
* Menikmati Kopi Bengkulu di Festival Bumi Rafflesia 2019

Warung Kopi Merapi

Warung Kopi Merapi Jogja - genpijogja.com
Warung Kopi Merapi Jogja. (Foto: genpijogja.com)

Dulunya warung kopi ini bernama Warung Kopi Petung. Namun lama-kelamaan warung kopi ini lebih dikenal dengan nama Warung Kopi Merapi. Demikian dijelaskan dalam salah satu artikel di genpijogja.com.

Dijelaskan pula, bahwa kedai kopi ini adalah satu-satunya bangunan yang bisa kamu temukan di area tersebut. Dibangun dari sisa-sisa bangunan pasca erupsi Gunung Merapi di tahun 2010 lalu.

Lokasi

Terletak di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Berada tidak jauh dari jalur Lava Tour dan tempat wisata The Lost World Castle dan juga Stonehenge.

Bagi yang ingin berkunjung ke warung kopi ini bisa melalui Jalan Kaliurang ke utara hingga sampai perempatan Pakem lalu ambil arah ke Cangkringan.

Setelah melewati pos retribusi Wisata Lava Merapi, ambil arah kanan menuju Desa Petung hingga beberapa ratus meter melewati area perkampungan Desa Petung, akan terlihat bangunan dipinggir jalan dengan tulisan Kopi Merapi.

Kalau kamu masih bingung dengan petunjuk tersebut, kamu bisa mencarinya dan mengikuti saran yang diberikan di aplikasi maps di smartphone-mu.

Lokasi di Google Map: Warung Kopi Merapi

Warung kopi yang berjarak sekitar 7 Km dari puncak Gunung Merapi ini mengusung konsep tradisional. Cara pengolahan kopinya masih dengan metode disangrai menggunakan wajan dari tanah liat. Sedangkan untuk pembakaran menggunakan kayu bakar, menarik bukan?

Suasana Asik Minum Kopi

Suasan asik ngopi - genpijogja.com
Suasan asik ngopi. (Foto: genpijogja.com)

Kebayang ga bagaimana asiknya minum kopi sambil menikmati keindahan Gunung Merapi di kesejukan udara pagi hari? Coba deh ajak keluarga atau sahabat bersantai sejenak disini, sejenak menjauh dari keramaian kota.

Duduk-duduk di kursi kayu dan meja yang terbuat dari batu sisa erupsi, sesekali terlihat truk pasir dan rombongan jeep wisatawan yang sedang melintas di Kalikuning.

Jangan ragu untuk foto-foto disini. Karena banyak juga pengunjung Warung Kopi Merapi yang melakukannya. Kapan lagi bisa foto-foto dengan suasana yang asik.

Meja dan Kursi
Meja dan Kursi dari sisa erupsi tahun 2010. (Foto: genpijogja.com)

Jam Buka

Warung kopi ini buka dari pukul 07:00 WIB hingga 14:00 WIB. Saat genpi.id cek di google map, memang jam bukanya demikian. Sedangkan di sumber lain, ada dikatakan buka dari pukul 08.00 hingga 01.00 WIB. Bahkan ada juga yang menjelaskan bukanya 24 jam.

Dijelaskan oleh genpijogja.com, kamu bisa memesan tempat untuk waktu diluar jam buka standarnya. Berarti memang bisa saja ya berkunjung di luar jam buka. Tetapi sebaiknya kamu menelpon dulu untuk memberitahu kedatanganmu.

Sekadar informasi, kalau kamu berkunjung di saat akhir pekan, Warung Kopi ini akan dipenuhi oleh rombongan Lava Tour dipagi hingga siang hari.

Menu

Menu Warung Kopi Merapi Jogja - genpijogja.com
Menu Warung Kopi Merapi Jogja. (Foto: genpijogja.com)

Di warung kopi ini hanya tersedia 2 jenis kopi, yaitu kopi robusta dan arabika Merapi. Kopinya berasal dari perkebunan yang berada di tanah vulkanik lereng-lereng Gunung Merapi.

Untuk makanan pendamping di sini tersedia aneka gorengan seperti bakwan, mendoan, gedang goreng, dan tahu susur. Bagi penyuka mie instan jangan kawatir, kamu bisa memesannya untuk pilihan makanan beratnya.

Untuk minuman lain, juga tersedia teh, susu hangat, wedang jahe, dan wedang secang.

Tak lupa bagi para pengunjung yang ingin membeli Kopi Merapi sebagai buah tangan, bisa membelinya di warung kopi ini. Tersedia dalam bentuk bubuk dalam kemasan yang siap diseduh di rumah.

Harga

Menu yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu mulai Rp 4.000,- hingga Rp 12.000,-.

Kopi Arabika Merapi: Rp. 8.000/cangkir
Kopi Robusta Merapi: Rp. 5.000/cangkir

Tempe mendoan: Rp. 5000/porsi
Pisang goreng: Rp. 7.000/porsi

Mie rebus: Rp. 7.000
Mie goreng: Rp. 8.000

Cukup terjangkau bukan?

Baca juga:
* Menikmati Kopi Bengkulu di Festival Bumi Rafflesia 2019

Ayo Berkunjung ke Warung Kopi Merapi

Bagaimana menurutmu tempat ngopi yang asik ini? Bisa menambah daftar cerita perjalananmu yang mengasikkan dan menyenangkan. Bisa minum kopi sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Sebelum atau sesudah minum kopi, kamu bisa berkunjung ke beberapa destinasi menarik di sekitar. Kamu bisa foto-foto seru di Stonhenge Merapi yang jaraknya hanya sekitar 350 meter dari Warung Kopi Merapi.

Lalu kamu bisa kunjungi Museum Mini Sisa Hartaku dan The Lost World Castle.

Sumber: https://genpijogja.com/menikmati-pagi-dan-kopi-di-kopi-merapi.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here