Asik, Genpi dan Genposting Berjumpa dan Berkolaborasi

Teknologi komunikasi dan informasi terus berkembang sehingga menghadirkan peradaban baru. Bisa dibilang, terjadi perubahan hampir pada setiap segi kehidupan. Muncul realitas maya dan masyarakat maya yang disebut netizen.

Generasi millenials muncul dan mereka ditakuti oleh banyak pihak khususnya dunia bisnis. ‘Millenials kill everything’ bukan jargon belaka. Millenials, melalui internet khususnya sosial media, menghadirkan perubahan dan gerakan perubahan.

Kolaborasi menjadi kunci keberhasilan pada era komunikasi 4.0. Generasi Pesona Indonesia (Genpi) berkesempatan hadir dan sharingpada acara Generasi Positif Thinking (Genposting), Kamis 25 Juli 2019, di Aula Pelinggihan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi.

Sungguh ini menjadi forum yang luar biasa. Ada dua komunitas berkolaborasi.

Baca juga:
* Literasi Media Digital, Diskusi Kolaborasi Antar Komunitas di NTB

Genpi dan Genposting  - Kolaborasi Itu Asik
Genpi dan Genposting, Kolaborasi Itu Asik

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyadari bahwa konten positif sangat penting pada era komunikasi 4.0. Direktur Komunikasi dan Informasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kominfo, Septriana Tangkari, dalam sambutannya menyatakan melalui media sosial generasi muda dapat menciptakan konten konten yang kreatif dan inovatif.

“Hal yang sederhana namun dapat meningkatkan kemajuan dan perekonomian daerah,” Tegas Septriana Tangkari.

Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum Henri Subiakto turut menegaskan hal tersebut. Dipaparkannya, teknologi komunikasi dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal termasuk mengenalkan dan mengembangkan pariwisata daerah.

Hal ini juga didukung oleh Rulli Nasrullah yang akrab dipanggil Kang Arul, bahwa postingan yang baik akan menghasilkan efek yang jauh lebih baik.

Ditambahkan oleh Ketua Harian Nasional Genpi Siti Chotijah, yang sering dipanggil Mbak Jhe, media sosial tidak melulu pada konten namun juga strategi.

“Jika dua hal ini digabungkan maka akan melipatgandakan efek. Mulailah dari hal hal kecil namun memberi efek seperti menyertakan hestek dalam postingan dan memberi kontribusi misalnya melalui review,” Ujar Mbak Jhe.

Saat Genpi Jumpa Genposting  - Kolaborasi Itu Asik - 2

Forum ini menjadikan semangat baru bagi netizen banyuwangi untuk semakin mengoptimalkan sosial media dalam rangka promosi wisata kabupaten banyuwangi

Genpi dan Genposting merupakan gerakan netizen yang perlu diapresiasi dan didukung. Salah satu kunci keberhasilan bagi millenials adalah kolaborasi bukan persaingan. Kolaborasi ini sudah terbukti memunculkan peluang dan menjadi gerakan yang memberikan banyak manfaat

Banyak muncul milliarder baru dari kalangan anak muda, dan semua itu adalah hasil dari kolaborasi. Gojek, sebagai contoh merupakan kolaborasi teknologi yang dimotori oleh Nadiem Makarim dengan ratusan ribu pemilik motor di Indonesia yang bergabung menjadi driver.

Baca juga:
* Menilik Kisah 3 Tahun Perjalanan Genpi

Saat Genpi dan Genposting  berjumpa, kolaborasi Itu Asik.
Saat Genpi dan Genposting berjumpa. Genpi Gasss, Genposting Keren.

Demikian juga dengan berbagai kemunculan market place di Indonesia yang merupakan kolaborasi mereka dengan para produk dan UMKM

Anak muda banyak yang menjadi influencer dan konten creator melakui instagram atau youtube. Selain berimplikasi pada ekonomi dengan bisa mendapatkan uang dari bermain sosmed mereka juga dapat berkontribusi untuk berbagai hal positif

Teknologi Komunikasi Informasi jika dimanfaatkan secara positif maka akan membuka peluang dan memberikan manfaat yang sangat besar. Yuk mulai dengan share konten positif dan selalu dukung gerakan internet sehat.

Salam Genpi Gasss, Genposting Keren!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here