Hallo sobat genpi semua bagiamana kabar kalian pada saat pandemi COVID-19 ini? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya! Mungkin kalian sudah sangat bosan karena terlalu lama di rumah aja dan tentu membutuhkan liburan sejenak supaya tidak terlalu stress karena terlalu lama di rumah. Namun, jika kalian mau berlibur tetap harus hati-hati ya! COVID-19 masih akan mengancam hingga waktu yang tidak diketahui.

Saat ini, trend wisata virtual mulai marak dikembangkan oleh beberapa objek wisata dan mulai diikuti oleh berbagai orang. Tentu kehadiran wisata virtual menjadi jawaban atas kondisi keterbatasan untuk melakukan perjalanan wisata saat ini. Orang-orang hanya cukup menggunakan smartphone atau laptop mereka untuk mengikuti kegiatan virtual tour ini. Namun, bagi kalian yang sudah pernah mengikuti kegiatan wisata virtual pasti merasakan sentuhan yang hilang dari kegiatan wisata kan? Lalu bagaimana untuk mengembalikan sentuhan yang hilang tersebut dengan berwisata secara aman?

Tenang sobat genpi. Tulisan kali ini akan memberikan jawaban atas kegundahan kalian selama ini. Selain virtual tour, saat ini mulai berkembang isitilah staycation lho sobat genpi! Tentu kalian cukup familiar dengan istilah tersebut. Istilah tersebut sangat sering menghiasi jagat media sosial sekarang ini. Akan tetapi apa sih sebenarnya staycation tersebut? Lalu apa bedanya dengan vacation?

Bagi yang belum tahu, staycation merupakan kombinasi dari vacation dan berdiam di rumah. Tentu bagi kalian hal ini merupakan hal yang sangat kontradiktif sekali ya. Lalu bagaimana sih hubungan antara keduanya? Jadi staycation merupakan sarana relaksasi dan hiburan di dalam rumah atau di sekitaran rumah kalian. Staycation merupakan kegiatan yang berfokus pada diri sendiri untuk sejenak melakukan relaksasi. Atau dalam istilah kerennya bisa dikatakan sebagai kegiatan me time.

Staycation tentunya tidak hanya dilakukan hanya dengan di rumah aja ya sobat genpi. Tentu ada kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk merefresh diri sejenak dari kegiatan sehari-hari. Kalau misal hanya dilakukan tanpa tujuan yang jelas pasti jatuhnya akan seperti rebahan di rumah ya. Dalam staycation terdapat kombinasi dengan kegiatan liburan meskipun hanya dilakukan di dalam rumah. Apabila kalian ingin mencoba suasana lain kalian bisa lho menyewa kamar hotel yang estetik untuk sarana staycation kalian. Selain itu, kalian juga bisa sekali mencoba staycation di desa wisata dengan menyewa homestay milik warga lho!

Nah bagi kalian yang penasaran kegiatan apa aja sih yang bisa dilakukan dalam staycation, kalian dapat menunggu tulisan kami lainnya tentang staycation lainnya ya! Selamat membaca!

(Sumber: money. howstuffworks)

Kontributor Herlambang Eka Persada, Universitas Gadjah Mada, Program internship Genpinas tahun 2020, Kelompok 11 Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here