Puerta del Sol, Alun-alunnya Kota Madrid

Puerta del Sol adalah salah satu tempat paling ikonik di Kota Madrid, Spanyol. Alun-alun ini sangat bearti bagi warga kota. Juga bagi ribuan orang dari berbagai belahan dunia yang sedang berlibur.

Advertisement
foto gambar Real Casa de Correos - Puerta del Sol alun-alun kota madrid spanyol - @comunidadmadrid
“Real Casa de Correos”, salah satu ikon paling menonjol di ‘Puerta del Sol’, Kota Madrid. (Sumber foto: @comunidadmadrid)

Puerta del Sol adalah salah satu tempat paling ikonik di Kota Madrid, Spanyol. Satu tempat yang menjadi lokasi merayakan kedatangan Tahun Baru bagi warga kota. Juga menjadi pusat kegiatan protes dan demonstrasi.

Selama berabad-abad, Puerta del Sol telah menjalani banyak momen bersejarah yang mengubah masa depan negara. Mulai dari pertempuran, pemberontakan, demonstrasi sejarah, pembunuhan tokoh sejarah hingga perayaan penting. seperti pada tahun 1931, ketika Republik Kedua diproklamasikan.

Baca juga:
* Menyelam di Deep Dive Dubai, Kolam Renang Terdalam di Dunia

Ikon di Puerta del Sol

Kalau berjalan-jalan di alun-alun kota Madrid ini, ada banyak yang bisa kamu lihat. Banyak juga yang menjadi ikon kota dan terkenal.

Patung Raja Carlos III

Patung Raja Carlos III - Puerta del Sol alun-alun kota madrid spanyol - @dan_sa_10
Patung Raja Carlos III. (Sumber foto: @dan_sa_10)

Kamu akan melihat Patung Raja Carlos III, seorang raja yang sangat dicintai oleh warga Madrid.

Real Casa de Correos

Real Casa de Correos - Puerta del Sol alun-alun kota madrid spanyol - @oemagrini
(Sumber foto: @oemagrini)

Dan yang paling mendominasi suasana adalah sebuah bangunan neoklasik yang indah. Dirancang pada masa pemerintahan Raja Carlos III yang sempat menjadi Kantor Pos Kerajaan.

Namun saat ini, bangunan “Real Casa de Correos” tersebut menjadi Kantor Pemerintah Madrid.

Zero Kilometer

Nol Kilometer Zero Kilometer - Puerta del Sol alun-alun kota madrid spanyol - @okhostel_madrid
(Sumber foto: @okhostel_madrid)

Kemudian di luar Casa de Correos terdapat lempengan batu di trotoar yang menandai lokasi Zero Kilometer, nol kilometernya Kota Madrid. Lokasi awal pengukuran jarak ke berbagai tempat di penjuru kota.

Patung “El Oso y El Madroño”

El Oso y El Madroño - Puerta del Sol alun-alun kota madrid spanyol - @roteirosnomundo
(Sumber foto: @roteirosnomundo)

Tepat di seberang gedung Real Casa de Correos, terdapat patung “El Oso y El Madroño”.

Dalam bahasa Inggris disebut ‘Bear and the Strawberry Tree’, atau dalam bahasa Indonesia berarti patung Beruang dan Pohon Strawberry.

“Oso & Madroño” ini adalah simbol Kota Madrid. Dalam beberapa sumber dikatakan tidak jelas asal usul alasan penetapan simbol kota ini.

Sepertinya dulu ada banyak beruang di sekitar Madrid. Dan menurut katanya, ‘Osa’ adalah beruang betina.

Sedangkan pohon strawberry itu sebenarnya adalah pohon hackberry (almez). Karena dulunya banyak sekali terdapat pohon ini di sekitar Madrid.

Waktu terus berlalu, namun Puerta del Sol tidak pernah kehilangan arti pentingnya. Terus menjadi titik pertemuan utama bagi warga kota.

Malam Tahun Baru di Puerta del Sol

Alun-alun ini tetap memiliki arti bagi warga kota. Juga bagi ribuan orang dari berbagai belahan dunia yang sedang liburan di Kota Madrid.

Suasaha ramai dan meriah akan kamu rasakan kalau kamu berkunjung di malam tahun baru. Warga kota akan berkumpul di alun-alun yang berbentuk setengah lingkaran ini.

Saat itu, semua akan memandang ke arah selatan ke arah menara jam di bangunan “Real Casa de Correos”.

Semua orang akan bersenang-senang di tengah suasana malam yang dingin. Di detik-detik menjelang pergantian tahun, warga akan memandang dan menunggu jam berbunyi.

Bertepatan dengan pukul 12 malam, warga akan minum anggur sebanyak 12 tegukan. Seiring dengan 12 bunyi lonceng tengah malam pergantian tahun. Seru bukan?

Baca juga:
* Flora Wisata San Terra, Keindahan di Tengah Kesejukan Pujon Malang

Jadi, ada rencana mau liburan ke Kota Madrid di Spanyo? Jangan terlewatkan untuk mampir di Puerta del Sol, alun-alunnya dan Nol Kilometer-nya Kota Madrid.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here