FAMOUS, (Familirization Trip of Sustainable) 2020.

Foto Oleh : GenPi Poltekpar NTB

Hello sobat GenPi..

Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat menakjubkan. Begitu juga dengan pulau Lombok yang merupakan salah satu destinasi super prioritas yang menyuguhkan keindahan alam dan budaya yang melimpah, namun masih banyak destinasi wisata yang belum diketahui oleh wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu banyak yang belum mengetahui bahwa  pulau ini memiliki beberapa tempat wisata rekreasi maupun wisata budaya serta venue MICE yang cukup memadai untuk diadakanya beberapa event-event besar.

Oleh karena itu, dalam rangka membantu pariwisata Indonesia khususnya Lombok. Diera kenormalan baru ini, Politeknik Pariwisata Lombok mengadakan kegiatan FAMTRIP untuk yang pertama kalinya. Kegiatan FAMTRIP ini disusun langsung oleh mahasiswa/i program studi Usaha Perjalanan Wisata semester 7 kelas C angkatan 2017 sebagai bentuk program studi Aplikasi Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata (APM). Kegiatan ini diberi nama FAMOUS, (Familirization Trip of Sustainable)

Foto Oleh : GenPi Poltekpar NTB

Famous memiliki arti “terkenal” dalam (bahasa Inggris), tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan daerah tujuan wisata di pulau Lombok secara umum dan Kabupaten Lombok Tengah secara khusus. Konsep dari kegiatan ini sendiri mengambil tema “ NEW CHAPTER OF TOURISM‘ ada beberapa alasan dalam pengambilan konsep ini, pertama adalah untuk membantu pariwisata Indonesia bangkit dari pandemi Covid19. 

Selain itu, mahasiswa/i UPW ini ingin mengangkat bagian lain dari pariwisata, yang dimana bagian ini sering dilupakan. Bagian ini adalah kepekaan sosial wisatawan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Sehingga dalam berwisata, tidak hanya mendapat kesenangan ataupun hiburan saja, akan tetapi mendapatkan kesan yang tak akan terlupakan.

Adapun peserta Famous 2020 ini berjumlah 25 peserta yang terdiri dari 5 orang Influencer,  5 orang perwakilan dari Jurnalis/Media , dan 15 peserta dari Travel Agent.  Kegiatan Famous ini berlangsung selama tiga hari dua malam loh sobat GenPi, yakni dari tanggal 20-22 november 2020 tahun kemarin. Dimana panitia FAMOUS 2020 memilih Desa Wisata Bonjeruk sebagai destinasi pertama.

Oiya, sebelum lanjut, perlu diketahui bahwa  panitia FAMOUS 2020 juga mengunsung konsep Zero Waste loh. Jadi setiap peserta dan semua pihak yang terlibat di kegiatan FAMOUS 2020 ini diberikan sebuah goodie bag yang berisikan tumbler, handsanitizer, masker, t-shirt FAMOUS 2020, topi FAMOUS 2020 dan sebuah buku pedoman berwisata di era kenormalan baru karya mahasiswa UPW. Jadi selama kegiatan berlangsung, peserta FAMOUS 2020 selalu  membawa goodie bag tersebut dan tak lupa panitia selalu menyediakan air galon setiap harinya untuk mengisi tumbler peserta, jadi tidak perlu minum mnggunakan plastik yang akan mengakibatkan banyak sampah ya sobat GenPi. Semoga hal-hal seperti ini bisa terus berkelanjutan ya. 

Foto Oleh : GenPi Poltekpar NTB

Lanjut dihari pertama, pembukaan FAMOUS 2020 dilaksanakan di Pasar Bambu Desa Bonjeruk. Acara pembukaan dihadiri sekaligus dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Pariwisata NTB H. L. Moh. Faozal. S,Sos. M,Si. Selain itu acara pembukaan juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan  lainya seperti ketua ASITA, ASTINDO, ASPI, dosen-dosen dari  program studi Usaha Perjalanan Wisata, Divisi Kamar, Tata Hidang dan Seni Kuliner, Kepala desa Bonjeruk, dan peserta FAMOUS 2020. 

Acara berlangsung dengan sangat meriah dan tetap mematuhi protokol Covid-19. Bapak Moh. Faozal sangat mengapresiasi kegiatan FAMOUS 2020 ini, beliau menyampaikan bahwa “kegiatan-kegiatan seperti ini harus tetap berlanjut dan tidak stop sampai disini saja, karena kegiatan ini sangat membantu pariwisata NTB” ujarnya. 

Duh luar biasa sekali ya kegiatan Famous 2020 ini. Kegiatan yang sangat bermanfaat dan patut untuk diteruskan. Semoga dengan adanya FAMOUS 2020 ini dapat meningkatkan dan mengembangkan semangat serta menumbuhkan jiwa Kepariwisataan di bidang pariwisata sebagai media perantara untuk bertukar informasi antar pengelola destinasi wisata dan para pelaku usaha pariwisata di Indonesia pada umumnya dan di pulau Lombok khususnya, serta meningkatkan minat masyarakat luas untuk berwisata menggunakan jasa Biro Perjalanan Wisata (BPW) dan Agent Perjalanan Wisata (APW) dengan aman dan nyaman sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan para wisatawan

FAMOUS 2020…Yuk Kenali Lombok!!!, Poltekpar Lombok… Yes We Can!!!

Salam GenPi… Gasssss!!!

Salam Pesona Indonesia…Wonderfull Indonesia!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here