Yuk Ikutan Lomba Foto dan Video BPPD NTB, Hadiahnya 100 Jutaan Lho

Mataram, Lombok NTB – Pandemi Covid-19 memang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, dan membuat psikis para insan pariwisata menjadi down total. Hal tersebut berpengaruh juga kepada kegiatan kegiatan pariwisata yang seharusnya menjadi motor penggerak ekonomi daerah. Lengangnya kursi pesawat, kamar hotel yang tak terisi, cruise operator yang berhenti beroperasi, dan potensi bisnis lainnya pun menjadi lepas.

Guna membangkitkan sektor pariwisata yang kian terpuruk, Kemenparekraf pun berupaya mengimplementasikan 3 strategi utama, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Strategi inovasi dan adaptasi sudah diterapkan dengan mengubah penjualan produk dari yang awalnya konvensional atau offline menjadi online, sedangkan untuk strategi kolaborasi, Kemenparekraf sebagai induk semang industri pariwisata Indonesia mengajak semua stakeholders untuk berkolaborasi dengan membangun sistem yang terintegrasi, mulai dari promosi, penjualan, hingga pembayaran supaya lebih baik lagi.

Saat ini, promosi yang masive, terarah, dan terukur menjadi sebuah kebutuhan penting untuk diterapkan di industri pariwisata, di lini manapun tanpa harus berbicara ego sektoral dan birokrasi yang berbelit. Bank NTB Syariah bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap promosi pariwisata daerah tergerak menginisiasi lomba Foto dan Video tingkat Nasional dengan tema “Lombok-Sumbawa Emerging Destination“. Lomba foto-video yang dimulai Jumat, 4 Juni 2021 yang lalu ini adalah bentuk keseriusan BPPD NTB dalam upaya memulihkan pariwisata Lombok-Sumbawa yang terpuruk di masa pandemi Covid-19. .

Emerging destination” yang dikonsep sebagai tema lomba dianggap relevant dengan situasi dimana Lombok-Sumbawa adalah destinasi baru yang populer di Indonesia dan kini sedang naik daun. Terlebih lagi dengan adanya Mandalika yang kerap disebut sebagai primadona karena dinobatkan sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP) dengan dibangunnya sirkuit MotoGP dan atraksi pariwisata bahari yang begitu menakjubkan.

“Lomba foto dan video tingkat nasional ini kami harapkan mampu menarik minat para fotografer dan videografer nasional untuk ikut berkontribusi dan mengirimkan karya terbaiknya, ini adalah giat perdana pengurus BPPD NTB baru sebagai salah satu implementasi program kerja event promotion yang bertujuan untuk menaikkan citra positif pariwisata Lombok-Sumbawa,” jelas Ari Garmono, ketua BPPD NTB periode 2021-2024.

Lomba foto dan video yang berhadiah total 100 juta rupiah ini dibagi menjadi 3 kategori lomba, yakni Lomba foto Landscape (gunung, pantai, bawah laut, sawah, air terjun, danau, dll), Culture & Heritage (budaya dan event lokal untuk Culture, serta rumah adat dan masjid untuk Heritage), yang terakhir kategori UMKM (Semua unsur Ekonomi kreatif dan UMKM). Setiap peserta bebas mengikuti semua kategori dengan maksimal 5 foto setiap kategori, mengirim setiap karya yang dilombakan melalui email [email protected] dan juga mempostingnya di sosial media masing-masing serta men-tag akun sosial media BPPD NTB di Instagram @BppdNTB serta Bank NTB Syariah @bankntbsyariah selaku mitra.

Sedangkan untuk lomba video, di dalam postingan instagram official Bppd NTB dijelaskan bahwa setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 video untuk dilombakan, dimana karya video harus sesuai dengan tema yakni “Lombok-Sumbawa Emerging Destination” dan wajib mengirimkan sinopsis dari video yang dilombakan. Untuk syarat dan ketentuan video yang lain, para peserta lomba wajib mengirimkan video dengan resolusi 1920×1080 pixel dengan durasi 180 detik maksimal tanpa watermark.

Kriteria penilaian lomba video berupa: penyampaian pesan (substansi dan tema) sebesar 40%, komposisi dan artistik (40%), orisinalitas ide dan kreatifitas sebesar 20%. Penilaian secara umum ditentukan secara destinasi wisata, angle, komposisi, moment, keaslian dan nilai jual.

https://www.instagram.com/p/CPrxAkzhMqA/

Melalui lomba foto-video berskala nasional ini diharapkan dapat mengangkat beragam daya tarik wisata yang ada di Lombok-Sumbawa sebagai “emerging destination”, kepulauan bagian timur Indonesia, baik dari keindahan panorama alam, keunikan budaya, juga ekraf yang beragam dan belum terpublikasi secara maksimal.

Secara tidak langsung, promosi masive melalui postingan-postingan para peserta di perlombaan ini juga menjadi media kampanye untuk meningkatkan aware dan kepedulian masyrakat NTB untuk ikut andil dan proaktif dalam mempromosikan pariwisata Lombok Sumbawa sebagai “Face of Indonesia” di mata dunia, dengan berbagai keunggulan kompetitif atraksi wisatanya, serta sebagai tempat digelarnya pertunjukan sport tourism berskala internasional satu-satunya di Indonesia.

Para pemenang lomba foto dan video Bppd NTB ini akan diumumkan pada tanggal 5 Juli 2021 nanti, dibarengi dengan perayaan Milad Bank NTB Syariah yang akan dirangkai dengan acara launching Responsive Digital Ecosystem Platform BPPD NTB, juga launchingnya brand tagline baru pariwisata NTB yang beberapa waktu lalu diinisiasi oleh BPPD NTB, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata provinsi NTB serta perwakilan stakeholder pariwisata terkait lainnya.

Syarat tambahan perlombaan foto adalah terkait waktu pengambilan karya foto maksimal tahun 2019 hingga foto terbaru yang dikirim paling lambat tanggal 20 Juni 2021. Yuk ikutan ya, stock foto dan video kamu jangan sampai cuma jadi pajangan di hardisk ya. Klik disini syarat lengkapnya. (JQ/Genpi LS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here