Danau Way Jepara Lampung Timur

Sumber foto: malahayati.ac.id

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Way Jepara. Pesonanya yang damai dan airnya yang hijau memberikan kesejukan tersendiri bagi para pengunjung. Belum lagi beberapa pohon hijau yang ada di sekitar danau sangat asri dan terawat.

Danau Way Jepara bisa menjadi pilihan destinasi yang bisa dikunjungi di akhir pekan. Selain Taman Nasional Way Kambas, Pantai Kerang Mas, hutan mangrove, dan lainnya.

Danau di Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur ini, pada awalnya hanya seluas 5 hektar namun pada tahun 1972 diperluas menjadi 200 hektar.

Danau Way Jepara memiliki kedalaman kurang lebih 26 m dengan diameter berkisar 1,9 km. Air Danau Way Jepara berasal dari tiga sungai yaitu Way Abar, Way Jejawai, dan Way Jepara, yang berhulu di Register 38 Gunung Balak.

Anda tidak akan bosan berada lama di danau ini karena banyak kuliner yang menggoda. Jadi, sekalian bersantai sekalian juga isi perut. Hutan dan kebun yang ada di sekitar danau juga bisa dijadikan lokasi yang asik untuk jalan-jalan.

Jaraknya 70 km dari arah Bandar Lampung. Bisa ditempuh dalam waktu 45 menit. Lokasi danau juga tak jauh dari Taman Nasional Way Kambas, jaraknya kurang lebih 15 km. Untuk transportasi umum, bisa menggunakan bus tujuan Lampung Timur. Saat ini juga sudah ada bus tujuan ke Taman Nasional Way Kambas dari Terminal Rajabasa. Rute ini melewati Kecamatan Way Jepara.

Artinya pengunjung bisa berhenti di Way Jepara dan kemudian menaiki ojek menuju Danau Way Jepara. Pilihan lain juga bisa menggunakan travel dari Bandar Lampung tujuan Lampung Timur.

Aktivitas lain yang juga bisa dilakukan di danau ini adalah berkeliling danau dengan perahu. Namun perahu di danau ini hanya ada di waktu-waktu tertentu, karena perahu tersebut adalah perahu milik warga yang sedang memancing.

Bagi anda yang hobi dengan aktivitas memancing, di danau ini juga sangat rekomended untuk memancing. Di tepi danau, banyak spot untuk memancing. Di belanga raksasa ini memang masih hidup berbagai jenis ikan tawar, seperti gabus betok, nila, dan patin.

Lokasi: Jl. Simpang Danau, Sumberjo, Kec. Way Jepara, Kab. Lampung Timur.

Oleh : Kontributor Destinasi Pariwisata, Tomi Nur Rohman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here