Eksotisme Pulau Bokori, Replika Hawaii di Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara, sebuah provinsi yang dianugerahi dengan keindahan laut yang tak terhingga. Terkenal dengan pesona Wisata Wakatobi, membuat banyak daerah di Sulawesi Tenggara mulai mengembangkan wisata berbasis bahari. Salah satunya sebuah pulau di suatu kecamatan di Sulawesi Tenggara. Benar sekali, Pulau Bokori. Berada tidak jauh dari pusat Ibukota Kendari membuat Pulau Bokori menjadi primadona wisata bagi para wisatawan asing maupun masyarakat lokal. Pulau Bokori dapat menjadi salah satu pilihan wisata bahari untuk kamu yang mendarat di Bandara Haluoleo Kendari.

Terletak tidak jauh dengan laut, tepatnya di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. Pulau bekas hunian Suku Bajo ini merupakan salah satu destinasi terbaru yang dibangun bersama dengan beberapa instansi pemerintah seperti Dinas Pariwisata, Dinas Transportasi, Kehutanan, Kemaritiman dan lainnya. Tak heran jika fasilitas yang ada di Pulau Bokori sangatlah lengkap dan serba ada. Mulai dari akomodasi resor dan villa, area gazebo, sport zone, kantin, toilet dan pemandian umum, hingga fasilitas transportasi penyebrangan yang aman. Jadi, tak perlu khawatir lagi soal sarana dan prasarana!

Hamparan Pasir Putih dan Birunya Laut

Setelah berlabuh di Pulau Bokori, kamu akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih di pantainya. Seperti tidak mau kalah, birunya panorama laut seakan memanggilmu untuk segera berenang didalamnya. Suasana pulau yang rimbun dengan pohon kelapa dan mangrove pasti akan membuatmu makin betah berlibur di pulau ini. Apalagi terdapat padang ilalang hijau nan instagenik yang siap mempercantik feeds instagrammu. Cus berswafoto !

Beragam Kegiatan Wisata

WIsata Bahari hanya seputar berenang? Tentu itu hanyalah mitos di Pulau Bokori ! Banyak sekali kegiatan yang dapat kamu lakukan saat berwisata di pulau ini. Mulai dari berenang di laut, menikmati keindahan bawah laut lewat snorkelling dan diving, berburu matahari tenggelam di pantai, hammocking dengan teman-teman, olahraga air jetski; banana boat dan speed boat, panjat tebing, hingga mengunjungi Desa Suku Bajo. Para pemburu foto pun juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot foto yang ada disepanjang garis pantai. Lengkap bukan?

Masih takut tidak dapat menikmati liburanmu karena sempitnya waktu? Tenang saja, Pulau Bokori telah menyiapkan resor dan villa cantik untukmu! Dibanderol dengan harga Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 per malam, kamu sudah bisa melewatkan malam indah di Pulau Bokori. Cantiknya lagi, resor dan villa ini dilengkapi dengan jembatan penghubung antar resor yang instagenik, pas banget buat kamu yang suka berswafoto !

Rute dan Transportasi

Karena letaknya yang tidak jauh dari Kota Kendari, Pulau Bokori dapat dicapai dengan 40 menit berkendara motor atau mobil hingga pelabuhan lalu dilanjutkan dengan menyebrang laut. Terdapat dua pelabuhan penyebrangan dengan rute yang berbeda, Pelabuhan Nusantara Kendari dan Pelabuhan Desa Bajo Utama. Bagi kamu yang memilih Pelabuhan Nusantara Kendari, penyebrangan akan ditempuh selama 20-30 menit dengan speedboat atau perahu nelayan setempat. Sedangkan dari Pelabuhan Desa Bajo Utama, penyebrangan laut hanya memakan waktu 10 menit.

Khawatir ongkosnya menguras dompet? Kamu salah besar ! Hanya dengan Rp 30.000 per orang, kamu sudah dapat menikmati fasilitas antar jemput dengan kapal para nelayan setempat. Selain antar jemput, kamu juga bisa request untuk ditemani keliling Pulau Bokori dengan kapal lho. Untuk keliling pulau, biasanya para nelayan tidak mematok harga, jadi jangan lupa memberikan tip untuk mereka ya!

Menarik bukan? Tak heran, Pulau Bokori ini sering disebut sebagai replika dari Kepulauan Hawaii di Amerika karena keindahannya. Bagi kamu yang tertarik untuk menghabiskan waktu di pulau ini, disarankan untuk datang pada hari kerja atau terlebih dahulu memesan resor dan villa karena saat weekend Pulau Bokori akan penuh sesak oleh wisatawan yang seakan berebut menikmati liburannya di pulau ini.

Jadi, kapan kamu mau kesini?

Pulau Bokori menunggumu.

Sources :
https://www.liputan6.com/regional/menyelami-pagi-di-pulau-bokori

https://travel.detik.com/dtravelers_stories/liburan-ke-pulau-bokori-bisa-ngapain-saja

Ditulis oleh Galuh Haris Septyana, Universitas Gadjah Mada, Prodi Pariwisata, Pada Program Magang GENPINAS tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here