Pesona Danau Biru Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara

Advertisement

Danau Biru Kolaka Utara – Di Sulawesi Tenggara, tepatnya Kabupaten Kolaka Utara, kamu dapat menemui obyek wisata yang tak kalah hits dan menarik lho, yaitu Danau Biru Kolaka Utara.

Danau Biru Kolaka Utara memiliki rasa air payau yang berwarna kebiruan. Dengan kedalaman sekitar 7 meter, pengunjung dapat merasakan sensasi berenang di sini. Berenang dikelilingi oleh kokohnya tebing bebatuan serta rimbunnya pohon-pohon yang menjulang di sisi danau.

Baca juga:
* Jelajah 17 Lokasi Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara

Menurut legenda setempat, danau yang diresmikan sejak 2017 lalu oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara ini, tercipta atas dasar kekecewaan sang putri raja.

Konon, sang putri yang merasa kecewa karena keinginannya tidak terpenuhi. Ia duduk dan berdiam diri selama berhari-hari lamanya di tengah hutan.

Tak disangka, ketika sang putri hendak pergi dan meninggalkan hutan tersebut, keluarlah air yang berasal dari tempat duduknya. Semakin lama, air yang keluar semakin banyak dan mengalir menyusuri lahan hutan hingga terciptalah danau biru.

Danau Biru Kolaka Utara memiliki 3 sumber mata air besar. Uniknya, danau ini hanya berjarak sekitar 12 meter dengan pesisir laut Teluk Bone.

Keduanya hanya terpisahkan oleh tebing dengan ketinggian sekitar 8 meter lho. Wah, hal tersebut pastinya menambah kesan keindahan objek wisata satu ini sobat. Buat kalian yang suka ber swafoto, sudah pasti Danau Biru Kolaka ini tak salah dijadikan pilihan destinasi.

Air biru yang adem, udara nan sejuk, dan biru langit sebagai atapnya, sangat melengkapi ketenangan pengunjung di danau ini.

Untuk kalian yang takut dengan kedalaman air, tak perlu khawatir. Karena disediakan penyewaan ban yang harganya relatif murah. Jadi, kalian bisa mengeksplor seluruh sudut dan sisi danau dengan aman dan menyenangkan.

Untuk yang suka dengan sedikit tantangan, bisa lakukan hal yang memacu adrenalin satu ini. Yaitu melompat dari tingginya tebing kokoh di sisi danau.

Dengan diameter sekitar 164 meter, wisatawan dapat leluasa snorkeling mengitari perairan danau. 

Untuk sampai di Danau Biru Kolaka Utara, pengunjung dapat menempuh perjalanan kurang lebih 2,5 jam dari kota Kolaka. Berjarak sekitar 200 meter dari tempat parkiran, pengunjung harus melewati ratusan anak tangga hingga akhirnya tersuguhkan panorama birunya danau.

Lokasi

Desa Walasiho, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Peta

Jam Operasional

Danau Biru Kolaka Utara buka setiap hari 24 jam.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Rp 5.000/orang
Parkir motor Rp 5.000
Parkir mobil Rp 10.000

Baca juga:
* Keelokan Bawah Laut Batu Atas, Sulawesi Tenggara

Ada rencana berkunjung ke Danau Biru Kolaka Utara di Sulawesi Tenggara ini dalam waktu dekat?

(Artikel ini ditulis oleh Najmah Oktama Wulandari, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Program Internship Genpinas 2020)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here