Keindahan Pulau Bokori di Konawe Sulawesi Tenggara

Advertisement
Foto Gambar Pulau Bokori - Soropia - Kabupaten Konawe - Sulawesi Tenggara - dheswa.jpg
Pulau Bokori di Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Begitu menawan hati siapa pun yang datang berkunjung. (Foto: IG @dheswa)

Pulau Bokori – Sulawesi Tenggara, sebuah provinsi yang dianugerahi dengan keindahan laut yang tak terhingga. Terkenal dengan pesona Wisata Wakatobi, menjadi salah satu tujuan utama wisata bahari di Indonesia.

Pulau Bokori adalah salah satu kekayaan wisata yang menjadi primadona bagi wisatawan mancanegara maupun domestik. Sebuah pulau kecil dengan pantai yang landai membentang serta berpasir putih halus. Tersedi berbagai fasilitas untuk berbagai kebutuhan wisatawan.

Baca juga:
* 5 Spot Foto Cantik di Pulau Labengki

Lokasi

Lokasi Bokori Island - Soropia - Kabupaten Konawe - Sulawesi Tenggara - yoel_artspace
Sudah tahu di mana lokasi pulau ini? (Foto: IG @yoel_artspace)

Pulau Bokori berada tidak jauh dari pusat ibukota provinsi, berada di bibir Teluk Kendari. Membuatnya lebih mudah dijangkau dibanding pulau-pulau lainnya.

Dari daratan terdekat jaraknya hanya 1,5 kilometer, atau sekitar 0,8 mil laut. Sedangkan dari pusat Kota Kendari, dengan perjalanan darat harus menempuh jarak sekitar 24 kilometer. Bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam.

Masuk wilayah administratif Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Sebuah tempat ideal untuk berlibur di akhir pekan atau hari lainnya.

Ada 2 (dua) akses utama penyeberangan ke pulau ini. Bisa dari Pelabuhan Nusantara Kendari yang berada dekat Jembatan Teluk Kendari. Atau dari dermaga penyeberangan di Desa Bajoe, Kecamatan Soropia.

Peta

Bisa lihat lokasi ini di peta, agar ada gambaran lokasi persisnya. Sehingga bisa memutuskan mau menyeberang dari mana.

Harga Tiket Masuk

Kalau dulu wisatawan yang berkunjung harus membayar biaya tiket masuk. namun sekarang sudah tidak ada lagi biaya tiket masuk di Pulau Bokori.

Biaya yang harus kamu keluarkan adalah biaya boat, penginapan, dan makan selama di sana.

Biaya penyeberangan hanya dibanderol Rp. 30.000 perorang antar-jemput. Bahkan kamu juga bisa meminta untuk ditemani keliling pulau.

Untuk keliling pulau, biasanya para nelayan tidak mematok harga. Jadi jangan lupa untuk memberikan tip untuk mereka ya!

Fasilitas

Pulau bekas hunian Suku Bajo ini merupakan salah satu destinasi terbaru yang dibangun bersama dengan beberapa instansi pemerintah. Seperti Dinas Pariwisata, Dinas Transportasi, Kehutanan, Kemaritiman dan lainnya.

Tak mengherankan jika fasilitas di sini sangatlah lengkap dan serba ada. Mulai dari akomodasi resor dan villa, area gazebo, sport zone, kantin.

Juga fasilitas transportasi penyebrangan yang aman serta toilet dan pemandian umum. Jadi, tak perlu khawatir lagi soal sarana dan prasarana!

Jam Buka

Pulau ini buka 24 jam non-stop. Namun lebih baik datang di jam kerja ya untuk berbagai keperluan.

Pesona Pulau Bokori

Pulau cantik menawan ini sering dibandingkan dengan berbagai pulau di belahan dunia lain. Bias demikian karena memang pulau ini begitu unik dan indah.

Panorama Alam: Pasir Putih, Laut Biru, Pepohonan Rindang

Pulau Bokori - Soropia - Kabupaten Konawe - Sulawesi Tenggara - dennychristianto
(Foto: IG @dennychristianto)

Setelah berlabuh di Pulau Bokori, kamu akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih di pantainya. Warna-warni panorama alam sekitar seakan memanggilmu untuk segera rebahan di pantai atau berenang di lautnya.

Pulau ini terdapat banyak tumbuhan yang membuatnya rimbun dan rindang. Ada pepohonan kelapa, mangrove, dan rerumputan yang menambah kesan hijau. Membuatmu kita semakin betah berlibur.

Mungil Nan Cantik

Foto Gambar Pulau Bokori - Soropia - Kabupaten Konawe - Sulawesi Tenggara - @_aaaallll
(Foto: IG @_aaaallll)

Berada di sini, kamu juga bisa eksplorasi pulau dengan berjalan kaki. Dari ujung ke ujung pulau, hanya berjarak sekitar 500an meter.

Baru melihatnya di peta saja sudah membuatmu terpesona karena bentuk dan ukurannya yang tidak besar tersebut.

Dikelilingi Pasir Putih

Hampir seluruh keliling pulau adalah berupa hamparan pasir putih. Hanya di beberapa spot saja yang berupa pepohonan mangrove.

Di mana pun kamu memilih tempat, akan ada pasir bentangan pasir putih yang indah.

Beragam Kegiatan Wisata

Bokori Island - Soropia - Kabupaten Konawe - Sulawesi Tenggara - @goproid @ewin_sitorus @mayer_larobu
(Foto: IG @mayer_larobu)

WIsata Bahari hanya seputar berenang? Tentu itu hanyalah mitos di Pulau Bokori! Banyak sekali kegiatan yang dapat kamu lakukan saat berwisata di pulau ini.

Mulai dari berenang di laut, menikmati keindahan bawah laut lewat snorkeling. Juga ada olahraga air, seperti; jetski; banana boat dan speed boat.

Mencari suasana romantis bersama pasangan? Bisa menikmati suasana matahari tenggelam dan matahari terbit di sini. Semuanya asyik.

Bagi para penyuka fotografi, kamu akan dimanjakan dengan banyaknya spot foto yang ada di sepanjang garis pantai. Lengkap bukan?

Penginapan di Pulau Bokori

Penginapan di Pulau Bokori - Soropia - Kabupaten Konawe - Sulawesi Tenggara - hendrinurhasan
(Foto: IG @hendrinurhasan)

Masih takut tidak dapat menikmati liburanmu karena sempitnya waktu? Tenang saja, Pulau Bokori telah menyiapkan resor dan villa cantik untukmu!

Dibanderol dengan harga Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 per malam, kamu sudah bisa melewatkan malam indah di Pulau Bokori.

Cantiknya lagi, resor dan villa ini dilengkapi dengan jembatan penghubung antar resor yang fotogenik. Cocok sekali buat kamu yang suka foto-foto.

Tips Liburan ke Bokori

Bagi kamu yang tertarik untuk menghabiskan waktu di pulau ini, disarankan untuk datang pada hari kerja. Atau lebih baik memesan resor dan villa terlebih dahulu sebelum datang.

Akhir pekan di Pulau Bokori akan ramai oleh wisatawan yang datang.

Walaupun pulau ini termasuk dekat dari Kota Kendari, perhitungkan juga jarak dan waktu tempuh. Agar saat kamu tiba di sini bisa mendapatkan pengalaman seru sesuai yang diinginkan.

Baca juga:
* Bandara Matahora Wakatobi: Jadwal Penerbangan dan Harga Tiket

Recommended Banget!

Melihat berbagai fasilitas, akses, akomodasi, dan atraksi wisata yang ada, sudah selayaknya pulau ini masuk ke dalam daftar destinasi liburanmu.

Selagi berada di Kendari sempatkan waktu 1-2 hari untuk menikmati keindahan pulau kecil yang menawan tersebut.

Sangat cocok untuk berbagai kalangan. Bisa datang sendiri atau datang berdua pasangan. Juga bisa bersama keluarga besar atau kawan dekat. Semuanya bakal menyenangkan.

Jadi, kapan kamu mau datang ke Pulau Bokori di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara?

Ditulis oleh Galuh Haris Septyana, Universitas Gadjah Mada, Prodi Pariwisata, Pada Program Magang GENPINAS tahun 2020.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here