Berkunjung ke Air Terjun Sigela di Tidore Kepulauan

Air Terjun Sigela - Desa Sigela - Tidore Kepulauan - Maluku Utara - Opan Jacky
Keindahan Air Terjun Sigela di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. (Foto: Opan Jacky)

Kota apa di Indonesia yang memiliki air terjun? Memang ada ya kota yang memiliki air terjun? Tentu saja ada. Salah satu kota yang memiliki air terjun indah adalah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) di Maluku Utara (Malut). Air terjunnya bernama Sigela.

Air terjun Sigela sebuah air terjun yang indah dan unik. Airnya mengalir dari ketinggian, menyusuri tebing bebatuan. Airnya tetap mengalir dengan deras tanpa henti, walau sedang musim kemarau. Alias tidak mengenal musim.

Baa juga:
* Ayo Berpetualang ke Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Lokasi

Air Terjun Sigala berada diman? Lokasinya masuk kedalam wilayah Desa Sigela Kelurahan Payahe, Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

Berjarak sekitar 85 kilometer, atau sekitar 2 jam berkendara, dari Alun-alun Sofifi. Melewati PLTU Sofifi dan Pelabuhan I Oba Tikep. Di Payahe Kecamatan Oba, kamu bisa bertanya-tanya ke warga lokal kalau ragu arah ke air terjun.

Rute

Untuk mencapai obyek wisata Air Terjun Sigela, Dari Desa Sigela kita masih harus berjalan kaki sekitar 600 meter. Mengikuti jalan setapak menelusuri tepian sungai. Sepanjang jalur trekking, kita akan melihat keindahan panorama alam dan rindangnya pepohonan.

Menikmati hutannya yang masih rindang hijau sembari menikmati suasana air sungai yang jernih dan sejuk.

Pesona Air Terjun Sigela

Air terjun Sigela terbentuk dari bebatuan yang tersusun indah dengan lapisan tebingnya yang makin menambah rasa penasaran anda untuk datang ke destinasi ini. Persis dibawah air terjun terdapat tempat pemandian yang terbentuk secara alami. Akan membuat pengunjung semakin betah berjam-jam menghabiskan waktu disini.

Air terjun Atersi (sebutan lokal) ini memiliki 7 Tingkatan air terjun yang sangat indah dan unik. Pesona dan suasana alamnya yang sejuk mampu menyihir siapa saja yang berkunjung kemari.

Kesejukan dan kejernihan airnya benar-benar mampu menghilangkan kepenatan selama berada di lokasi Air Terjun ini.

Kesimpulan

Potensi Pariwisata yang di miliki Kota Tidore Kepulauan memang sangat lengkap, mulai dari wisata budaya, sejarah, alam dan baharinya serta wisata kulinernya memang tak usah diragukan lagi.

Baca juga:
* Pesona Pantai Fatkauyon di Kepulauan Sula, Maluku Utara

Salah satu wisata alam di Tidore Kepulauan yang wajib dikunjungi adalah Arter Sigela.

Tunggu apa lagi sobat wisata? Ayo siapkan perlengkapa dan ajak teman-temanmu untuk datang dan nikmati keindahan alamnya serta keseruan berpetualang di Air terjun Sigela.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here