Asia World Model United Nations III Gandeng GenPI sebagai Media Partner

Event Asia World Model United Nations (AWMUN) III akan diadakan di Bali, Indonesia, pada tanggal 13-16 November mendatang. Kegiatan ini akan dihadiri oleh lebih dari 1.400 peserta. dari 78 negara di dunia. Terdiri dari 1.289 Delegasi, 64 Directors, 6 Observers, 20 Panitia Internasional, serta 50 Panitia lokal.

Acara AWMUN III di Bali Indonesia ini, turut mengganteng Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) sebagai media partner. Untuk menyebarluaskan konten positif acara bergengsi Asia World Model United Nations ini.

AWMUN III adalah sebuah acara berskala internasional yang memberikan pengalaman bagi para pesertanya mengenai simulasi sidang pada konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bali berkesempatan menjadi tuan rumah, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dipilih sebagai venue acara.

Baca juga:
* Festival Pesona Edelweis 2019, Daya Tarik Memukau Karangasem

Para delegasi ini datang untuk mengikuti rangkaian acara yang bertema “The Implementation of World’s Agenda 2030” ini. Mereka akan berperan layaknya seorang diplomat dari utusan negara masing-masing dan membahas mengenai isu-isu dunia beserta solusi yang mereka tawarkan.

Acara yang akan berlangsung selama 3 hari 4 malam ini akan menyajikan kegiatan-kegiatan positif. Harapannya, para delegasi tersebut bisa semakin aktif dalam menyuarakan opini yang membangun secara kritis, seraya membangun networking dalam skala internasional.

Asia World Model United Nations - AWMUN III - Bali Indonesia - genpi

Kegiatan Grand Symposium menjadi acara pembuka AWMUN III, sesi ini akan diisi oleh beberapa pembicara yang inspiratif dan ahli di bidangnya. Bukan hanya pembicara, sesi ini juga akan dihadiri oleh lebih dari Konsulat Jenderal 20 negara yang ada di Bali. Setelah itu, para delegasi akan memasuki acara inti, yaitu Committee Session.

Oya, bukan acara ralam ruangan saja yang membuat acara ini menarik. Di hari terakhir, para delegasi akan diajak city tour. Mereka akan berkeliling ke beberapa tempat wisata terkenal di Bali. Seperti; Water Blow Nusa Dua dan Pura Luhur Uluwatu.

Indonesia, khususnya Bali, tentu saja tidak akan melewatkan kesempatan ini untuk menunjukan keindahan alam dan budaya kita kepada dunia internasional.

Yang lebih berbeda dari kegaiatan AWMUN sebelumnya adalah, adanya acara Beach Cleanup di salah satu pantai di Bali. Para delegasi akan melakukan aksi bersih-bersih, sebagai bukti implementasi nyata terhadap kepedulian lingkungan.

Sebagai penutup rangkaian acara AWMUN III, akan ada acara cultural night yang cukup menarik. Para delegasi diwajibkan menggunakan pakaian tradisional negara asalnya.

Mereka juga berkesempatan untuk menampilkan atraksi seni budaya negara asal. Pada sesi ini juga akan ada pembagian hadiah bagi para delegasi yang berprestasi di berbagai kategori.

Melalui acara AWMUN III ini diharapkan, para delegasi dapat mengembangkan potensi diri masing-masing. Terutama dalam hal menyuarakan opini dan berpikir kritis. Juga, lebih sadar dan peduli terhadap keadaan sekitar. Dan nantinya mereka dapat memberikan kontribusi nyata terhadap keberlangsungan hidup masyarakat banyak.

Sebelumnya, AWMUN telah sukses dilaksanakan di dua negara berbeda, yaitu; Korea Selatan (Seoul) dan Thailand (Bangkok), yang dihadiri oleh total sekitar lebih 2000 delegasi.

AWMUN III sendiri merupakan salah satu acara yang dibawahi oleh International Global Network (IGN). Sebuah perusahaan yang fokus kepada kemajuan anak muda. Memiliki tujuan untuk menyatukan anak-anak muda dari seluruh dunia dalam berkontribusi pada gerakan sosial, bisnis, teknologi, dan budaya. Harapan besarnya adalah, dunia yang lebih baik.

Ketua Harian GenPI Nasional Siti Chotijah mengatakan, GenPI akan bantu menyebarkan berita baik mengenai acara yang berlangsung di Pulau Dewata Bali.

“Komunitas juga bisa membantu pemerintah, khususnya membantu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam mengembalikan kepercayaan wisatawan mancanegara untuk datang ke Bali,” Ujar Siti Chotijah.

Menurut Siti, acara Asia World Model United Nations III bagus untuk diviralkan. Apalagi, menurutnya, dihadiri oleh delegasi dari 78 negara.

Baca juga:
* Sekumpul Waterfall, A Must-See Nature Atrraction in Buleleng Bali

“Pada intinya, acara apapun termasuk AWMUN III di Bali ini, bisa memberikan impact yang positif. Total 1.400 peserta, itu sudah menyumbang angka pergerakan wisman. Ditambah lagi akan berimbas langsung pada industri dan pelaku wisata yang ada di Bali.” Pungkasnya.

Ayo follow dan ikuti update acaranya di
Instagram: @asiaworldmun
Website: awmun.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here