Gubernur NTB Ajak GenPI BerAksinergi Promosi Event WSBK dan Moto GP di Mandalika.

Advertisement
Sumber : GePi LS

Mataram.NTB. Rangkaian kegiatan Rakornas GenPI 2021 setelah diawali dengan welcome dinner pada Jumat (12/11), dilanjutkan pagi hari dengan kegiatan Pembukaan, Webinar dan Rapat Tertutup Pengurus GenPI. Kegiatan pembukaan berlangsung secara hybrid yang di ikuti oleh peserta yang offline yang hadir di hotel Aston Inn Mataram dan secara online yang di ikuti sekitar 100 pengurus GenPI se Indonesia.

Kegiatan pembukaan dihadiri langsung Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. Yusron Hadi,ST., MUM mewakili Gubernur NTB. Melalui sambutan tertulis Gubernur NTB yang dibacakan menyampaikan bahwa saat ini di NTB tengah menyambut ajang bergengsi WSBK dan MotoGP , yang akan digelar di kawasan Mandalika di tahun 2021 dan 2022. Ini merupakan salah satu ikhtiar kami untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan Ekonomi Kreatif kami di NTB .

Disinilah peran serta seluruh jajaran pengurus dan anggota GenPI perwakilan NTB dibutuhkan adanya, untuk bersinergi dan berkolaborasi bersama dengan Pemerintah Daerah, dalam rangka mendukung suksesnya perhelatan akbar WSBK dan MotoGP ini, demi membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kita di NTB.

Maka dari itu, saya berharap GenPI Lombok Sumbawa selaku yang mewakili NTB dalam forum Rakernas ini, dapat memainkan perannya untuk menghasilkan program kerja yang selaras dengan program pemerintah daerah, sebagai upaya kita bersama-sama mewujudkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif ntb yang maju, unggul dan berdaya saing. Gubernur NTB berharap, melalui forum ini dapat menghasilkan ide, gagasan, masukan yang kontruktif, yang bisa dijadikan solusi bagi upaya percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di NTB.

Selanjutnya, Mentri Pariwisata dan Ekonnomi Kreatif Bapak Sandiaga Uno dalam sambutan nya yang menyapa peserta Rakornas GenPI secara online , beliau berpesan khusus kepada member GenPI untuk terus menjadi akselerator dan kontibutor dalam melahirkan beragam beragam ide kreatif untuk kemajuan sektor pariwisata & ekonomi kreatif Indonesia.

Namun, Lanjutnya, Mas Menteri juga berpesan jika ide saja tak akan cukup jika tak diimbangi dengan aksi dan sinergi antar sesama untuk menghadapi tantangan di depan. Kegiatan Rakornas GenPI dibuka secara resmi oleh mas Mentri sembari menitipkan harapan kepada member Genpi , “Semangat teman-teman GenPI, kalianlah pahlawan pariwisata masa kini. Jadilah pencipta lapangan kerja seluas luasnya”.

Kegiatan pembukaan Rakernas GenPI ,dirangkaikan dengan penanda-tangananan 3 MOU (Memorandum of Understanding) dengan beberapa partner kolaborator. Tiga pihak yang menandatangi MOU bersama GenPI Nasional, yaitu IAIN Metro terkait Pengembangan dan Pembinaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. MOU kedua bersama AELI (Asosiasi Experiensial Learning Indonesia) perihal program Informasi dan Konten Pariwisata yang akan dipromosikan secara nasional. MOU ketiga bersama FEBI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) UIN Mataram terkait Pelaksanaan Program Magang Kampus Merdeka.

Sumber : GePi LS

Usai seremoni pembukaan, Puncak Rakornas GenPI 2021 dilanjutkan dengan Webinar yang tetap berlangsung hybrid. Beberapa narsum menjadi speaker di webinar, diantaranya: Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf RI, ), Ir. Martini Mohamad Paham dengan materi Kolaborasi Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf dan Komunitas Melalui Integrated Content Managemen System/ICMS. Wakil Bupati, Radhiul Huda dengan materi Keterbukaan Informasi Pariwisata Untuk Mendukung Indonesia Maju. Branding and Tourism Expert, Rizanto Binol yang menyampaikan materi Peran Komunitas Dalam Mendorong Brand Equity Wonderful Indonesia.

Pada kegiatan Rakornas GenPI 2021 ini dihadiri oleh peserta yang datang secara offline ke Lombok diantaranya Pengurus GenPI Nasional, GenPI Jatim, GenPI Sulawesi Selatan, Genpi Toli-Toli Sulawesi Tengah, GenPI Lampung, GenPI Natuna Kepulauan Riau dan GenPI Banten, GenPI Poltekpar Lombok serta GenPI Lombok Sumbawa yang menjadi Panitia Lokal. Selain itu juga ada tamu undangan yaitu Bapak Radiul Huda (Wakil Bupati Natuna) dan Ibu Dr. Siti Nurjanah (Rektor UIN Metro Lampung) beserta romboongan.

Rangkaian Rakornas di hari kedua, dilanjutkan dengan beberapa sesi rapat tertutup kepengurusan nasional yang tetap berlangsung hybrid. Di hari ketiga, Minggu 14 Nopember, direncanakan peserta Rakornas akan menonton langsung IATC (Idemitsu Asian Talent Cup) di Pertamina International Street Circuit. Usai dari spot baru yang mendunia ini, direncanakan pula kunjungan ke desa wisata Mandalika Lombok.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here