Kamu traveler yang suka belanja pasti sudah tahu kalau Indonesia, negara kita sendiri, adalah surganya wisata belanja. Bahkan ada yang bilang Indonesia itu surganya wisata belanja dunia. Tidak berlebihan pernyataan itu, karena dimana-mana, di banyak kota Indonesia, wisatawan bisa sepuasnya berbelanja berbagai barang yang dibutuhkan/diinginkan.

Indonesia memiliki potensi menjadi surga wisata belanja dunia. Pasalnya Indonesia memiliki berbagai brand terbaik yang siap bersaing di kancah global.

Hal itu terungkap pada peluncuran Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Parade Merk Lokal Indonesia 2019. Peluncurannya dilakukan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Senayan City, Jakarta, Kamis (15/8).

Baca:
* Bajafash 2019 Digelar 13-14 September, Ayo Liburan ke Batam!

Utamakan Produk Dalam Negeri

Jokowi meluncurkan Hari Belanja Diskon Indonesia
Presiden Jokowi memberi kata sambutan dan meluncurkan Hari Belanja Diskon Indonesia 2019, Kamis (15/8). (Foto: ist)

Pada peluncuran HBDI tersebut, Presiden Jokowi menekankan penggunaan dan pengutamaan produk buatan dalam negeri. Karena pasar Indonesia itu sangat besar. Tugas para pengusaha lokal pemilik brand-brand lokal inilah untuk mengisi pasar yang besar tersebut. Dengan itu ketika barang luar negeri akan masuk, sudah penuh oleh produk lokal.

“Saya titip pasar dalam negeri jangan sampai ada yang kosong sehingga produk dari luar mengisi,” kata Presiden dalam sambutannya.

Menurut dia, terdapat banyak sekali produk dalam negeri dengan kualitas yang sangat baik. Dirinya pun begitu yakin kalau produk-produk tersebut sanggup bersaing dengan brand ternama dunia. Maka dari itu dibutuhkan ruang yang baik untuk semakin mengangkat brand yang ada.

Cara mudahnya mendorong ruang-ruang strategis di pusat-pusat perbelanjaan diberikan ke merk-merk lokal. Sehingga tidak hanya merk luar negeri saja yang mengisi tempat strategis.

“Jangan biarkan pasar lokal dikuasai asing. Hati-hati, karena neraca perdagangan masih defisit. Kita harus meningkatkan kecintaan kita pada produk-produk dalam negeri. Kalau sudah baik, kemudian bawa merk-merk Indonesia itu ke luar negeri.” Jokowi meminta.

“Disewakan tempat strategis di mal-mal terbesar di dunia. Di Dubai, di KL, di Singapore. Nanti pemerintah akan bantu pembiayaannya! Sudah saatnya brand-brand kecil dan menengah bergabung bersama melakukan penetrasi ke pasar luar negeri,” papar Presiden Jokowi.

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Melalui Wisata Belanja

Menteri Pariwisata Arief Yahya di HBDI 2019
“Kemenpar juga melakukan langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui wisata belanja.” Menpar AY.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya yang juga hadir dalam peluncuran HBDI mengatakan, Kemenpar juga melakukan langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui wisata belanja.

Langkah konkritnya, mendorong promosi produk wastra, Kriya lokal sebuah destinasi. Disamping itu juga mengusulkan tax refund yg kompetitif seperti negara-negara yang memiliki wisata belanja sangat maju.

“Produk-produk fashion dan kerajinan Indonesia banyak diminati. Kita bisa kuatkan di area itu agar menjadi yang paling unggul. Kalau sudah kuat kita bisa menjadi surga belanja yang diminati wisatawan dunia. Makannya, produk lokal yang bisa diunggulkan harus terus kita dorong menjadi yang paling dicari wisatawan,” ucap Menpar.

Magnet Bagi Para Shopaholic

Hari Belanja Diskon Indonesia
Berbagai brand lokal ikut serta dalam HBDI 2019. (Foto: ist)

Terpisah, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Belanja dan Kuliner Kementerian Pariwisata Vita Datau menyambut baik perhelatan tersebut. Menurut Vita, event Great Sale selalu menjadi magnet bagi para shopaholic.

Ini pun dirasakan oleh negara-negara tetangga di ASEAN. Ada Malaysia dengan Mega Sale, Singapura dengan Singapore Great Sale serta Thailand dengan Amazing Thailand Great Sale.

“Ajang-ajang di negara-negara tersebut juga untuk mendorong produk-produk dalam negeri mereka. Oleh karenanya sudah saatnya kita terus mendorong produk lokal menjadi produk yang bisa diandalkan. Dengan itu akan semakin mempercepat langkah Indonesia sebagai surga wisata belanja dunia. Imbasnya semakin banyak devisa yang kita hasilkan dari wisata belanja,” pungkas Vita.

Ayo Berwisata di Hari Belanja Diskon Indonesia

Bagaimana denganmu sahabat Genpi? Sudah ada rencana liburan atau belanja selama bulan Agustus 2019 ini?

Dari berbagai sumber genpi dapat info brand-brand kuliner yang ikut serta antara lain; Eat&Eat, CFC, Roppan, Bakmi, dan J.CO.

Baca juga:
* Enak Tiada Dua: 10 Kuliner Khas Palembang Ini Wajib Dicoba

Sedangkat produk fashion; Wrangler, Yongki Komaladi, Buccheri, Avenue, dan The Executive.

Tertarik belanja? Yuuuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here