Halo sobat Pesona Indonesia, khususnya masyarakat kalangan milenial apalagi jomblo bisa nih ikut meramaikan destinasi pasar digital GenPI. Masih gak tau nih artinya pasar digital ? Jadi sederhananya pasar digital adalah pasar yang memanfaatkan penuh media sosial demi mempromosikan segala jenis barangnya. Sebut saja Destinasi Digital GenPI Pasar Kampoeng Osing di Desa Glagah, Kabupaten Bayuwangi, Jawa Timur.
Tau nggak sih kalian kalau pasar ini sangat bermanfaat lho untuk mencicipi seluruh masakan lokal Banyuwangi. Yok simak ya tentang Pasar Kampoeng Osing !

Yuk, Kepoin Isi Pasar Kampoeng Osing !

  1. Apa saja sih yang ditawarkan di pasar digital ini ?
    Seluruh kalangan masyarakat pasti tahu bahwa Banyuwangi adalah salah satu kota terindah di Indonesia. Siapa sih guys yang gak kenal sama kata Banyuwangi, iya kan. Nah kebetulan nih Pasar Kampoeng Osing Banyuwangi ini menawarkan daya tarik kepada wisatawan lokal maupun asing seperti barang-barang ekonomi kreatif dan masakan Banyuwangi. Tetapi yang perlu diingat adalah sebagian besar Pasar Kampoeng Osing berfokus pada kuliner yaitu masakan dan jajanan khas Banyuwangi guys seperti rujak, gorengan, manisan, dan masih banyak lagi.
  1. Lagi-lagi kuliner
    Menurut Depdiknas (2008), kuliner itu kegiatan, proses, dan aktivitas yang erat kaitannya dengan masak-memasak. Pasti sobat Pesona Indonesia zaman now ini pikirannya makanan terus kan, ngaku deh. Di sisi lain menurut Pak Misji, pasar digital Kampoeng Osing memberikan perhatian penuh dengan sifat pemberdayaan ekonomi rakyat, jadi gak bingung lagi kan guys kenapa mengutamakan kuliner. Para penjualnya pun didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga berumur 30 tahun keatas, eits jangan salah tapi kaum milenial juga turut hadir ya guys meskipun minoritas. Sejatinya usaha ekonomi kreatif khususnya kuliner seperti Pasar Kampoeng Osing adalah wadah tepat bahkan sangat cocok bagi para pemuda untuk mengembangkan kemampuannya dalam rangka meningkatkan kembali potensi daerah Indonesia.
  2. Latar Belakang yang Berkarakter Kearifan Lokal
    Setiap orang tentu tidak asing lagi dengan kearifan lokal. Indonesia adalah negara yang memiliki beragam kekayaan berupa keanekaragaman budaya baik itu suku, ras, agama, dan bahasa. Gampangnya guys, disetiap daerah selalu memiliki potensi untuk dipromosikan sebagai pendapatan negara salah satunya adalah dengan mempelihatkan kearifan lokal kepada wisatawan.

Pasar Kampoeng Osing ini adalah salah satu bentuk nyata dari sekian banyaknya pasar digital di Indonesia yang mengutamakan kearifan lokal. Pak Misji mengatakan bahwa selama ini Pasar Kampoeng Osing tetap mempertahankan prinsip serta konsisten menjaga dan melestarikan adat-istiadat melalui pemberdayaan ekonomi rakyat masakan jajanan khas Banyuwangi sehingga budaya daerah tidak pernah luntur.

Pasar Kampoeng Osing, dari pemberdayaan untuk kemasyarakatan.

(Kontributor Nandika Tito, Universitas Airlangga Surabaya, Program Internship Genpinas tahun 2020)

Referensi :
Depdiknas. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Via Pak Misji Ketua Pasar Kampoeng Osing Banyuwangi, Jawa Timur.

Sumber Gambar :
Tim Dokumentasi Kota Banyuwangi
https://www.instagram.com/kotabanyuwangi/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here