Wisata Edukasi - Berwisata Sambil Belajar -Dimitris Vetsikas - Pixabay
Wisata Edukasi bisa dilakukan di banyak tempat. Bisa bersama rombongan sekolah atau bersama keluarga. (Foto ilustrasi: Dimitris Vetsikas/Pixabay)

Sering mendengar istilah ‘wista edukasi’? Apa itu wisata edukasi? Padahal edukasi dan wisata itu seperti dua kutub yang saling bertolak belakang ya? Daripada kalian semakin penasaran yuk simak tulisan ini.

Siapa sih yang bilang kalo berwisata itu mesti identik bersenang-senang? Selain berwisata kalian juga masih bisa lho menambah pengetahuan kalian dengan mengunjungi beberapa objek wisata. Maka jangan salah sangka ya kalau berwisata itu pasti selalu bersenang-senang.

Seperti namanya, konsep wisata edukasi mengusung visi positif dengan mengelaborasikan kegiatan edukasi dengan kegiatan wisata.

Baca juga:
* Museum Ullen Sentalu, Lorong Budaya Jawa Yogyakarta

Tentu kegiatan edukasi yang dimaksud ini bukan kegiatan pembelajaran seperti yang bisasa kita temui di kelas sekolah pada umumnya. Namun, kegiatan edukasi yang berlangsung lebih bersfiat santai tetapi mampu memberikan wawasan bagi para wisatawan.

Jika dirunut secara konseptual, wisata edukasi adalah sebuah kegiatan wisata yang dilakukan dalam sutau kelompok dengan tujuan untuk mendapatkan pengetahuan dari tempat yang dikunjungi (Rodger, 1998).

Kegiatan wisata jenis ini bisa diterapkan dalam berbagai jenis wisata. Bisa saat berwisata alam, wisata sejarah, wisata desa, wisata petualangan, dan sebagainya.

Bisa didapat saat pergi ke air terjun, ke museum, ke desa wisata, hutan, pulau, rumah adat, dan sebagainya.

Kalau kalian pernah ikut proragm jalan-jalan study tour, berarti kalian pernah melakukan wisata jenis ini. Atau saat liburan bersama orangtua ke berbagai destinasi. Juga bisa termasuk.

Biasanya segmentasi dari wisata edukasi menyasar para pelajar sekolah. Contohnya adalah ketika kalian mengunjungi museum pasti akan disuguhkan berbagai informasi mengenai segala hal yang berkaitan dengan museum tersebut. Tentu hal tersebut akan sangat berhubungan dengan pelajaran yang ada di sekolah.

Selain mendapatkan informasi, kalian juga masih dapat melihat keindahan dari obyek wisata yang dikunjungi. Bahkan kalian juga masih bisa berfoto dengan latar belakang menarik yang tentunya sangat cocok untuk diupload ke instagram kalian.

Saat rekreasi bersama keluarga pun bisa melakukan kegiatan wisataedukasi.

Contoh wisata edukasi adalah; kalian berwisata ke Desa Wisata Malasari. Di desa yang berada di Kabupaten Bogor ini kalian bisa melihat keindahan persawahan yang bertingkat-tingkat. Bisa mengagumi sekaligus mengetahui teknologi kearifan lokal yang sudah berlangsung sejak ribuan tahun lalu.

Contoh wisata edukasi lainnya adalah; berkunjung ke Desa Ke’te Kesu’ di Sulawesi Selatan. Menyaksikan pemukiman Tana Toraja yang menjadi salah satu Cagar Budaya Warisan Dunia di Indonesia. Melihat dan belajar sejarah bangunan yang sudah berdiri sejak 300an tahun lalu.

Selain bisa bersenang-senang kita juga dapat menambah pengetahuan dengan berwisata. Bagi kalian yang selama ini berwisata hanya untuk bersenang-senang bisa banget nih mencoba wisata edukasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan!

Baca juga:
* Kunjungan Penuh Makna ke Museum Tsunami Aceh

Pengalaman seru apa yang kalian dapatkan saat melakukan wisata edukasi? Di daerah kalian destinasi mana yang sangat cocok untuk kegiatan ini?

Sumber:
Priyanto, Rahmat, dkk. 2018. “Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, hlm. 32—38. Rodger, 1998. Leisure, Learning and Travel, Journal of Physical Education, 69 (4): hal.

Kontributor Herlambang Eka Persada, Universitas Gadjah Mada, Program internship Genpinas tahun 2020, Kelompok 11 Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here