11 Rekomendasi Wisata Arashiyama di Kyoto

Arashiyama adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Kyoto. Mudah diakses dan penuh dengan kuil, bangunan tradisional, dan pilihan makanan. Menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan satu atau setengah hari.

Advertisement
hutan bambu Arashiyama Bamboo Grove @dejimaenkyoto
Hutan Bambu adalah salah satu ikon wisata Arashiyama Kyoto yang terkenal ke mancanegara. (Sumber foto: @dejimaenkyoto)

Wisata Arashiyama – Distrik Arashiyama di Kyoto, adalah area populer yang memiliki beberapa situs terkenal. Ada Kuil Tenryuji, hutan bambu yang rimbun, dan bangunan budaya bersejarah yang tak terhitung jumlahnya.

Destinasi mana saja yang harus dikunjungi di Arashiyama? Apa saja yang bisa dilakukan dan apa saja tips agar liburanmu menyenangkan di sana?

Wisata Arashiyama sangat terkenal dengan hutan/rumpun bambu yang rimbun, Kuil Tenryuji, dan pemandangan kota kuno Jepang. Menjadi tujuan yang wajib dikunjungi, baik bagi warga Kyoto maupun wisatawan dari luar.

Mudah diakses dengan kereta api dari Stasiun Kyoto, Arashiyama adalah area yang selalu ramai pengunjung.

Baca juga:
* Puerta del Sol, Alun-alunnya Kota Madrid

Wisata Arashiyama

Sekarang kita bahas yuk beberapa tempat wisata terbaik di Arashiyama. Serta makanan yang bisa kamu coba, dan tips bepergian.

Termasuk kapan/waktu terbaik untuk berkunjung untuk menghindari keramaian.

Hutan Bambu Arashiyama

Hutan Bambu Arashiyama Bamboo Grove @jptrip_photo
Arashiyama Bamboo Grove yang terkenal karena keindahan dan suasananya. (Foto: @jptrip_photo)

Wisata Hutan Bambu Arashiyama menjadi tempat paling ikonik di Arashiyama. Menjadi semakin popular di level internasional melalui gambar-gambarnya yang memesona di media sosial.

Menggambarkan suasana hijau yang tenang, adem, cerah. Akan lebih mantab kalau kamu mengunjunginya secara langsung. Karena akan terasa seperti memasuki dunia lain saat kamu berjalan menyusuri jalan setapaknya.

Hutan bambu yang indah ini membentang sekitar 600 meter. Membentang dari Stasiun Torokko Arashiyama, Kuil Tenryuji, kuil Zen, hingga ke Vila Okochi Sanso.

Untuk bisa sampai di sana, pergilah ke utara dari Jembatan Togetsukyo setelah keluar dari stasiun kereta.

Buka 24 jam, hutan ini sangat ramai di siang hari dan selama musim semi dan musim gugur. Di bulan Desember, area hutan bambu ini diterangi lampu di malam hari. Memberikan suasana yang lebih mistis nan indah.

Kuil Tenryuji: Kuil Buddha Zen Warisan Dunia

Kuil Tenryuji Temple Arashiyama @maxtukis_collections
(Foto: @maxtukis_collections)

Kuil Tenryuji adalah salah satu kuil Buddha Zen terkenal di Jepang. Dibangun pada tahun 1339, kuil ini terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena signifikansi budaya dan sejarahnya.

Kamu bisa menjelajahi berbagai bangunan kuil, termasuk mural naga awan yang terkenal di Hatto (Aula Dharma). Ada juga taman Jepang yang indah dengan kolam luas yang dikelilingi tanaman hijau yang indah sepanjang tahun.

Kuil ini adalah tempat yang populer dikunjungi, ramai di akhir pekan dan selama puncak liburan. Di sini kamu bisa mencoba meditasi dan merajut sutra.

Jangan lupa menikmati shojin ryori, makanan vegetarian tradisional Buddha. Tersedia di Shigetsu, restoran yang berada di halaman kuil.

Kuil Tenryuji bisa ditempuh dalam waktu sekitar 13 menit dengan jalan kaki dari Stasiun JR Saga Arashiyama. Atau sekitar 15 menit berjalan kaki dari Stasiun Hankyu Arashiyama.

Tiket masuk adalah 500 yen untuk taman, dan 300 yen untuk memasuki sebagian bangunannya. Untuk melihat Hatto tiket masuknya dibanderol 500 yen, yang umumnya buka pada akhir pekan dan hari libur.

Jam bukanya adalah dari pukul 08:30 hingga 17:30 (waktu setempat) sepanjang tahun. Kecuali pada tanggal 21 Oktober sampai 20 Maret, kuil buka pukul o8:30 hingga 17:00.

Batas waktu masuk berkunjung adalah 30 menit sebelum waktu tutup.

Alamat: Kyoto, Ukyo, Saga Tenryuji, Susukinobaba 68

Taman Monyet Arashiyama Iwatayama

Taman Monyet Arashiyama Monkey Park Iwatayama @arashiyama_monkeypark Wisata Arashiyama
Arashiyama Monkey Park Iwatayama, ada banyak monyet lucu. Plus suguhan pemandangan indah. (Foto: @arashiyama_monkeypark)

Monkey garden/Taman Monyet Arashiyama Iwatayama adalah tempat populer yang terdapat banyak monyet liar berkeliaran di pegunungan yang menghadap ke Kyoto.

Tempat ini asyik dikunjungi bersama keluarga. Dan menjadi destinasi wajib bagi kamu penyayang binatang. Monyet-monyet itu terlihat sangat menggemaskan. Seakan ingin bertemu denganmu dan akan meluluhkan hatimu.

Karena mereka adalah hewan liar, bagaimanapun kamu harus tetap berhati-hati. Untuk keselamatanmu dan juga keselamatan hewan tersebut. Kamu tidak boleh memberi makan secara langsung monyet yang berada di luar area yang ditentukan. Juga dilarang menyentuh atau berjongkok saat mendekati monyet.

Taman monyet ini berada sekitar 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Hankyu Arashiyama, atau sekitar 15 menit dari Stasiun JR Saga Arashiyama.

Kamu harus berjalan 20 menit mendaki bukit untuk sampai di area utama. Jadi sebaiknya kenakan pakaian dan sepatu yang sesuai untuk mendaki. Dan sebaiknya kamu menyimpan barang bawaan di loker koin terlebih dahulu.

Taman ini buka dari pukul 9:00 hingga 16:00 waktu setempat, dari tanggal 15 Maret hingga 30 September. Dan pukul 9:00 hingga 16:00 dari tanggal 1 Oktober hingga 14 Maret.

Harga tiket masuknya adalah 550 yen untuk tamu berusia 16 tahun ke atas, dan 250 yen untuk anak-anak berusia 4 hingga 15 tahun. Tiket masuk gratis untuk anak usia di bawah 3 tahun.

Alamat: Kyoto, Nishikyo, Arashiyama, Nakaoshita 61

Jembatan Togetsukyo

Jembatan Togetsukyo Bridge @hidimado Wisata Arashiyama
Fotografer lanskap bisa jadikan lokasi Togetsukyo Bridge sebagai spot foto waktu pagi. (Foto: @hidimado)

Banyak sekali spot foto dengan sajian pemandangan indah di Arashiyama. Salah satunya adalah Jembatan Togetsukyo, satu jembatan Kyoto yang terkenal di dunia.

Membentang melintasi Sungai Oigawa, jembatan ini akan menyambut pengunjung yang berjalan dari Stasiun Hankyu Arashiyama menuju beberapa destinasi utama dan toko-toko.

Kamu yang hobi fotografi lanskap wajib untuk memotret pemandangan di sini. Selalu indah sepanjang tahun dan musim. Namun kebanyakan fotografer suka datang di musim bunga sakura dan musim gugur.

Jika ingin menghindari keramaian, sebaiknya datang pagi-pagi sekali.

Selama musim Obon di pertengahan bulan Agustus, lentera bercahaya akan menghiasi aliran sungai di malam hari.

Alamat: Kyoto, Ukyo, Saga Nakanoshima

Sagano Scenic Railway

Sagano Scenic Railway - Sagano Romantic train @saganoromantictrain_1114 Wisata Arashiyama
Sagano Scenic Railway, menjadi salah satu Wisata Arashiyama dengan view menawan. (Foto: @saganoromantictrain_1114)

Mau menikmati wisata Arashiyama, sempatkan untuk naik Sagano Scenic Railway, atau kereta Sagano Romantic. Menikmati perjalanan kereta melintasi alam yang sangat indah.

Rute ini berjarak sekitar 7 kilometer sekali jalan. Membentang dari stasiun Torokko Arashiyama dan Torokko Kameoka. Menyusuri sungai yang sama dengan dilewati Jembatan Togetsukyo.

Kereta bergaya antik ini melaju dengan kecepatan lambat. Sehingga kamu bisa menikmati pemandangan sekitar selama perjalanan 25 menit. Dari Stasiun Torokko Kameoka mengarah ke Kameoka, sebuah kota yang terpisah dari area utama Kyoto.

Di kota tersebut pemandangan alamnya juga sangat menakjubkan.

Untuk menggunakan kereta Sagano Romantic, pergilah ke Stasiun Torokko Arashiyama atau Stasiun Torokko Saga.

Cara membeli tiket kereta bisa langsung di hari kamu pergi. Atau bisa dibeli di Midori no Madoguchi di stasiun kereta JR di seluruh Jepang.

Banyak yang menyarankan untuk mencoba mengendarai mobil “The Rich”. Karena memiliki langit-langit kaca dan tanpa jendela. Membuat kamu bisa melihat lebih banyak pemandangan. Tiket untuk kursi ini hanya bisa dibeli di stasiun Torokko pada hari kamu ingin naik.

Okochi Sanso Villa

Okochi Sanso Villa @pinay_chiq
Okochi Sanso Villa (Foto: @pinay_chiq)

Wisata Arashiyama berikutnya yang harus kamu datangi adalah Okochi Sanso Villa.

Okochi Sanso Villa adalah bekas kediaman Okochi Denjiro (1898 – 1962), seorang aktor paruh waktuterkenal. Ia dikenal karena penampilannya dalam film drama sejarah Jepang di awal abad ke-20.

Villa ini tetap dijaga keasliannya. Serta diakui secara nasional untuk kepentingan budaya.

Di sini kamu bisa menikmati suasana rumah teh dan taman, di halaman. Seluruh indramu akan dimanjakan dengan suasa vila. Kamu akan merasa santai berjalan melalui rumah dan pekarangan.

Harga tiket masuk Okochi Sanso Villa adalah sekitar 1.000 yen. Sudah termasuk set matcha dengan manisan Jepang.

Jam bukanya dari pukul 9:00 hingga 17:00. Buka sepanjang tahun, vila ini berjarak sekitar 15 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Saga Arashiyama. Atau bisa diakses langsung dari Stasiun Torokko Arashiyama.

Alamat: Kyoto, Ukyo, Saga, Ogurayama, Tabuta 8

Kuil Jojakkoji

Kuil Jojakkoji Temple @rinanna14
Jojakkoji Temple (Foto: @rinanna14)

Kuil Jojakkoji adalah kuil yang terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat menawan. Bangunannya pun menakjubkan. Kawasan kuil ini memiliki bangunan yang berasal dari abad ke-17 dan sebelumnya.

Gerbang Niomon yang dibangun pada abad ke-14, menunjukkan keunggulan sejarah kuil.

Kawasan kuil dihiasi dengan banyak pepohonan dan bunga. Menjadikan Kuil Jojakkoji tempat yang ideal untuk dikunjungi setiap saat sepanjang tahun.

Musim gugur akan sangat menakjubkan, seperti juga di awal musim panas. Saat bunga-bunga azalea merah muda bermekaran. Menjadikannya terlihat sangat kontras dengan area yang ditutupi lumut.

Kuil Jojakkoji berjarak sekitar 5 menit berjalan kaki dari Hutan Bambu Arashiyama. Kamu bisa memasuki pekarangan kuil dari pukul 9:00 hingga 17:00. Masuk terakhir pukul 16:30.

Tiket masuk dibanderol sebesar 500 yen.

Alamat: Kyoto, Ukyu, Saga, Ogurayama 3

Kuil Gioji

Kuil Gioji Temple @hakase_yosshin
Gioji Temple (Foto: @hakase_yosshin)

Di Arashiyama kamu bisa menikmati keindahan taman lumut, yaitu di Kuil Gioji. Kuil ini terkenal dengan gubuk beratap jerami dan taman lumut yang luas.

Kuil Gioji disebutkan dalam “The Tale of Heike,” sebuah narasi Jepang yang terkenal tentang Perang Genpei di abad ke-12.

Tempat ini diakui sebagai tempat yang sangat indah di Arashiyama. Keindahannya memukau siapa pun yang datang berkunjung.

Kuil Gioji buka dari pukul 9:00 hingga 17:00. Kunjungan terakhir di pukul 16:30.

Kamu bisa melihat dan menikmati suasana Kuil Gioji dan Kuil Daikakuji, dengan satu tiket masuk seharga 600 yen.
Kedua kuil ini berjarak sekitar 25 menit berjalan kaki.

Alamat: Kyoto, Ukyo, Sagatori imoto, Kozaka 32

Coba Wisata kUliner; Dango, Es Krim Tahu, dan Berbagai Camilan

tofu ice cream @ktaro1977
Cobain tofu ice cream juga saat wisata ke Arashiyama. (Foto: @ktaro1977)

Bagaimana dengan wisata kuliner di Arashiyama?

Arashiyama adalah tempat yang tepat untuk mencoba makanan Jepang dan berbagai hidangan lokal Kyoto. Secara khusus, area di sekitar Jembatan Togetsukyo sangat nyaman untuk menemukan jajanan kaki lima dan jajanan.

Kuliner yang termasuk populer adalah dango, semacam pangsit tepung beras dengan tusuk sate. Seringnya diberi pasta kacang merah, atau glasir mitarashi yang manis dan gurih.

Ada juga varian dan pilihan lain yang berbeda, tergantung pada penjual dan tempatnya.

Kemudian coba juga dessert unik berupa es krim tahu. Coba datangi toko Kyozuan yang terkenal dengan es krimnya. Es krimnya bisa kamu pegang terbalik tanpa jatuh.

Selain itu coba juga berbagai camilan gurih. Salah satunya adalah kroket goreng. Kamu bisa menemukannya di beberapa stan makanan. Tersedia berbagai jenis isian berbahan dasar daging.

Arashiyama Yoshimura: Nikmati Mi Soba di Tepi Sungai

Mi Soba di Resto Arashiyama Yoshimura @markymmarc
Menyantap mi soba di Resto Arashiyama Yoshimura, sambil memandang Jembatan Togetsukyo. (Foto: @markymmarc)

Wisata kuliner Arashiyama berikutnya ada di dekat Togetsukyo Bridge.

Soba Restaurant Arashiyama Yoshimura berada hanya beberapa langkah dari Jembatan Togetsukyo. Tepat di tepi Sungai Katsuragawa.

Resto ini mengkhususkan diri menyajikan mie soba (buckwheat). Di sini kamu bisa memilih berbagai set soba. Dengan variasi ikan, tempura, dan acar sayuran Kyoto. Kamu bisa menentukan beberapa pilihan.

Ada juga sajian makanan Cina dan Korea di sini.

Restoran ini buka dari pukul 11:00 hingga 17:00 setiap harinya.

Alamat: Kyoto, Ukyo, Saga Tenryuji, Susukinobaba 3

Shigetsu

Shigetsu Tenryuji Temple @heavenly_dragon.temple
Shigetsu di Tenryuji Temple, cocok untuk vegatarian. (Foto: @heavenly_dragon.temple)

Apa rasanya masakan Kuil Buddha? Kalau penasaran bisa datang ke Resto Shigetsu. Sebuah restoran yang berada di halaman Kuil Tenryuji.

Di resto ini kamu bisa mencicipi shojin ryori, satu masakan tradisional Buddha Zen. Menyajikan seperti tahu, sayuran musiman, dan nasi.

Shojin ryori adalah makanan vegetarian. Jadi sangat cocok bagi kamu yang sedang melakukan program diet.

Ada 3 pilihan di menu. Sebagian memerlukan reservasi terlebih dahulu untuk kedatangan 2 orang atau lebih.

Shigetsu buka dari pukul 11:00 hingga 14:00. Sesuai dengan jadwal makan siang.

Alamat: Kyoto, Ukyo, Saga Tenryuji, Susukinobaba 68

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Arashiyama

Arashiyama adalah destinasi di Kyoto yang sangat populer, sehingga kamu harus pertimbangkan kemungkinan keramaian. Biasanya berbagai destinasi di Arashiyama akan ramai di sore hari, akhir pekan, dan hari libur nasional.

Waktu yang ideal untuk berkunjung adalah di hari kerja dan di pagi hari. Kalau kamu ingin memotret lanskap atau situs tertentu tanpa kerumunan, cobalah datang sepagi mungkin.

Musim bunga sakura di Kyoto, dari akhir Maret hingga awal April, juga merupakan musim ramai lainnya. Dedaunan musim gugur, yang mencapai puncaknya sekitar akhir Oktober, adalah musim yang harus kamu hindari jika ingin menghindari keramaian.

Kedua musim tersebut, tidak diragukan lagi merupakan waktu yang menakjubkan untuk menikmati keindahan wisata Arashiyama. Namun harus kamu sadari, di dua musim itu akan sangat ramai.

Cara Menuju ke Arashiyama dari Kyoto

Arashiyama berada sekitar 9 kilometer barat laut dari pusat Kyoto. Relatif mudah untuk menuju Arashiyama. Dan kamu memiliki beberapa pilihan moda transportasi.

Dari Stasiun JR Kyoto ke Arashiyama, kamu bisa ambil Jalur Utama San’in/Sagano menuju Kameoka atau Sonobe. Turun di Stasiun Saga Arashiyama.

Butuh waktu sekitar 17 menit dengan kereta lokal dan 11 menit dengan kereta cepat. Tarifnya 240 yen sekali jalan. Kalau kamu memiliki Japan Rail Pass, itu akan gratis.

Sedangkan jika kamu datang dari Gion atau daerah Kawaramachi, sebaiknya menggunakan jalur Hankyu. Berangkat dengan kereta menuju Umeda dari Stasiun Hankyu Kawaramachi. Lalu pindah ke jalur Arashiyama di Stasiun Katsura dan turun di Stasiun Arashiyama.

Total perjalanan memakan waktu 14 menit dengan biaya 220 yen sekali jalan.

Pilihan ketiga adalah menggunakan Randen, sebuah trem yang beroperasi dari pusat Kyoto ke Arashiyama.
Randen jadi pilihan yang pas jika ingin mengunjungi Kuil Ryoanji, dengan taman batu Zen yang ikonis. Dari Ryoanji, naik Kitano Line, lalu pindah di Stasiun Katabiranotsuji ke Arashiyama Line.

Biayanya 220 yen dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.

Arashiyama di Kyoto, Recommended banget!

Tidak diragukan lagi, Arashiyama adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Kyoto.
Mudah diakses dan penuh dengan kuil, bangunan tradisional, dan pilihan makanan. Menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan satu atau setengah hari.

Baca juga:
* Menyelam di Deep Dive Dubai, Kolam Renang Terdalam di Dunia

Namun karena daerah ini begitu populer, jangan kaget kalau ramai. Jadi pastikan untuk membuat rencana perjalanan yang sesuai dengan gaya perjalananmu.

Ada rencana liburan menikmati wisata Arashiyama di Kyoto Jepang?

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here