Walikota Banjarbaru Luncurkan Rusa Sambar Edupark

Rusa Sambar Edupark Banjarbaru resmi diluncurkan Walikota Banjarbaru - menlhkgoid
Walikota Banjarbaru saat meresmikan Rusa Sambar Edupark Banjarbaru, Kamis (10/10/2019) lalu. (Sumber: menlhk.go.id)

Ada kabar gembira nih buat warga Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Ada destinasi baru yang menarik baru saja dibuka. Rusa Sambar Edupark Banjarbaru resmi diluncurkan Walikota Banjarbaru, H. Nadjmi Adhani, pada Kamis (10/10/2019) lalu.

Edupark ini menambah lengkapnya spot edutainment menarik yang bisa kamu nikmati di Balai Litbang LHK Bajarbaru. Seperti Edupark Kelulut, Pembuatan Kompos, Persemaian, dan Plot Tanaman Ulin.

Baca juga:
* VIDEO: Menpar di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar Kalsel

Peluncuran Rusa Sambar Edupark ditandai dengan pengguntingan pita secara simbolis oleh Walikota Banjarbaru, General Manajer PT. Pertamina DPPU Syamsudin Noor dan Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru.

“Harapannya kehadiran edupark ini dapat menjadi sarana edukasi dan tentunya akan memperkaya destinasi wisata baru di Banjarbaru. Selain itu lokasi areal kantor Balai Litbang LHK Banjarbaru juga ditetapkan sebagai hutan kota Banjarbaru,” ujar Nadjmi yang sangat menyambut baik hadirnya edupark di Banjarbaru ini.

Kepada Walikota Banjarbaru dan para undangan yang hadir, Kepala BP2LHK Banjarbaru, Ir. Tjuk Sasmito Hadi dalam sambutannya menjelaskan bahwa rusa yang ditangkarkan di Edupark ini merupakan rusa asli dari Indonesia khususnya Kalimantan.

“Walau jumlahnya hanya sedikit, yaitu satu jantan dan satu betina, namun dengan pemeliharaan dan pengelolaan yang baik, harapannya akan terus bertambah jumlahnya,” jelas Tjuk di hadapan Kepala Dinas LH Provinsi Kalsel dan Kota Banjarbaru, Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, UPT lingkup Kementerian LHK, General Manajer Angkasa Pura Syamsudin Noor, general manajer beberapa maskapai penerbangan, perwakilan sekolah-sekolah di Banjarbaru dan Banjarmasin.

Edupark rusa sambar ini adalah bentuk program lingkungan keanekaragaman hayati (Kehati) antara PT. Pertamina DPPU Syamsudin Noor dan Balai Litbang LHK Banjarbaru. Operation Head (OH) PT. Pertamina DPPU Syamsudin Noor, Aripto Sambu Bowo menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Pertamina terhadap lingkungan dan tentunya dapat mengedukasi masyarakat umum terkait rusa sambar (Rusa unicolor).

Setelah meresmikan langsung Rusa Sambar Edupark, Walikota Banjarbaru menaman pohon kapur (Dryobalanops sp) sebagai kenangan kunjungannya ke Balai Litbang LHK Banjarbaru dan turut menambah koleksi pohon di areal tersebut.

Pada kesempatan ini, selain mengikuti peluncuran Rusa Sambar Edupark ini, para undangan dengan antusias juga mengunjungi spot edupark lainnya yang ada di sana. Seperti diketahui, selama ini kantor Balai Litbang LHK Banjarbaru merupakan tempat yang menjadi sarana edukasi bagi masyarakat di sekitar Banjarmasin – Banjarbaru. Secara rutin, terdapat kunjungan studi siswa baik pada jenjang TK, SD, SMP, dan mahasiswa ke kantor Balai Litbang LHK Banjarbaru.

Baca juga:
* Pesona Pulau Randayan di Bengkayang Kalimantan Barat

Terdapat beberapa sarana yang menjadi daya tarik di Balai Litbang LHK Banjarbaru, antara lain Kelulut Edupark, rumah konservasi anggrek yang memiliki berbagai jenis anggrek langka di Kalimantan, Arboretum seluas 9,4 Ha yang memiliki sekitar 54 jenis pohon termasuk pohon langka, persemaian permanen, serta mengunjungi fasilitas penelitian lainnya. Keberadaan Rusa Sambar Edupark tentunya menambah kelengkapan sarana edutainment tersebut.***

Sumber: http://www.menlhk.go.id/site/single_post/2441

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here