Wagub NTB: ‘Hospitality’ Terlahir dari Dalam Hati

Hospitality – Apa sih yang penting dalam indsutri pariwisata daerah sehingga bisa menimbulkan citra/aura positif terhadap daerah tersebut. Ada sahabat Genpi yang tahu? Kali ini kita akan berbagi ilmu, yang genpi dapatkan dari tulisannya Agus Apriyanto di lombokinsider.com.

Hal terpenting dan harus diutamakan dalam industri pariwisata adalah ‘hospitality’. Keramahan yang terlahir dari dalam hati, sehingga aura yang dikeluarkan positif.

Demikian pesan yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Sitti Rohmi Dhalilah, M. Pd saat mengisi Stadium Generale, menyambut mahasiswa/mahasiswi baru Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok, Kamis (08/08/2019).

Baca juga:
* Literasi Media Digital, Diskusi Kolaborasi Antar Komunitas di NTB

Wakil Gubernur NTB Dr Sitti Rohmi Dhalilah M Pd di Poltekpar Lombok - hospitality - lombokinsider.com - Agus Apriyanto
Wakil Gubernur NTB Dr. Sitti Rohmi Dhalilah M. Pd saat memberi wejangan mengenai hospitality di Poltekpar Lombok, Kamis (8/8/2019). (Sumber: lombokinsider.com/ Agus Apriyanto)

Sitti Rohmi mengimbau, mahasiswa dan mahasiswi harus merasa bangga dan bersyukur, telah lolos dan dapat menimba ilmu di kampus terbaik yang didesain berkelas dunia.

Sekadar info, Poltekpar itu hanya ada 6 di Indonesia. Dan Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki satu.

“Rasa syukur harus diwujudkan dengan do your best dan memanajemen waktu dengan baik. Bersyukur jangan sampai hanya awalnya saja, akan tetapi diiplementasikan selama kuliah disini, dengan bertekad I will give my best, sehingga kita dapat mempersembahkan yang terbaik, bagi orangtua dan Indonesia,” ujar Wagub yang sering disapa Ummi Rohmi ini.

Terakhir, Ummi Rohmi berpesan akan pentingnya hospitality kepada Mahasiswa dan Mahasiswi Poltekpar.

“Pegang teguh hospitality dalam bentuk yang intangible yakni attitude, skill dan knowledge.” Tegas Ummi Rohmi menutup sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Poltekpar Lombok Dr. Hamsu Hanafi, MM, menyampaikan ada 315 mahasiswa baru yang masuk di tahun 2019 dan ada kurang lebih 75 mahasiswa yang lulus. Naun jumlah 315 mahasiswa baru tersebut masih jauh dari kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Hadirnya Moto GP di Mandalika tentunya membuka banyak peluang atau lapangan pekerjaan bagi para alumni Poltekpar dan juga masyarakat NTB. Juga merupakan daya tarik bagi para wisatawan, sehingga ada peluang untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Lombok.

(Sumber: https://lombokinsider.com/general-news/dihadapan-mahasiswa-baru-poltekpar-lombok-wagub-ingatkan-pentingnya-hospitality/)

Hospitality

Bagi yang berkecimpung di dunia perhotelan dan pariwisata pasti sudah mengetahui istilah hospitality. Namun sebenarnya ‘hospitality’ bukanlah hal baru. Karena selalu dibutuhkan dalam berbagai bidang; seperti di ekonomi, sosial, teknolgi, tranportasi, pelayanan publik, dan sebagainya.

Menurut beberapa kamus yang genpi.id baca, kata HOSPITALITY adalah: “friendly and generous reception and entertainment of guests.

Kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, kira-kira arti hospitality adalah ramah-tamah dan murah hati dalam menerima dan menghibur para tamu.

Baca juga:
* Jaga Terumbu Karang, Nelayan Sumbawa Stop Gunakan Bom Ikan

Poltekpar Lombok NTB

Bagi kamu yang mau belajar lebih lanjut mengenai industri pariwisata dan pastinya akan belajar hospitality juga, bisa mendaftar di Poltekpar Lombok. Ada Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Divisi Kamar, Tata Hidang, dan Seni Kuliner.

Info lengkap, bisa buka website resminya: Poltekpar Lombok

Fasilitasnya pembelajarannya lengkap dan berteknologi modern (state-of-the art technology). Tersedia ruang perkuliahan, perpustakaan, wifi di seluruh area kampus, hotel praktek (hotel Tambora), bar & restoran, dan dapur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here