VIDEO: 7 Tempat Wisata di Barru

Barru adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan Ibukotanya di Kota Barru, kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.174,72 kilometer persegi. Mau tahu apa saja tempat wisata di Barru yang bisa dikunjungi? Baca terus sampai habis ya.

Potensi pariwisata Barru begitu banyak, hampir semua ada. Karena kabupaten yang lahir pada 20 Februari 1960 ini memiliki daerah perbukitan dan pegunungan, yang sebagiannya adalah kawasan karst. Sebagian lainnya daerah datar dan pesisir pantai.

Baca juga:
* Es Pisang Ijo Makassar yang Istimewa, Ini Cara Membuatnya

Bahkan garis pantai Kabupaten Barru mencapai 87 kilometer. Menjadikannya kabupaten dengan pesisir pantai terpanjang di Provinsi Sulawesi Selatan.

Daftar Tempat Wisata di Barru

Ada banyak tempat wisata di Barru yang bisa kamu kunjungi. Namun di video yang unggah di channel ini, hanya ditampilkan beberapa saja. Yuk kita simak.

1. Celebes Canyon

Kalau ditanya dimana tempat wisata unik di Barru, salah satu jawabannya adalah Celebes Canyon. Dijuluki demikian karena view disini mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Pernah mendapat anugerah sebagai destinasi wisata baru terpopuler di Sulawesi Selatan versi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2016. Lokasinya berada di Dusun Watu, Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja.

Gabungan keindahan batu karst putih dan jernihnya aliran air Sungai Ule’ yang mengalir membuat yang datang merasa betah berlama-lama. Kamu bisa duduk-duduk santai, merendamkan kaki atau bahkan sebadan.

Dan bagi penggemar fotografi, kamu akan dimanjakan dengan banyak spot yang menjadikan fotomu indah dilihat.

2. Air Terjun Batulappa

Air Terjun Batulappa berada di Dusun Batulappa, Desa Tompo, Kecamatan Barru. Sangat terkenal dengan keindahannya dan sering dikunjungi oleh traveler disaat hari libur.

Selain karena berada di dusun Batulappa, dinamakan demikian karena banyak terdapat batu yang bersusun disana. Kalau di daerah lain di Indonesia, mungkin dinamakan batu lapis.

Keindahan air terjun Batulappa sungguh luar biasa. Apalagi ada 7 spot, 7 tingkat, air terjun di Batulappa. Kamu juga akan dimanjakan dengan panorama indah dan suasana alami disini.

Air Terjun Batulappa belum ramai dikunjungi wisatawan. Oleh karenanya, sangat cocok bagi traveler yang menyukai tempat wisata yang sunyi dan alami.

3. Pantai Ujung Batu

Salah satu tempat nongkrong anak muda Barru ini cukup populer dikalangan masyarakat Barru dan sekitarnya.

Berada di Ujung Batu di kelurahan Sumpang binangae, berjarak sekitar 2 kilometer dari ibukota Kabupaten. Ada banyak sekaliperahu nelayan dengan berbagai aksesorisnya.

Banyak juga yang menjadikan Pantai Ujung Batu sebagai tempat nyore dan menikmati suasana sunset yang menawan.

4. Bukit Paralayang Maddo

Bukit Paralayang Maddo berjarak sekitar 6 kilometer dari kota Barru. Beradadi Dusun Maddo Desa Tellumpanua Kecamatan Tanete Rilau.

Disini kamu bisa menyaksikan para penerbang paralayang meliuk-liuk diudara. Kalau kamu mau ikut merasakan sensasi terbang, bisa juga ikut terbang tandem.

Biaya terbang tandem paralayang disini adalah Rp. 450 ribu untuk sekali terbang.

Dari spot ini, kamu bisa menikmati pemandangan aliran sungai Bottoe, gunung dan indahnya sunset serta sunrise.

5. Monumen Paccekke

Monumen Pacceke berada gunung Paccekke yang memiliki view sangat indah. Dari monumen yang terletak di Desa Pacekke Kecamatan Soppeng Riaja ini, kamu bisa menyaksikan indahnya panorama hamparan sawah luas.

Dulu dianggap sebagai daerah terpencil dan terkenal sebagai daerah kelahiran TRI Devisi Hasanuddin, cikal bakal Kodam XIV Hasanuddin (sekarang Kodam VII Wirabuana).

6. Hutan Pinus Lajoanging

Ternyata Kabupaten Barru memiliki wisata hutan pinus yang indah. Tepatnya berada di Dusun Lajoanging, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja.

Kawasan yang berada di 1000 meter dpl ini, menawarkan keindahan khas hutan pinus yang menawan dengan udara yang sejuk. Kamu yang suka foto-foto atau swafoto akan senang berada disini.

Berjarak sekitar 130 kilometer dari Kota Makassar dan hanya sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Barru.

7. Pulau Pannikiang

Pulau Pannikiang berada di Desa Madello, Kecamatan Balusu, atau berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Barru.

Kamu bisa mencapainya dengan menyewa perahu para nelayan dari pesisir pantai Takkalasi ataupun pesisir pantai Madello.

Seperti yang sudah kamu duga, nama pulau ini berasal dari kata Panning (Kelelawar). Karena memang di pulau ini banyak dijumpai hewan tersebut, selain spesies burung lainnya.

Kamu juga bisa menyaksikan suguhan keindahan suguhan deretan pegunungan Lavanchu yang melengkapi eksotisme pulau berbentuk S ini.

Baca ini juga yuk:
* GenPI Tanggamus: Ayo Liburan Seru ke 10 Tempat Wisata Ini!

Demikian potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan.

Sudah menyaksikan video pariwisata Barru diatas tadi? Bagaimana menurutmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here