VIDEO: Menpar di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar Kalsel

Pasar Terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) memiliki daya tarik tersendiri yang unik. Menjadi salah satu destinasi yang wajin dikunjungi kalau sedang jalan-jalan di Banjarmasin.

Bahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya menikmati kunjungannya di Pasar Terapung Lok Baintan pada Senin (12/08/2019). Menteri dan rombongan terlihat membeli jajanan pasar, buah-buahan, ikan asin, dan souvenir dari para pedagang lokal.

Baca juga:
* Wings Air dan Xpressair Buka Rute Baru ke Belitung dan Banyuwangi

Arief Yahya menilai, sebagai atraksi, pasar apung ini sangat unik, semua transaksi dilakukan di atas air mengalir, di atas sungai.

“Ibu ibu heboh dengan jajanan pasar, ikan asin, buah-buahan, serta souvenir dari para pedagang lokal. Cara berjual belinya juga unik, di atas perahu. Ini keren,” kata Menpar Arief Yahya saat berwisata di Pasar Lok Baintan.

Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi akan dimanjakan dengan atmosfir pasar terapung yang unik dengan warna warninya yang menambah keseruan.

Deretan perahu pedagang atau jukung dengan berbagai dagangannya bisa menjadi subyek foto menarik. Bisa lupa waktu menyaksikan pemandangan yang mengasikkan ini.

Wisatawan di pasar apung Lok Baintan tidak akan pernah kehabisan atraksi. Banyak hal menarik yang bisa menjadi pengalaman dan kenangan unik.

Bahkan kalau mau, kamu bisa sarapan di atas perahu. Bisa menjadi pengalaman yang menarik dan otentik.

Sejarah panjang memang menyertai pasar apung ini. Pasar Lok Baintan ini sudah berlangsung dari zaman Kesultanan Banjar sampai saat ini.

Baca juga ya:
* Foto-foto Cantik di Citra Raya World Of Wonders Tangerang

Keberadaannya dicatat Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan dan menetapkan karya budaya daerah tersebut menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.

“Di Martapura ini autentik, turun temurun, menjadi budaya lokal yang sudah berlangsung lama. Karena itu, Pasar Lok Baintan ini bisa menjadi kekuatan Kalimantan Selatan, untuk menata agar destinasinya semakin baik,” pungkas Menpar AY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here