Ultah ke-5, Genpi Banten Gelar Diskusi Digitalisasi Pariwisata dan Literasi Digital

Advertisement
Ulang Tahun Genpi Banten ke-5
Ulang tahun ke-5, Genpi Banten gelar diskusi bertema ‘Digitalisasi Pariwisata dan Literasi Digital’. (Foto: dok. Genpi Banten)

Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Provinsi Banten Gelar acara diskusi Digitalisasi Pariwisata dan Literasi Digital, Sabtu (19/06/2021). Acara bertempat di Kafe Hotel Puri Kayana Jalan K.H Abdul Hadi No.96 Cipete, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten.

Narasumber pada acara tersebut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi BANTEN Ir. Hj. Eneng Nurcahyati, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Provinsi Banten M Agus Setiawan A.W, Kepala Sub Bagian Penguatan Komunitas Biro Komunikasi Kemenparakraf Syahril Sulaiman dan Counter & CEO Wisata Sekolah Irwan Tamrin dan Ketua umum GENPI Banten.

Baca juga:
* Enaknya Kue Apem Putih, Kuliner Khas Pandeglang

Ketua panitia pelaksana Farhan menjelaskan, kegiatan Virtual Tour dan Anniversary Genpi Banten ke-5 ini mengusung tema ‘Digitalisasi Pariwisata dan Literasi Digital’.

Panitia beraharap kegiatan ini bisa mengangkat dan membangkitkan kesadaran berliterasi. Serta kesadaran akan pentingnya peran digital bagi wisatawan dan pengelola wisata.

Juga dalam rangka meyakinkan akan rasa aman kepada wisatawan untuk berwisata ke Provinsi Banten. Sehingga perekonomian masyarakat bisa tumbuh sebagaimana mestinya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara offline dan online. Seluruh peserta berjumlah 300 orang. Dengan pembagian 30 orang hadir secara offline dan selebihnya melalui zoom meeting dan streaming youtube.

“Kegiatan ini sebagai bentuk upaya dalam perubahan ekosistem wisata di lapangan dan mengedukasi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar bisa mengubah pola wisatanya. Dari hanya berupa offline saja, menjadi hybrid. Yaitu offline dan online melalui virtual tour,” jelas Farhan.

Sedangkan Ketua Genpi Banten Jalaludin mengatakan kegiatan tersebut dalam rangkaian acara virtual tour dan Anniversary Genpi Banten ke 5 dengan peserta pelaku usaha pariwiata, Dinas Pariwisata dan Dinas Kominfo se Provinsi Banten.

Digitalisasi merupakan program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Digitalisasi tersebut lebih mengarah kepada proses konsumen saat berwisata, mulai dari melakukan pemesanan untuk transportasi, menginap hingga memesan tiket masuk ke obyek wisata.

“Banyak tempat pengelola wisata tiket dikelola secara konvensional. Genpi Banten mendorong pemesanan tiket secara online apa lagi saat ini dimasa pandemi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi BANTEN Ir. Hj. Eneng Nurcahyati mengatakan Genpi Banten dibentuk sejak tahun 2017.

“Genpi Banten adalah GenPI ke-11 yang dibentuk di Indonesia. Saya berharap Genpi Banten bisa memberikan kontribusi yang positif untuk kemajuan wisata Banten. Genpi silakan mengembangkan kemampuan dan tingkatkatkan kreativitas.” Eneng Nurcahyati berpesan.

Baca juga:
* Sate Bandeng, Sate Unik dari Ujung Barat Pulau Jawa

Karena itu, Eneng Menambahkan, Genpi harus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena SDM adalah kunci membangun pariwisata untuk mengembangkan Digitalisasi.

“Saya berharap Genpi bukan membangun komunikasi dengan dinas pariwisata saja. Dengan Dinas Diskominfo kabupaten/kota se-Provinsi Banten juga harus dibangun komunikasi.” Katanya. (rls)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here