Uji Nyali di Gunung Parang, Panjat Tebing hingga Hotel Gantung

Pencandu ketinggian dan bosan dengan sensasi yang itu-itu saja? Ingin mencoba sesuatu yang baru? Selamat! Kamu baru saja menemukan sebuah destinasi yang sangat cocok untuk memuaskan adrenalin petualanganmu. Berada tidak jauh dari Ibukota Jakarta, Gunung Parang merupakan destinasi yang tepat untuk mengusir rasa jenuh dari rutinitas dan menguji nyalimu lho. Terletak di salah satu kota kecil di Jawa Barat, tepatnya di Purwakarta, membuat Gunung Parang ini menjadi salah satu destinasi wisata dengan kegiatan wisata yang unik.

Penasaran? Tanpa berlama-lama, yuk intip keseruan dari kegiatan wisata nan unik di Gunung Parang !

Mendaki sambil Panjat Tebing

Mendengar kata ‘Gunung’ pasti erat kaitannya dengan perjalanan pendakian. Di Gunung Parang, sensasi mendaki bertambah lengkap dengan keberadaan tebingnya. Benar sekali, untuk mencapai puncak gunung setinggi 983 mdpl ini, kamu harus memiliki kemampuan dan keterampilan dalam pendakian di tebing alias rock climbing atau panjat tebing. Bagaimana tidak, sebagian besar gunung ini terdiri dari batuan andesit yang curam dan terjal sehingga sebelum mendaki siapkan alat keamanan, mental, dan semangatmu ya!

Wisata Panjat Tebing Ramah Pemula

Ingin ikut mencoba berpacu adrenalin dengan panjat tebing tapi belum berpengalaman? Jangan gusar! Di Gunung Parang, kamu dapat menikmati sensasi panjat tebing dengan mudah. Sejak tahun 2015, Gunung Parang membuka sebuah jalur yang ramah bagi semua kalangan termasuk untuk anak-anak lho. Jalur Ferrata, sebuah jalur memanjat pertama di Indonesia yang dapat menjamin kemudahan dan keselamatan bagi para pemanjatnya.

Namanya sendiri, ‘Ferrata’ yang berarti Jembatan besi sangat menggambarkan trek dari jalur ini. Jalur Ferrata terdiri dari tangga dan tali besi yang telah disiapkan untuk kamu yang ingin mencoba sensasi panjat tebing dengan mudah. Sebelum memanjat, kamu akan diberikan seperangkat alat pengaman seperti harness, helm pengaman dan juga tali besi serta seorang pemandu untuk memastikan keamanan dan keselamatanmu. Tidak perlu takut dan ragu, sebelum diresmikan jalur ini telah diuji untuk wisatawan berumur 5-62 tahun. Bagi kamu yang takut untuk memanjat terlalu tinggi, tenang saja, Gunung Parang telah menyediakan beberapa opsi jalur dengan ketinggian yang berbeda,lho. Mulai dari ketinggian 100 hingga 700 meter. Menarik bukan? Tunggu apalagi, yuk langsung meluncur!

Skylodge Padjajaran, Uji Nyali Menginap di Hotel Gantung

Mendaki gunung sudah, panjat tebing pun sudah, Gunung Parang punya apalagi? Tentu saja ada senjata pamungkasnya! Untuk kamu yang lelah mendaki dan memanjat tebing seharian, saatnya untuk beristirahat dan bersantai anti-mainstream di Skylodge Padjajaran, Hotel Gantung milik Gunung Parang. Hotel yang terletak diketinggian 500 meter diatas permukaan tanah ini telah berhasil mengalahkan Skylodge setinggi 122 meter yang berada di Peru. Karena berada diketinggian, untuk mencapainya kamu harus memanjat tebing via Jalur Ferrata hingga tower 500 meter. Benar-benar pengalaman menginap yang tidak akan didapat dimana-mana ! Dari ketinggian 500 meter ini kamu dapat memandang panorama alam dan indahnya Waduk Jatiluhur dari kamarmu. Kesempatan emas lainnya juga yaitu menikmati pemandangan matahari terbenam dan terbit langsung hanya dari tempat tidur lho!

Untuk menikmati fasilitas hotel gantung penuh adrenalin ini, kamu harus menyiapkan kocek sebesar 5 juta rupiah untuk satu malam. Dengan harga tersebut, kamu sudah dapat menikmati fasilitas kamar beserta dengan kelengkapannya, jaminan keselamatan, jasa pemandu hingga 2x makan untuk 1 hari. Uniknya lagi, makanan tersebut akan diantarkan langsung dari basecamp ke kamar kita oleh pemandu lho ! Keren kan?

Jika kamu tertarik untuk menyambangi dan ingin merasakan sensasi menginap di Skylodge Padjajaran ini, siap-siap untuk berebut dan berlomba dengan wisatawan lainnya ya. Hanya tersedia 7 buah lodge, tak heran banyak sekali wisatawan yang tak sabar dan sangat menunggu gilirannya untuk mencoba sensasi menginap di ketinggian tebing 500 meter ini. Untuk memastikan ketersediaan kamar atau lodge, kamu dapat menghubungi nomor ini via telepon atau aplikasi WhatsApp ya 087775616496

Sources:
https://travel.kompas.com/fakta-unik-hotel-gantung-tebing-parang-di-purwakarta/

Ditulis oleh Galuh Haris Septyana, Universitas Gadjah Mada, Prodi Pariwisata, Program Magang GENPINAS Tahun 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here