UI dan BI Luncurkan BI Corner di Kampus Depok

Fasilitas BI Corner di Kampus UI Depok ini bisa dinikmati bukan hanya oleh mahasiswa UI. Namun juga bsia dinikmati oleh masyarakat umum yang datang ke UI. Harapannya bisa meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan.

Advertisement
Bank Indonesia dan Universitas Indonesia Luncurkan fasilitas pojok baca BI Corner di UI Depok
Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UI Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA dan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di lokasi BI Corner, meresmikan BI Corner di Kampus Depok, hari ini, Jumat (03/09/2021). (Foto: bi.go.id)

Universitas Indonesia (UI) dan Bank Indonesia (BI) meresmikan BI Corner, fasilitas pojok baca, di Kampus Depok, hari ini, Jumat (03/09/2021).

Fasilitas BI Corner ini berada di lantai dasar Perpustakaan Pusat UI, Crystal of Knowledge. Tepatnya terletak di depan pintu masuk menuju koleksi perpustakaan.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D sangat mengapresiasi adanya fasilitas pojok baca BI Corner ini.

Baca juga:
* BI Luncurkan SNAP dan Uji Coba QRIS Indonesia-Thailand

Fasilitas ini, Ari Kuncoro berharap, bisa dinikmati bukan hanya oleh mahasiswa UI. Namun juga bsia dinikmati oleh masyarakat umum yang datang ke UI.

“Kami harapkan keberadaan BI Corner dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai kebijakan-kebijakan terbaru apa saja yang dilakukan oleh BI dan juga dapat memotivasi mahasiswa dalam membudayakan membaca dan menulis,” Kata Ari Kuncoro.

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, mengatakan bahwa BI Corner ini dimaksudkan untuk memberikan akses literatur terkini yang berkualitas bagi masyarakat.

“Terutama, akses literatur di bidang ekonomi dan keuangan. Selain itu, BI Corner ini juga bertujuan untuk mengenalkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat akan tugas dan peran Bank Indonesia dalam perekonomian,” Papar Destry Damayanti.

Pojok Baca BI Corner ini merupakan sarana edukasi sekaligus sebagai upaya untuk mengenalkan kebijakan BI kepada publik.

BI Corner menyuguhkan 250 judul buku dalam Bahasa Indonesia dan 100 judul buku dalam Bahasa Inggris. Buku-buku tersebut terkait keuangan dan ekonomi. Bisa diakses oleh semua orang secara gratis.

Koleksi pustaka BI Corner ini tersedia dalam bentuk audio visual, elektronik, dan cetak.

Terdiri dari berbagai kategori bacaan. Mulai dari ekonomi, keuangan, perbankan, perpajakan. Bahkan juga ada buku fiksi.

Dijelaskan bahwa, koleksi bacaan tersebut setiap tahunnya akan terus ditambah. Yaitu melalui mekanisme pengkinian buku yang dilakukan oleh Bank Indonesia.

Kerja sama BI Corner ini bukan hanya dalam bentuk fasilitas pojok buku. Namun juga akan mencakup diskusi, bedah buku, penyelenggaraan seminar/kuliah umum. Juga akan ada kompetisi mahasiswa, seperti speech contest, English debate maupun lomba resensi buku.

BI Corner akan menjadi salah satu fasilitas andalan dari Perpustakaan UI Depok. Selain tentu saja berbagai fasilitas peminjaman buku dan ruangan komputer.

Gedung Perpustakaan UI sendiri memiliki 2 jenis fasilitas. Yaitu fasilitas umum dan fasilitas perpustakaan.

Semua orang bisa mengakses fasilitas umum. Antara lain; Ruang Apung, cinema, gim, studio musik dan broadcast. Juga ada ruangan yang berada di lantai 5, 6, 7, dan 8. Serta seluruh area tenant di sekitar Gedung.

Sedangkan fasilitas perpustakaan terdiri dari area peminjaman buku di lantai 1, ruang komputer, serta layanan pustaka yang tersedia di lantai 2, 3, dan 4.

Keberadaan BI Corner ini merupakan salah satu perwujudan visi dari Perpustakaan UI. Yaitu menyediakan layanan perpustakaan berkualitas bagi masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya informasi dan teknologi.

Baca juga:
* Mengintip Harta Karun di Museum Bank Indonesia

Acara peluncuran dan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya fasilitas ini dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UI Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA dan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di lokasi BI Corner.

Peresmian fasilitas pojok baca BI Corner ini juga dihadiri oleh Direktur Departemen Komunikasi BI, Muhamad Nur.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here