Pesta Sekura di Lampung Barat, Tradisi Kuno yang Lestari

Foto Gambar Tradisi Pesta Sekura Lampung Barat - @endangguntorocanggu
Suasana kemeriahan saat berlangsungnya Tradisi Pesta Sekura di Liwa, Lampung Barat. (Foto: IG @endangguntorocanggu)

Ada banyak adat budaya di Lampung Barat yang masih bisa kita lihat dan nikmati hingga saat ini. Satu daerah yang mengedepankan nilai luhur bergotongroyong. Salah satunya adalah Pesta Sekura yang unik dan meriah.

Pesta Sekura adalah sebuah tradisi yang asal muasalnya dari perang saudara. Serta merupakan asimilasi budaya Hindu dan Islam.

Berbagai lakon yang diperankan pemuda desa hilir mudik di perkampungan. Membuat suara gaduh dengan berbagai peralatan yang mereka bawa. Terkadang ember, centong, panci, gerabah, dan lainnya.

Atau diiringi suara gamolan yang merdu.

Di hari itu semua orang bergembira. Tidak ada yang merasa terganggu dengan suara gaduh tersebut.

Baca juga:
* Lamban Sabuk, Rumah Tradisional di Desa Hujung Lampung Barat

Apa Itu Sekura?

Kata ‘Sekura’ berasal dari bahasa setempat ‘sekura’ atau ‘sekukha’. Artinya adalah penutup wajah atau penutup muka.

Ada 2 (dua) jenis Sekura yang bisa kamu lihat di acara tersebut. Ada ‘Sekura Betik’ dan ‘Sekura Kamak’.

Sekura Betik

Foto Gambar Pesta Sekura - Yopie Pangkey
Sekura Betik. (Foto: Yopie Pangkey)

Sekura betik adalah penutup muka yang menggunakan kostum yang indah dan bersih.

Biasanya mereka mengenakan kain miwang dan kacamata.

Sekura Kamak

Foto Gambar Sekura Kamak - @endangguntorocanggu
Sekura Kamak (Foto: IG @endangguntorocanggu)

Sekura Kamak adalah penutup muka yang berbentuk aneh dan kotor. Peserta yang berperan sebagai Sekura Kamak biasanya mengenakan topeng yang terbuat dari kayu.

Bentuk topeng tidak simetris dan aneh. Plus kostum yang aneh-aneh. Seperti mengenakan dedaunan dan lainnya.

Asal Muasal

Menurut cerita turun temurun yang beredar di masyarakat, budaya Sekura ini dimulai saat adanya perang saudara.

Karena lawan berperangnya masih merupakan saudara atau kerabat, mereka akhirnya menggunakan penutup wajah. Sehingga lawan tidak mengenali sekaligus untuk menghilangkan keraguan saat akan menghabisi lawan.

Namun ada juga yang berpendapat bahwa tradisi Sekura adalah hasil asimilasi budaya Hindu dan Islam.

Sekura Masa Kini

Foto Gambar Tradisi Pesta Sekura Lampung Barat - @ekafendiaspara_alliwa-@rc_pict
Menjadi ajang hunting foto, Tradisi Pesta Sekura selalu menarik untuk disaksikan. (Foto: @ekafendiaspara_alliwa via @rc_pict)

Tradisi / Pesta Sekura saat ini masih terus berlanjut diadakan secara rutin oleh masyarakat. Fungsinya sudah berubah, sebagai ajang mempererat tali persaudaraan.

Masyarakat Lampung Barat masih melestarikan budaya ini. Karena merupakan identitas budaya daerah mereka.

Salah satu nilai yang terkandung dari acara/tradisi ini adalah rasa gotong royong dan kekeluargaan. Khsususnya dalam momen setelah menjalani puasa Ramadhan setiap tahunnya.

Lokasi penyelenggaraan tradisi sekura berganti-ganti dari satu desa ke desa lain. Para pesertanya berkeliling kampung mengenakan kostum dan penutup muka beraneka ragam.

Lalu dilanjutkan dengan berbagai atraksi lain setelahnya. Seperti berpantun, pencak silat, dan panjat pinang. Peserta panjat pinang biasanya dilakukan oleh peserta yang mengenakan Sekura Kamak.

Waktu Penyelenggaraan Pesta Sekura

Foto Gambar Tradisi Pesta Sekura Lampung Barat - @endangguntorocanggu-2
Rangkaian acara ditutup dengan lomba panjat pinang. Yang hanya diikuti oleh peserta yang mengenakan Sekura Kamak. (Foto: IG @endangguntorocanggu)

Penasaran dan ingin menyaksikan acara yang penuh kemeriahan ini? Kamu bisa berkunjung ke Liwa, ibukota Kabupaten Lampung Barat, di masa lebaran Idul Fitri.

Atau datang ke acara Festival Krakatau di Bandar Lampung. Biasanya kontingen Lampung Barat membawakan sajian Sekura untuk penonton.

Bisa juga datang ke Festival Sekura yang digelar di Liwa Lampung Barat. Sudah tentu kamu akan melihat berbagai bentuk Sekura di acara ini.

Video Acara Sekura

Tips Berkunjung ke Liwa

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Liwa menyaksikan tradisi Sekura, tentu harus menyiapkan berbagai hal. Selain transportasi kamu harus memastikan akan menginap di mana.

Saat musim lebaran tentu akan sulit menemukan kamar atau penginapan yang masih tersedia. Selain di hotel, kamu bisa mencari homestay untuk menginap.

Agar kunjunganmu maksimal, akan lebih baik kalau membawa kendaraan sendiri. Atau menyewa kendaraan roda empat dari Bandar Lampung atau kota asalmu.

Sehingga selama di Liwa kamu bisa mengunjungi berbagai tempat yang menarik dan indah. Kamu akan kesulitan mendapatkan kendaraan umum di sini.

Recommended

Foto Gambar Acara Sekura Lampung Barat - @habiseptiawan.jk.
(Foto: IG @habiseptiawan.jk.)

Berkunjung ke Liwa dan menyaksikan pesta Sekura adalah sebuah momen unik dan langka. Jarang-jarang bisa menyaksikan bagaimana meriahnya sebuah acara yang sudah berlangsung dari zaman dulu. Dan masih berlanjut hingga zaman modern sekarang.

Baca juga:
* Menengok Keindahan Air Terjun Semantung di Lampung Barat

Menyaksikan Tradisi Sekura ini sangat cocok untuk berbagai kalangan. Kamu bisa mengajak keluarga untuk datang. Atau bersama komunitas fotografi-mu. Akan ada banyak momen menarik yang bisa kamu rekam menjadi foto atau video.

Ada rencana mau menyaksikan Tradisi Pesta Sekura di Lampung Barat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here