Harus Keluar Rumah Saat Wabah? Baca 5 Tips Ekstra Aman Ini

Tips keluar rumah saat wabah - Photo by Steven Lewis on Unsplash
Ada beberapa tips bagus bagi kamu yang harus keluar rumah saat sedang ada wabah. Selain menjaga jarak, apa lagi? (Gambar: Steven Lewis/Unsplash)

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan imbauan ‘physical distancing’ untuk mengurangi dampak penyebaran wabah COVID-19. Presiden Jokowi juga telah memberi imbauan bagi seluruh masyarakat Indonesia maupun warga Negara asing yang menetap di Indonesia untuk melaksanakan aktifitas dari rumah. Belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan termasuk juga ibadah di rumah.

Seluruh warga Indonesia diharapkan mematuhi himbauan tersebut. Namun ada beberapa pekerjaan yang tidak dapat dikerjakan melalui rumah atau yang lebih dikenal WFH (work from home). Selain itu sebagai makhluk hidup juga membutuhkan kebutuhan dasar, seperti makan dan minum. Akhirnya keluar rumah menjadi hal yang terpaksa dilakukan di tengah wabah ini.

Baca juga:
* 10 Ide yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah di Masa Social Distancing

Untuk tetap aman keluar rumah di saat wabah seperti saat ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Kalau benar-benar kita terpaksa keluar rumah, inilah tipsnya.

1. Gunakan masker

Menggunakan masker memang tidak akan berpengaruh apa apa dikarenakan virus COVID-19 menurut WHO sifatnya bukan airbone virus ini tidak menular melalui udara. Namun menggunakan masker difungsikan untuk mengurangi dampak dari sifat aerosol beberapa virus lain yang dapat memacu virus COVID-19 berkembang. Namun penggunaan masker medis saat ini dikurangi untuk masyarakat umum lebih diutamakan bagi para petugas medis.sedangkan bagi masyarakat biasa menggunakan masker kain bisa menjadi alternatif jika keluar rumah.

Menurut asosiasi produsen kesehatan masker kain tidak bisa digunakan untuk alat perlindung utama bagi petugas medis namun masih dapat menjadi alternatif bagi kegiatan diluar rumah.

2. Persiapkan hand sanitizer atau sabun cair

Sifat virus COVID-19 yang dapat menempel (droplet) atau percikan yang keluar melalui batuk,pilek dan berbicara yang akhirnya jatuh dan tertinggal pada permukaan benda ataupun lantai. Maka dari itu jika kita akan keluar rumah menuju tempat umum seperti kantor atau supermarket. Alangkah baiknya menggunakan hand sanitizer jika tempat tersebut sangat sulit menemukan air mengalir. Sabun cair dapat menjadi alternative di tengah harga hand sanitizer yang tinggi. Sabun cair dipergunakan saat melakukan cuci tangan dengan air mengalir. Hal ini dianggap ampuh untuk membunuh virus dan bakteri yang berada di tangan.

3. Jaga jarak 1,5 meter

Menjaga jarak perlu dilakukan karena virus COVID-19 yang bersifat droplet akan mudah menyebar cepat dari satu inang ke inang lainnya jika kita tidak melakukan jaga jarak. Menurut WHO jaga jarak yang dianjurkan 1,5 meter. Dengan bagaimana kita bisa melakukan jaga jarak tersebut bisa dengan melakukan

  • Hindari keramaian

Menghindari keramaian sangat dianjurkan karena saat kondisi ramai untuk membuat jarak 1,5 meter akan terasa sulit. Jadi hindari tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan keramaian.

  • Hindari penggunaan angkutan umum yang penuh

Menggunakan angkutan umum menjadi favorit di kota-kota besar untuk menuju kantor namun ditengah wabah saat ini mengurangi penggunaan angkutan umum dapat dilakukan agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus terutama angkutan umum yang penuh dan buatlah jarak jiga anda terpaksa menggunakan angkutan umum ingat jaraknya 1,5 meter yah.

4. Hindari bersentuhan/salaman

Bersalaman merupakan budaya kita dalam memberi penghormatan kepada seseorang namun ditengah wabah ini lebih baik hindarilah bersalaman bukan karena kita tidak menghormati orang tersebut loh, melainkan untuk memutus rantai penyebaran virus.

5. Cuci badan yang bersih dan menganti baju

Setelah keluar rumah untuk memenuhi kepentingan di luar rumah kita harus bergegas bebersih badan kita dianjurkan mandi yang bersih karena virus ataupun bakteri dapat mati saat badan kita posisi bersih. Lalu ganti baju anda yah jangan digantung atau dipergunakan kembali. Lalu abis itu baru bisa ikut berkumpul dengan keluarga dirumah

Demikian beberapa tips untuk keluar rumah dengan aman ditengah wabah. Tips ini bukan berarti kalian dapat keluar rumah yah. Tips ini diberikan untuk beberapa pekerjaan yang tidak dapat dilakukan secara WFH dan membeli kebutuhan pokok. Bagi keluarga dirumah.

Baca yang ini guys:
* Mau Traveling? Baca Dulu 5 Tips Penting Ini

Sayangilah keluarga anda dan lingkungan anda. Kurangilah ego anda untuk berpergian atau hang out terlebih dahulu. Karena dengan kita bersama-sama memutus rantai penyebaran virus maka virus ini akan cepat mereda dan kita bisa kembali beraktivitas normal.

Tetap semangat dan tetap hati-hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here