Tips Foto Produk Mampu Memikat Pelanggan

Bisnis online memang sudah merajalela di mana-mana. Selain lebih efektif, dan efesien dalam waktu, usaha online bisa kalian mulai dari modal yang tidak terlalu besar. Melalui media sosial semua orang dapat melihat produk yang kamu pasarkan. Maka, sudah seharusnya foto produk harus memikat para pelanggan. Foto produk menjadi hal penting dalam mengikat dan membuat kepercayaan pelanggan bahwa produk yang kamu jual memang berkualitas. Jika memposting foto dengan kualitas gambar tidak jelas, seperti blur atau bahkan dengan angle yang salah, hal ini bisa berdampak pada pemasaran kamu yang dikhawatirkan tidak berjalan dengan baik. Yuk simak tips foto produk mampu memikat pelanggan.

  1. Pastikan Kamera High Resolution
Sumber foto: pinterest/theidentite.co

Tips pertama ini sangat penting. Kamu harus tau berapa resolusi yang bagus untuk menghasilkan foto yang kece. Gunakanlah kamera high resolution agar foto produk mu terlihar jelas. Jika memiliki kamere DSLR kamu bisa menggunakannya, namun jangan khawatir zaman sekarang, sudah banyak smartphone yang memiliki high resolution. Dengan smartphone kamu bisa meghasilkan foto yang memikat.

2. Perhatikan pemilihan latar foto, dan pencahayaan

Sumber foto: pinterest/herzundblut.com

Latar foto atau sering disebut juga background menjadi hal yang kamu perlu perhatikan. Tips memilih background yang menghasilkan foto berkualitas yaitu, menggunakan warna background  berlawanan dengan warna produk mu. Dengan begitu foto produk mu akan lebih terlihat. Tips kedua jika bingung memilih warna background, lebih baik gunakan warna putih, dengan warna putih produk mu akan lebih terlihat detail, dan cerah. Background bisa mengunakan karton, atau kain. Perhatikan juga sumber cahaya, kamu bisa gunakan sinar matahari. Carilah cahaya matahri yang menembus ruangan mu, atau jika tidak memungkinkan kamu gunakan lampu belajar atau bahkan lampu sorot sehingga lebih praktis. Tergantung seberapa ukuran produk mu.  

  • Pengambilan Foto  & Produk Foto

Pengambilan foto atau sering kalian dengar dengan sebutan angle foto, merupakan cara kalian dalam mengambil foto produk dari sudut tertentu. Angle poto sanagat berkaitan dengan produk yang ingin kalian foto.  Jika produk makanan atau peralatan lainny, kamu tidak membutuh kan model, tipsnya yaitu dengan memotret menggunakan angle kamera dari atas. Angle kamera dari atas, dan tidak mengambil foto terlalu jauh, mampu membuat foto produk makanan kamu terlihat lebih detail.  Namun jika produkmu pakaian alangkah baiknya jika kamu gunakan model. Jika tidak memungkinkan kamu bisa menggantung pakaian dengan gantungan pakaian dan ambillah foto secara detail, dari atas sampai bawah pakaian. Selain itu jangan memotret produk berlawanan dengan cahaya atau backlight, karena foto bisa tidak terlihat, dan gelap.

3. Aksesoris Pelengkap Foto

Sumber foto: pinterest/themerrythought.com

Selain produk utama yang kamu foto, perhatikan aksesoris pendukung foto mu. Agar foto terlihat cantik. Misal  kamu berjualan produk kosmetik bisa kamu letakan akseoris brush, cermin ataupun tanaman/bunga yang cantik di dekat produk kecantikan yang kamu foto. Jika kamu menjual produk makanan bisa menggunakan tamplak meja denga motif yang unik, dan peralatan makan. Yang perlu diingat aksesoris perlengkapan foto harus sesuai dengan temanya. Jika kamu menjual produk makanan bisa menggunakan tema piknik maka sesuaikan lah perlatan piknik. Hasil foto mu akan terlihat memiliki nilai estetik dan makna yang mendalam, sehingga pelanggan akan terpikat dengan hasil fotomu dan terarik untuk melihat lebih detail apa yang kamu jual.

  • Edit foto

Finishing dari sebuah pemotretan, adalah editing. Gunakan aplikasi edit foto seperti adope photoshop, yang perlu di perhatikan dalam mengedit foto, jangan edit foto mu terlalu berlebihan. Jika berlebihan foto mu tidak akan terlihat natural dan nyata. Maka editlah sesuai yang dibutuhkan, misalnya kontras atau sedikit di pertajam fotonya agar terlihat detail.

Itu lah tips yang bisa kamu coba dalam memotret produk dagangan usaha online mu. Kerena pemasaran merupakan hal terpenting, sebagai tahap awal kamu memikat pelanggan agar melihat produk di media sosial yang kamu gunakan dalam berbisnis.

Penulis: Gita Fitria Halim. Universitas Pembagunan Nasional Veteran Jakarta, Program Internship Genpinas. Kelompok 11 Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here