5 Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara

Advertisement

Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara berada dibelahan Timur Indonesia. Merupakan salah satu kabupaten di provinsi Maluku Utara, Indonesia. Ibu kotanya adalah Tobelo. Nah, kali ini akan kita bahas tempat wisata di Tobelo. Simak terus ya.

Potensi pariwisata Halmahera Utara begitu besar. Bisa menjadi tujuan wisata baru yang tidak kalah menariknya dibanding daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia.

Banyak pantai di Halmahera Utara (Halut) yang berpasir putih dengan gradasi warna laut yang menawan. Juga memiliki banyak pulau dan taman laut yang indah dengan beragam biota laut.

Baca juga:
* Ayo Berpetualang ke Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Daftar Tempat Wisata di Halmahera Utara

Tempat Wisata di Tobelo

Berikut ini adalah tempat wisata di Tobelo Halmehera Utara yang dikirimkan oleh Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Halmahera Utara. Memang tidak lengkap, namun sudah bisa menjadi alasan untukmu agar berkunjung ke Halut.

Akan terus diperbaharui supaya bisa bermanfaat bagi pariwisata Halut.

1. Pantai Luari

Pantai Luari - tempat wisata di Tobelo Halmahera Utara - @ratnaabubakar52
Pantai Luari, salah satu tempat wisata di Tobelo Halmahera Utara. (Foto: IG @ratnaabubakar52)

Pantai ini punya teluk yang memikat dan Instagramable. Air lautnya yang bening begitu memanjakan mata wisatawan yang berkunjung.

Selain itu, airnya yang tenang, menbuat nyaman bagi yang berenang. Selain berenang, aktivitas yang cocok dilakukan ketika berada di pantai ini adalah; snorkeling, berperahu, menikmati sunrise dan sunset yang indah.

Sekedar informasi, bahwa untuk melakukan snorkeling anda harus menuju bagian ujung paling utara pantai ini. Di situ anda akan temukan banyak bunga karang yang masih terjaga dengan baik.

Dari tanjung ini, kita bisa melihat dan menikmati suasana sunset yang memikat.

Sesuai dengan namanya, Lokasi Pantai terletak di Desa Luari, Kecamatan Tobelo Utara. Berjarak sekitar 11 kilometer arah utara Kota Tobelo.

Apabila anda ingin berkunjung kesini, banyak angkutan umum yang bisa digunakan untuk sampai ke pantai ini. Antara lain; mikrolet/angkot dengan tujuan Galela. Angkot tersebut sering mangkal di pertigaan Jalan Kemakmuran-Karianga, Kota Tobelo.

Setelah sampai di Ds. Luari, tanyakanlah kepada masyarakatnya, dimana letak pantai luari. Masyarakatnya ramah terhadap tamu. Anda akan dipandu menuju pantai.

2. Pantai Pasir Panjang Ruko

Pantai Pasir Panjang Ruko - tempat wisata di Tobelo - @bellaklavert
Pantai Pasir Panjang Ruko. (Foto: IG @bellaklavert)

Pantai ini punya keunggulan tersendiri untuk dijadikan tujuan liburan kalian. Pasir putih yang indah mampu menggoda setiap mata yang datang kepadanya.

Pantai pasir putih ini, memiliki panjang pasir kurang lebih 1 kilo meter. Lokasi pantai ini terletak di Desa Ruko, Kec. Tobelo Utara.

Transportasi umum dari Kota Tobelo, sudah bisa mencapai pantai ini.

3. Pulau Meti

Pulau Meti - tempat wisata di Halmahera Utara - @bellaklavert
Pulau Meti, tempat wisata di Halmahera Utara yang memesona. (Foto: IG @bellaklavert)

Berada di bagian Timur Kota Tobelo, tepatnya di depan bibir pantai Desa Mawea, Tobelo Timur, Halmahera Utara.

Pulau Meti memiliki bentangan alam memesona, seolah surga tersembunyi yang menampakkan diri di pesisir utara Maluku Utara.

Pantainya sangat cantik, dengan hiasan terumbu karang yang masih alami dan terjaga. Siapa menyangka kalau di saat Perang Dunia II pulau ini sempat dijadikan oleh Jepang untuk membangun kekuatan militer melawan sekutu.

Bahkan kamu bisa melihat berbagai artefak sisa peninggalan Jepang di Pulau Meti. Kalau kamu menyelam di sekitar pulau, bisa melihat pesawat tempur yang terkubur di dasar laut.

Akses menuju pulau ini, sangat mudah. Turunlah di Kota Tobelo, kemudian carilah angkutan umum dengan rute Desa Mawea. Begitu sampai di Mawea, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu bermesin yang bisa disewa.

4. Pantai Pitu

Pantai Pitu - tempat wisata di Halmahera Utara - @jemsthoms
Pantai Pitu, spot foto di Halmahera Utara. (Foto: IG @jemsthoms)

Dengan panjang garis pantai sekitar 530 meter, Pantai Pitu memiliki dasar laut yang dangkal. Disaat air laut surut, maka lebar pantai bisa mencapai sekitar 50an meter.

Para wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini biasanya memanfaatkan luas pantai ini untuk berolahraga pantai seperti bermain sepakbola atau volly. Di depan Pantai Pitu terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang dapat anda jelajahi.

Arus laut di pantai Pitu sangat tenang, sehingga aman untuk semua kalangan.

5. Pantai Kupa-Kupa

Pantai Kupa-Kupa - tempat wisata di Halmahera Utara - @alanydady
Pantai Kupa-Kupa. (Foto: IG @alanydady)

Pantai ini memiliki kekhasan yang begitu alami jika dibandingkan dengan obyek wisata pantai lainnya. Arus lautnya tenang, banyak pepohonan yang tumbuh rimbun dan tertata di bibir pantai. Menjadikan suasana pantai ini begitu nyaman, rindang dan indah.

Selain arusnya yang tenang dan pepohonan beringin yang lebat, kamu bisa menikmati pemandangan alam berupa pegunungan yang menjulang tinggi. Begitu menyenangan dan menenangkan mata dan perasaan para pengunjung saat berada di Pantai Kupa-Kupa.

Sangat asyik menikmati hangatnya sinar matahari di tengah ketenangan pantai ini. Kebanyakan pengunjung biasanya duduk-duduk dan berjemur di dekat pohon beringin. Sehingga mendapatkan kesejukan angin sepoi-sepoi dari balik pohon, selain hangatnya sinar matahari.

Benar-benar suasana santai yang bisa membius dan membuat betah berlama-lama. Banyak wisatawan yang berjemur hingga tertidur disini, karena saking enaknya suasana di Kupa-Kupa.

Indahnya pemandangan bawah laut juga banyak diincar para wisatawan. Banyak yang menceburkan diri dan snorkeling di sekitar pantai dengan air laut yang bening dan berarus tenang ini.

Baca juga:
* 7 Tempat Wisata di Nias Utara Ini Keren Banget!

Demikianlah beberapa tempat wisata di Halmahera Utara, khususnya di sekitar Kota Tobelo, yang bisa kamu datangi sendiri atau bersama kawan dan keluarga.

Selamat berlibur.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here