7 Tempat Wisata di Nias Utara Ini Keren Banget!

Kabupaten Nias Utara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, yang berada di Pulau Nias. Banyak tempat wisata indah di daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Nias ini.

Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai macam tempat wisata di Nias Utara. Yang terdiri dari pantai, pulau, terumbu karang yang indah, ombak untuk peselancar, air terjun, danau, dan lainnya.

Baca juga:
* The Kaldera Toba Nomadic Escape: 5 Hal Ini Bikin Jokowi Terpesona

Daftar Tempat Wisata di Nias Utara

Salah satu tempat wisata di Nias Utara yang unik adalah Danau Megötö, satu-satunya danau yang ada di Pulau Nias. Juga ada Pantai pasir berbisik (Gawu Sifakiki), air terjun Luaha Ndroi.

Juga ada Pantai Tureloto, Pantai Lafau, Pantai Pasir Merah, Pantai Walo, Wisata Manggrove Teluk bengkuang, Walo Afulu, Pulau Makora, Pulau Wunga, Pulau Panjang, Pulau Lafau, dan lainnya.

1. Pantai Tureloto

Pantai Tureloto - @discovernias
Pantai Tureloto, (Foto: IG @discovernias)

Pantai Tureloto memiliki hamparan pasir putih yang indah. Asyiknya disini, kamu bisa berendang dan snorkeling di beberapa spot. Gelombang laut dan ombaknya cukup tenang, sehingga kamu bisa berenang dan melihat-lihat berbagai biota laut yang ada.

Keunikan dan daya tarik Pantai Tureloto adalah kita bisa berenang mengapung tanpa takut tenggelam. Kandungan garamnya tinggi, mirip Laut Mati di Yordania.

Pantai Tureloto berada di Fadoro Sitolu Hili, Lahewa, Nias Utara.

2. Pantai Pasir Merah Gawu Soyo

Pantai Pasir Merah Gawu Soyo - Pariwisatasumut.net
Pantai Pasir Merah Gawu Soyo. (Foto: Pariwisatasumut.net)

Pantai Gawu Soyo memiliki daya tarik berupa pasirnya yang bewarna kemerahan. Terlihat kontras dengan warna biru laut. Hamparan pasirnya luas dengan pepohonan yang masih rimbun Pantai ini adalah salah satu spot surfing yang ada di Pulau Nias.

Pantai Pasir Merah Gawu Soyo berada di Harewakhe, Afulu, Nias Utara.

3. Pantai Toyolawa

Pantai Toyolawa - nortniastourism.com
Pantai Toyolawa. (Foto: nortniastourism.com)

Pantai Toyolawa berada di paling ujung Barat Laut Pulau Nias. Yang menarik di Pantai Toyolawa selain pasirnya yang juga bewarna kemerahan adalah adanya mercusuar.

Mercuar di Pantai Toyolawa menjadi ikon tempat ini. Dan menjadi salah satu spot foto yang cantik.

4. Pantai Sifahandro

Pantai Sifahandro - tempat wisata di Nias Utara - @agathayunitaws
Pantai Sifahandro, tempat wisata di Nias Utara yang menawan. (Foto: IG @agathayunitaws)

Pantai Sifahandro dikenal juga dengan sebutan Pantai Pasir Berbisik Nias. Saat kamu berjalan di pasir pantainya, akan terdengar suara angin yang seolah berbisik-bisik.

Pantai Sifahandro berada di Desa Sifahandro, Sawo, Nias Utara.

5. Pulau Wunga

Pulau Wunga - tempat wisata di Nias Utara - pariwisatasumut.net
Pulau Wunga, tempat wisata di Nias Utara yang indah, tenang, menawan. (Foto: pariwisatasumut.net)

Pulau Wunga berada di bagian Barat Pulau Nias dan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Namun demikian ternyata ada bagian lautnya yang tenang, yaitu di bagian Barat pulau. Sehingga wisatawan bisa berenang dan snorkeling di beberapa spot.

Pulau Wunga berjarak sekitar 7,5 mil laut di sebelah barat dari pulau Nias dan termasuk pulau terluar Indonesia. Pulau Wunga juga dikenal sebagai Pusat Pembibitan Budidaya Rumput Laut di Kepulauan Nias.

Hanya dihuni beberapa keluarga saja, sehingga menjadikan pulau ini sepi dan cocok bagi kamu yang mencari ketenangan. Bermain atau berjalan di pantainya yang berpasir putih, duduk-duduk, berendam di laut, dan snorkeling disini, berasa seperti berada di pulau pribadi.

6. Pulau Panjang

Pulau Panjang Nias Utara - pariwisatasumut.net
Pulau Panjang Nias Utara. (Foto: pariwisatasumut.net)

Kalau ditanya pulau yang harus dikunjungi di Nias Utara, salah satu jawabannya adalah Pulau Panjang. View di darat dan view bawah lautnya begitu memesona.

Kamu akan terpesona dengan pemandangan underwaternya. Berbagai jenis ikan dan terumbu karang bisa kamu temui disini. Pepohonan disekitar pantainya rindang, menambah keindahan pantainya yang berpasir putih dan gradasi warna air laut yang menawan.

Hidden Paradise ini berada di Kelurahan Pasar Lahewa, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara.

7. Air Terjun Luaha Ndroi

Air Terjun Luaha Ndroi - Tempat Wisata di Nias Utara
Air Terjun Luaha Ndroi – Tempat Wisata di Nias Utara (Foto: IG @mtma_sumut)

Air Terjun Luaha Ndroi menawarkan keindahan tersendiri yang unik bagi yang senang berwisata sambil berpetualang. Air terjunnya memiliki beberapa tingkatan, ketinggiannya mencapai sekitar 17an meter.

Aliran airnya begitu jernih dan terasa menyegarkan. Kamu bisa berendam dan berenang disini. Kedalaman airnya ada yang mencapai 5 meter. Kalau tidak terlalu pandai berenang baiknya berendam di tepiannya saja.

Air Terjun Luaha Ndroi ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang suka traveling dan mencari suasana ketenangan ditengah alam yang masih alami dan segar.

Air Terjun Luaha Ndroi berada di Desa Fulolo, Kecamatan Alasa, Nias Utara.

Dari Gunung Sitoli membutuhkan waktu sekitar 2 jam berkendara.

Danau Megötö

Danau seluas 250.000 m2 ini berada di Desa Ononamolo Tumula, Kecamatan Alasa, Kabupaten Nias Utara. Memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam dari ibukota Nias Utara, Lotu.

Untuk mencapainya kamu harus berjalan kaki sejauh 2,5 kilometer dari lokasi terakhir kendaraan bisa lewat.

Menurut cerita masyarakat sekitar, dulunya di lokasi danau ada sebuah kampung yang kemudian tenggelam di masa lampau. Seluruh penduduknya meninggal sehingga tidak menyisakan keturunan.

Banyak cerita mistis yang beredar di masyarakat. Dikatakan dulunya setiap tahun selalu saja ada cerita aneh dari sekitar danau. Seperti adanya suara ayam berkokok, suara orang menumbuk padi, kulit-kulit jerami yang muncul ke permukaan danau dan berbagai peristiwa mistis lainnya.

Ayo Ke Nias Utara

Demikianlah beberapa tempat wisata di Nias Utara yang sangat indah dan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Baca juga ya:
* Liburan ke 5 Tempat Wisata di Natuna, Indah dan Mengesankan!

Masih banyak daya tarik lain yang dimiliki oleh Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Ayo berwisata ke Nias Utara di Kepulauan Nias.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here