7 Tempat Wisata di Lingga, Bunda Tanah Melayu yang Indah

Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari lima kabupaten dan dua kota yang mana masing-masing wilayah memiliki potensi yang sangat besar khususnya dalam bidang wisata bahari. Di samping kota Batam dan Tanjungpinang serta kabupaten Bintan, Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna, daerah lain yang ada di provinsi ini juga menyimpan banyak keindahan alam yang layak untuk dikunjungi.

Di artikel kali ini kami akan membahas potensi wisata Lingga, tempat wisata di Lingga, dan paket tur wisata Lingga yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Kamu bisa melihat-lihat Pulau Berhala, Pulau Dungun, Air Terjun Resun, Benteng Bukit Cening, Replika Istana Damnah, Masjid Jami’ Sultan Lingga, dan Museum Linggam Cahaya.

Baca juga:
* Liburan ke 5 Tempat Wisata di Natuna, Indah dan Mengesankan!

Kabupaten Lingga

Kabupaten Lingga misalnya yang juga dikenal sebagai bunda tanah melayu, Kabupaten Lingga sebagai Bunda Tanah Melayu tentu bukannya tanpa sebab. Kabupaten Lingga dahulu merupakan sebuah Kerajaan Melayu yang berpusat di Kota Daik. Daik Lingga adalah Pusat Pemerintahan Kebesaran Kesultanan Lingga pada tahun 1878 hingga 1900. Kebesarannya inilah yang membuat kita masih bisa melihat kejayaan peradaban Lingga hingga detik ini.

Potensi Wisata Kabupaten Lingga

Ada berbagai situs cagar budaya yang tersebar di hampir seluruh perairan Daik, Dabo Singkep dan Senayang. Lingga sebagai salah satu pusat budaya Melayu juga tercermin dalam bahasa, adat-istiadat dan sikap-sikap kemelayuan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kabupaten Lingga.

Terdapat ratusan situs sejarah di Lingga yang bernilai bagi pengembangan wisata. Diantaranya ratusan situs tersebut, sudah ada 10 situs yang tercatat di Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BPPP). Tentu saja Ini memiliki dampak yang sangat baik, karena situs tersebut dilindungi undang-undang melalui Keputusan Menteri No. km.14/PW.007/MKP/2004

Tak hanya wisata sejarah, Kabupaten Lingga juga memiliki potensi wisata alam yang penuh pesona mulai dari pantai, pegunungan hingga air terjun. Ada Gunung Daik, Pemandian Tengku Ampuan Zahara, Air Terjun Resun di Lingga Utara, Batu Belah Daik, lalu juga Air Terjun Tanda di Daik.

Potensi wisata bahari yang dimiliki Lingga juga sangatlah besar. Ada 604 gugusan pulau yang tersebar di Kabupaten Lingga.

Daya tarik Pulau Benan, Pulau Benaah, Pantai Dungun, Pulau Dayung, dan Pulau Berhala. Terdapat potensi dan pemandangan bawah laut nan menawan di seluruh pulau tersebut.

Daftar Tempat Wisata di Lingga

Jika ingin berwisata di Kabupaten Lingga mengenal lebih dekat Kabupaten yang dikenal Bunda Tanah Melayu ini saat ini telah tersedia paket wisata yang akan membawa anda ke beberapa destinasi unggulan di lingga sebagai berikut

1. Pantai Dungun

Pantai Dungun - wisata Lingga - @naldymanullang
Pantai Dungun. (Foto: IG @naldymanullang)

Sama seperti kabupaten tetangganya, Lingga dianugerahi banyak pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Dungun di Kecamatan Lingga Utara.

Kalau kemari, kamu akan terpesona dengan pasirnya yang putih dan lembut. Juga hamparan bebatuan di sepanjang pantainya.

Asyik juga duduk-duduk santai di Pantai Dungun ini. Atau berfoto-foto di berbagai spot alaminya.

2. Pulau Berhala

Pulau Berhala - linggakab.go.id
Pulau Berhala. (Foto: linggakab.go.id)

Kalau berwisata ke Lingga, jangan sampai melewatkan Pulau Berhala. Keunikan Pulau Berhala adalah pantainya yang sangat indah dengan bebatuan granit besar seperti di Belitung.

Bagi pecinta snorkeling, Pulau Berhala sangat cocok didatangi, karena alam bawah lautnya masih terjaga alami dan indah.

Bagi yang hanya sekadar datang, kamu sudah sangat terhibur dengan keindahan pantai dan gradasi warna laut dari hijau muda sampai biru tua.

3. Air Terjun Resun

Air Terjun Resun - tempat wisata di Lingga - kepulauan riau @andrimediansyah
Air Terjun Resun, tempat wisata di Lingga, yang menyejukkan mata. (Foto: IG @andrimediansyah)

Air Terjun Resun telah menjadi tempat wisata di Lingga yang cukup baik. Terdapat kolam pemandian dibawah jatuhan air terjunnya yang dikelilingi oleh rindangnya pepohonan. Air yang mengalir di air terjun ini berasal dari sumber air yang memiliki kualitas bersih dan jernih.

Untuk menuju Air Terjun Resun, kamu bisa berkendara motor dengan waktu tempuh sekitar 20-25 menit dari Daik, ibukota kabupaten Lingga.

4. Benteng Bukit Cening

Benteng Bukit Cening - @dewantodewa
Benteng Bukit Cening. (Foto: IG @dewantodewa)

Saat berada di Lingga, sempatkanlah mampir di Benteng Bukit Cening. Kamu bisa melihat setidaknya 19 meriam di situs Benteng Bukit Cening. Lokasinya berada di Daik yang terletak di Bukit Cening, Kampung Seranggung.

Benteng Bukit Cening dibangun di masa pemerintahan Sultan Mamud Syah III di tahun 1761-1812.

Selain benteng, di Daik kamu juga bisa melihat komplek makam Bukit Cengkeh Daik, situs Istana Kota Baru, serta Rumah Jeal bekas peninggalan zaman Belanda pada tahun 1936.

5. Replika Istana Damnah

Replika Istana Damnah - tempat wisata di lingga - kepri - @pramanavtra
Replika Istana Damnah. (Foto: IG @pramanavtra)

Tempat wisata berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Istana Damnah yang merupakan salah satu objek wisata terkenal di Kepulauan Riau yang sarat mengandung nilai sejarah.

Istana ini tepatnya berada di dalam hutan belantara yang ada di kampung Damnah, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Istana ini dibangun oleh Raja Muhammad Yusul Al‚ÄďAhmadi, Yang Dipertuan Muda Riau X pada periode 1857 sampai dengan 1899 M. Istana ini tepatnya didirikan pada tahun 1860 M, diperuntukkan sebagai kediaman Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah II yang sebelumnya tinggal di Istana Kota Baru.

6. Museum Linggam Cahaya

Museum Linggam Cahaya - kebudayaan.kemdikbud.go.id
Museum Linggam Cahaya. (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Museum Linggam Cahaya merupakan salah satu museum di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau yang didirikan pada tahun 2002. Pendirian museum ini dilatarbelakangi oleh keinginan pemerintah daerah Kabupaten Lingga untuk mengamankan dan melestarikan benda-benda bersejarah yang ada di Kabupaten Lingga.

7. Masjid Jami’ Sultan

Yang ini jangan terlewat juga. Masjid Jami Sultan Lingga yang berada di Desa Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Merupakan peninggalan Kesultanan Melayu Riau-Lingga, Masjid ini dibangun pada tahun 1800-an di bawah pemerintahan Sultan Mahmud Syah III.

8. Pulau Benan

Pulau Benan - @bukananda @amazingkepri
Pulau Benan. (Foto: IG @bukananda via @amazingkepri)

Dijuluki sebagai berandanya Kabupaten Lingga, pulau ini merupakan pulau terluarnya Lingga. Bagi kamu yang suka dengan suasana alami dan sepi, sangat cocok untuk mendatanginya.

Di Pulau Benan kamu bisa duduk-duduk di pantainya dengan air laut yang tenang, snorkeling, kayaking, atau diving. Tanyakan tour operator langgananmu mengenai trip ke Pulau Benan ini.

Paket Wisata Lingga

Asyiknya traveling di Kabupaten Lingga adalah, kamu dapat menikmati keindahan alam sekaligus mengenal sejarah Lingga.

Kalau tidak mau repot, kamu bisa memilih satu dari beragam paket tour wisata Lingga. Salah satu travel agent yang menawarkan paket wisata Lingga adalah kepri.travel yang bebasis di Batam.

Kepri.travel menawarkan paket wisata Lingga 3 Hari 2 Malam (3D2N), dengan harga paket tour yang ditawarkan sudah termasuk (include) penginapan hotel, transportasi selama tour, makan, dokumentasi, tour guide dan ferry Batam – Lingga (pulang-pergi).

Baca juga:
* Liburan Seru ke 5 Tempat Wisata di Anambas

Kontak
Instagram : @Kepri.travel
Call/WA : +62 812 7500 6080
Email : royvandi@pesonakepri.id

Ayo liburan ke Lingga, menengok beragam tempat wisata di Lingga yang menawan indah dan memiliki nilai sejarah.

Selamat berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here