Teknik Dasar Fotografi

Advertisement
Teknik dasar fotografi - yopiefranz.id - BMU
Apakah teknik dasar fotografi itu sulit, atau mudah? (Foto: BMU/yopiefranz.id)

Teknik Dasar Fotografi – Buat kalian yang pernah ke kondangan, atau seorang jurnalis pasti pernah lihat orang lagi foto pakai kamera DSLR dan mengambil gambar. Meskipun kalau kita memperhatikan kerja seorang fotografer tampak seperti datang, memotret lalu pergi.

Tidak semudah itu “ferguso”, malahan kerja di lapangan hanya sepersekian dari kerja total yang dilakukan fotografer. Karena seorang fotografer ini justru memerlukan persiapan yang matang untuk mengambil gambar.

Suatu hal yang perlu dipersiapkan oleh fotografer yang paling mendasar yakni kemampuan teknis. Karena untuk menjadi fotografer tidak bisa dipelajari dalam waktu singkat. Butuh pengalaman dan waktu beberapa hari sampai bulan untuk menguasai dasar dari fotografi.

Baca juga:
* Menilik Fungsi Variabel Triangle Exposure Pada Fotografi

Perlu juga mengenal alat yang dipakai. Bahkan untuk memahami sebuah lensa non autofocus, harus terbiasa dan mampu menselaraskan dengan objek dalam memutar gelang fokus.

Berbicara mengenai sebuah lensa, ada yang memutar searah jarum jam untuk mendapatkan fokus yang tak terhingga, namun ada yang sebaliknya. Selain lensa kamera, ada pula flash atau Lampu kilat juga memiliki jenis yang berbeda. Bahkan sebuah flash meskipun dari dua jenis dengan merek yang sama, terkadang sering punya aturan penyetelan yang berbeda.

Secara simpelnya nih seorang fotografer harus sangat kenal dengan benda-benda yang akan dipakainya. Dan ada satu hal yang tidak kalah pentingnya, dan harus diingat oleh fotografer adalah kerja. Dikarenakan seorang fotografer tidak kenal waktu dalam bekerja.

Peristiwa yang bagus sering datang kapanpun, dan momen terkadang tidak bisa terulang kayak mantan heuheu. Oleh karena itu, semua peralatan fotografer juga harus dalam keadaan siap dan bisa digunakan dengan baik.

Dengan kondisi peralatan yang baik ini bisa dicapai jika seorang jurnalis foto mampu mendisiplinkan diri untuk mengembalikan segala sesuatu pada tempatnya dan pada kondisi terbaiknya.

Bagi seorang fotografer atau bahkan jurnalis foto, akan sangat berguna untuk datang awal sebelum waktu pemotretan atau peristiwa. Karena hal seperti ini akan sangat beguna untuk berjaga-jaga jika nanti ada sesuatu kekurangan alat yang dibawanya. Juga untuk mengetahui segi liputannya.

Oleh karena itu kalimat yang layak untuk disandarkan yakni “Fotografer datang paling awal dan pulang paling akhir”, adalah kalimat yang harus diterapkan kapanpun.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai dasar apa saja yang perlu dipelajari seorang fotografer. Mari kita simak.

Teknik Dasar Fotografi

Teknik apa saja yang harus kamu pelajari kalau ingin mendalami dunia fotografi?

1. Composition/Angle (sudut pandang)

Dalam pengambilan gambar yang menarik dibutuhkan keberanian untuk meletakkan obyek foto tidak selalu ditengah frame kamera.

Sering kita jumpai bagi para pemula sering terpaku dengan teori-teori yang pernah diketahui. Sebenarnya obyek yang kita ambil enggak melulu harus ditengah kok. Bahkan meletakan obyek di bagian pojok frame juga akan menarik asal dapat menyatu dengan elemen yang ada disekitar objek.

Bagi fotografer memang mereka selalu mempunyai cara yang berbeda dalam mengambil kondisi/angle, itu semua tergantung dari sense of art dan sering hangout, eh banyak memotret maksudnya.

2.Depth of Field (ketajaman)

Selain sudut pandang, seorang fotografer juga perlu menemukan ketajaman objek yang akan diambil. Seorang fotografer dalam mengambil objek tersebut dibuat fokus semuanya atau hanya objek utama yang fokus sedangkan objek yang lainnya tidak.

3. Exposure (pencahayaan)

Kemudian berbicara mengenai pencahayaan, hasil dari sebuah foto terkadang sangat ditentukan oleh pencahayaan yang ada. Sebuah Foto yang enak di pandang “kecuali mantan” yakni foto dengan pencahayaan yang pas, tidak under dan over exposure.

4. Focus (fokus)

Sebuah gambar yang dihasilkan oleh fotografer terkadang ada sedikit blur dan mengganggu hasil sebuah foto. Dalam hal ini fotografer harus terbiasa mengambil foto dalam keadaan under pressure agar matanya terlatih dalam melihat objek secara jernih.

Untungnya sekarang fitur dari kamera dan lensa sudah dilengkapi dengan fitur AF (Auto Focus) yang dapat membantu fotografer.

Baca juga:
* Mengenal Director Of Photograpy

Bagaimana menurutmu teknik dasar fotografi, mudah atau sulit? Yakin lah, dengan banyak praktek, semua teknik dasar ini akan semakin matang kamu kuasai. Selamat mencoba.

Ditulis Oleh Aunur Rahman. Mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Program Magang Internship Genpinas 2020.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here