Suka yang Unik? Cobain Teh Beras Merah di Jatiluwih Bali

Teh beras merah, Jatiluwih – Wisata Bali ini memang lengkap, namanya juga destinasi wisata dunia. Banyak wisatawan mancanegara datang untuk melihat dan merasakan suasana yang tidak ada di negara asal mereka. Seperti pantai, gunung, desa adat, sawah berundak, dan lainnya.

Bahkan, teh beras merah bisa menjadi daya tarik sendiri bagi yang belum pernah mencobanya. Coba saja datang ke obyek wisata Jatiluwih di Kabupaten Tabanan Bali, minuman ini menjadi favorit disini.

Baca juga:
* Nikmatnya Kopi Flores Bajawa Bius Wisman Rusia

Menjadi Minuman Khas Jatiluwih

Teh Beras Merah Jatiluwih Tabanan Bali
Menjadi minuman favorit di kalangan warga Jatiluwih dan wisatawan. (Foto: Divianta)

Sangat mudah untuk mendapatkan minuman ini, karena hampir sebagian besar warung di desa wisata Jatiluwih menyajikannya. Dan asyiknya lagi, kamu bisa menikmati citarasa khas beras merah sambil menikmati indahnya pemandangan disekitar.

Manager Operasional Jatiluwih I Nengah Sutirtayasa menerangkan, cara membuat teh beras ini sangat mudah. Pertama-tama sangrai butiran beras merah sampai kamu mencium aroma harum. Setelah tercium aroma harum, kamu bisa langsung menyeduhnya dengan air panas. Dan jadilah teh berasmerah.

Sejarah Teh Beras Merah

I Nengah Sutirtayasa juga menceritakan sejarah terciptanya teh beras merah. Berawal dari beras merah hancur yang tidak laku untuk dijual.

Daripada mubazir begitu saja, warga kemudian mencoba memanfaatkannya untuk dijadikan minuman. Dan ternyata rasanya bisa diterima warga dan bahkan wisatawan yang berkunjung.

Khasiat Teh Beras Merah

Khasiat Teh Beras Merah
Selain minum di tempat, kita juga bisa membelinya untuk oleh-oleh. (Foto: Divianta)

Saat genpi.id menerima artikel ini, penasaran juga apakah jenis teh ini memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Dan ternyata ada beberapa sumber yang membahasnya.

Mengutip dari manfaat.co.id, inilah beberapa khasiat Teh Beras Merah:

  • Menurunkan Berat Badan
  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh
  • Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
  • Mengatasi Batu Ginjal
  • Sumber Antioksidan Tinggi
  • Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Bagi kamu yang ingin mencoba karena khasiatnya ini, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter yang kamu percaya.

Obyek Wisata Jatiluwih

Obyek wisata Jatiluwih yang berstatus warisan budaya dunia dari UNESCO ini juga memiliki berbagai atraksi wisata yang menarik.

Kamu bisa menikmati keindahan sawah-sawah berundak (terasering) dan matekap, sebuah aktivitas membajak sawah oleh para petani.

Baca juga:
* Es Pisang Ijo Makassar yang Istimewa, Ini Cara Membuatnya

Di Tabanan banyak terdapat persawahan. Oleh karenanya Kabupaten ini menjadi lumbung berasnya Bali. Dan Jatiluwih menjadi salah satu penyumbang beras Tabanan. Uniknya Jatiluwih ini terkenal sebagai penghasil beras merah.

Bagaimana? Tertarik jalan-jalan ke Jatiluwih di Tabanan Bali dan mencoba teh beras merah?

Yuk kita liburan.

Kontributor: Dewi Divianta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here