11 Foto Cantik Tebing Pantai Apparalang di Bulukumba

Pantai Apparalang sangat layak untuk dikunjungi. Rasa lelah karena jauh dan lama perjalanan, akan setimpal dengan panorama alam yang menakjubkan.

Pantai tebing Appalarang Bulukumba - @ardylastt
Pantai Tebing Appalarang di Bulukumba yang begitu memesona. Indah dilihat dan menenangkan hati serta pikiran. (Foto: Instagram @ardylastt)

Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan memiliki banyak pantai indah, salah satunya adalah Pantai Apparallang. Dan yang sedang hits saat ini adalah Tebing Apparalang yang memanjakan pengunjung dengan pemandangan tebing pantai yang indah. Ada dimana tebing Apparalang? Rute dan tiket masuk?

Tebing Pantai Apparalang menawarkan pemandangan indah panorama pantai dan tebinng curam. Dipadu dengan warna dan jernihnya air laut. Terbilang wisata baru, namun pesonanya menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan dan traveler penyuka pantai.

Baca juga:
* 10 Foto Coban Pelangi di Kabupaten Malang, Sejuk dan Segar!

Lokasi Tebing Apparalang

Lokasi Pantai Tebing Appalarang Bulukumba - @ariangky
Lokasinya di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. (Foto: IG @ariangky)

Tebing Apparalang berada di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 36 kilometer dari ibukota Kabupaten Bulukumba. Atau sekitar 190 kilometer, sekitar 5 jam perjalanan, dari Pusat Kota Makassar.

Buka di Google Map: Tebing Apparalang

Rute Menuju Tebing Apparalang

Rute ke Pantai Appalarang Bulukumba - @taufiqrahman92
(Foto: IG @taufiqrahman92)

Untuk menuju Tebing Apparalang dari Kota Makassar, arahkan kendaraan menuju pusat pemerintahan Kabupaten Bulukumba. Dari Kota Bulukumba ikuti Jalan Poros Bira Bulukumba ke arah Tanah Lemo.

Sekitar 26 kilometer dari Kantor Bupati Bulukumba, di Tanah Lemo, belok ke kiri ke jalan yang lebih kecil. Ikuti jalan sampai jalan mentok di pertigaan, belok ke kanan.

Sekitar 1 kilometer perhatikan sebelah kiri, ada gerbang dengan tulisan ‘Apparalang’. Dari gerbang tersebut ke Pantai Apparalang berjarak sekitar 2,5 kilometer. Jalannya sangat kecil, perlu berhati-hati kalau berpapasan dengan mobil dari arah depan.

Jangan kawatir soal lahan parkir. Tersedia lahan luas untuk parkiran. Ada beberapa warung yang menjual souvenir dan makanan serta minuman.

Sekitar 200 meter kamu akan melihat pemandangan menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Apparalang

Tiket Masuk: Rp. 5.000
Mobil: Rp. 20.000

Arti Apparalang

arti appalarang - ujung yang curamchaa033
Arti Appalarang, ujung yang curam. (Foto: IG @chaa033)

Apparalang berasal dari Bahasa Konjo Pesisir yang dituturkan Suku Konjo Pesisir di Sulawesi Selatan. Appa artinya ujung dan Ralang berarti dalam atau curam. Apparalang berarti ujung yang curam.

Disini kita akan meniti tebing tersebut. Menikmati bentukan alam yang luar biasa indah. Kombinasi deretan dinding tebing dan gradasi warna biru air laut.

Pesona Tebing Apparalang

apparalang beach - @miiss_fitrii
Tebing yang memesona.(Foto: IG @miiss_fitrii)

Beberapa wisatawan menjulukinya sebagai Raja Ampat-nya Bulukumba. Namun kalau kita perhatikan, sebenarnya tentu tidak sama.

Yang jelas, Tebing Apparalang memiliki karakter spot wisata yang memikat. Dinding-dinding karang yang memanjang, berpadu dengan karang-karang yang menonjol plus jernih dan birunya laut yang bergradasi.

Panorama disini akan memanjakan mata dan menenangkan hati serta pikiran. Asyiknya lagi, kebersihan kawasan ini cukup terjaga. Kita tidak melihat serakan. Sebuah pertanda baik akan kesadaran masyarakat dan wisatawan yang berkunjung disini.

Lompat

apparalang beach - travelingyukcom
(Sumber: travelingyuk.com)

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi basah-basahan dan melompat dari tebing, bisa kamu coba disini.

Kalau kamu lihat foto-foto yang tersebar di instagram, ada banyak yang melakukannya. Lautnya masih termasuk tenang tidak bergelombang besar, arusnya juga tenang. Kedalamannya pas buat kamu untuk melompat.

Tapi tetap utamakan keamanam dan keselamatan ya. Lebih baik tanyakan petugas pantai terlebih dahulu, mana spot yang aman untuk berenang dan melompat ke laut.

Berenang

pantai apparalang - unielizeer
(Foto: Instagram @unielizeer)

Air laut disini lumayan jernih. Asyik juga buat sekadar berenang atau juga snorkeling. Beberapa wisatawan yang datang kemari, terlihat memanfaatkan waktu untuk snorkeling dan berenang disekitar tebing.

Foto dan Difoto

apparalang beach - @coimstyle
(Foto: IG @coimstyle)

Bagi yang suka fotografi dan suka difoto, maka Tebing Apparalang adalah tempat yang pas buatmu.

Perjalanan jauh dari Bulukumba atau dari Makassar akan terbayar dengan suasana dan spot foto alami.

Kamu bisa foto-foto di berbagai spot dan berbagai sudut pengambilan. Mau lihat hasil foto orang lain, kamu intip saja tagar #tebingapparalang di Instagram.

tebing apparalang - @_tasbiru
(Foto: IG @_tasbiru)

Kamu bisa turun ke bawah untuk isa foto-foto atau merasakan kesegaran air laut. Ada sebuah dermaga kayu kecil, disediakan anak tangga terbuat dari kayu juga. Dibutuhkan sedikit usaha dan kehati-hatian saat menuruni ataupun menaikinya. Karena kemiringan tangganya lumayan.

Atau bisa juga foto-foto di jembatan kayu yang menghubungkan beberapa batu karang. Kamu bisa jadikan kejernihan air yang menawan sebagai latar belakangnya.

Hotel di Tebing Apparalang

apparalang beach - @cacaa.rjr
(Foto: IG @cacaa.rjr)

Bagi yang ingin menginap, belum ada penginapan atau hotel di Pantai Apparalang.

Kamu bisa mencari penginapan di Pantai Bira yang hanya sekitar 30 menit berkendara. Di Tanjung Bira kamu bisa memilih beberapa penginapan yang tersedia.

Kesimpulan

Appalarang Bulukumba - @perwitasari89
(Foto: IG @perwitasari89)

Tebing Apparalang di Pantai Apparalang sangat layak untuk dikunjungi. Jauh dan lama perjalanan, akan setimpal dengan panorama alam yang menakjubkan.

Baca juga ya:
* 10 Foto Cantik Pantai Paal di Minahasa Utara

Ditambah lagi, hasil-hasil fotomu akan terlihat indah dan cantik di Tebing Apparalang ini.

Ga percaya? Coba saja datang langsung dan buktikan 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here