Taman Laut di Pantai Olele, Indahnya Kebangetan!

Perairan di sekitar Pantai Olele memiliki visibility yang bagus. Terumbu karang di Taman Laut Olele terjaga dengan baik.

Taman Laut Olele Gorontalo - R R
Pemandangan bawah laut (under water) Taman Laut Olele di Pantai Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. (Sumber: Google map/R R )

Taman Laut Olele – Sudah pernah berwisata di Gorontalo? Kalau sudah, kamu bakal terpesona dengan potensi alam Gorontalo, khususnya wisata bahari. Karena wisata alam bawah laut menjadi salah satu unggulan daerah yang terkenal dengan julukan “Serambi Madinah” ini.

Taman Laut Olele adalah salah satu panorama yang sangat indah yang disajikan di Pantai Olele. Pantai Olele memiliki pasir putih dan ada permukiman warga disekitar. Namun demikian perairan disekitarnya cukup bersih dan tidak tercemar.

Perairan di sekitar Pantai Olele memiliki visibility yang bagus. Terumbu karangnya terjaga dengan baik dan banyak biota lautnya. Sebuah anugerah, warga sekitar bisa peduli dan mengerti potensi kekayaan alam yang mereka miliki.

Baca juga:
* 10 Foto Cantik Pantai Paal di Minahasa Utara

Lokasi Taman Laut Olele

Lokasi Pantai Olele Gorontalo - Arif Jaka Prihanto
(Foto: Arif Jaka Prihanto)

Taman Laut Olele di Pantai Olele, berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Berjarak sekitar 28 kilometer arah Tenggara Kota Gorontalo. Dengan berkendara memerlukan waktu tempuh sekitar 1 jam. Menghadap Teluk Tomini yang sangat luas.

Lihat lokasinya di Google Map: Taman Laut Olele

Rute

Pantai Olele Gorontalo - Teddy Saka
(Foto: Teddy Saka)

Dari Kota Gorontalo mengarah ke Selatan ke Jalan Mayor Dullah. Kemudian masuk dan ikuti terus ke Jalan Laksamana Martadinata, sampai masuk ke Jalan Trans Sulawesi.

Sekitar 19 kilometer setelah melewati Pelabuhan Ferry Gorontalo, kamu akan menjumpai jembatan yang berada persis di tikungan.

Persis setelah jembatan ada gerbang masuk bertuliskan ‘Obyek Wisata Bahari Taman Laut Olele’ disebelah kanan. Dari gerbang ke pantai Olele, berjarak sekitar 2 kilometer.

Harga Tiket Masuk Pantai Olele

Tidak ada pungutan biaya kalau ingin masuk ke pantai ini.

  • Sewa perahu: Rp. 250.000
  • Sewa alat snorkel: Rp. 50.000

Pantai Olele

Taman Laut Olele - Bone Bolango - Gorontalo - @ganendraphotos
(Foto; Instagram @ganendraphotos)

Pantai Olele tidaklah sebagus pantai-pantai lain. Ada beberapa rumah penduduk di pantainya. Hamparan pasirnya juga biasa saja.

Kita bisa lihat aktivitas harian nelayan disini. Dan banyak berjajar perahu-perahu di bibir pantainya. Juga ada perahu khusus untuk melihat pemandangan bawah laut.

Glass Bottom Boat

Pantai Olele Gorontalo - Mungs yuga
(Foto: Mungs yuga)

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan bawah laut namun tidak bisa berenang, bisa coba sewa glass bottom boat. Perahu yang didesain khusus, memiliki kaca di dasar perahu. Sehingga kita bisa melihat pemandangan bawah laut dari atas perahu.

Walaupun tidak seleluasa dan seluas kalau snorkeling dan diving, melihat indahnya terumbu karang dari perahu ini sudah merupakan hiburan luar biasa. Terutama bagi yang awam dengan wisata bahari.

Snorkeling di Taman Laut Olele

Snorkeling Olele Beach Gorontalo - @irawanzz
Snorkeling. (Foto: IG @irawanzz)

Bagi yang ingin snorkeling, juga bisa menyewa perahu tersebut. Karena lebih mudah bagi kita menjangkau spot-spot yang berada agak di tengah. Dan kita bisa berpindah beberapa spot.

Salah satu spot snorkeling bahkan sangat dekat dengan pantai yang ada rumah-rumah penduduk. Pantai dan lautnya tetap bersih lho. Sepertinya ini karena mereka memperlakukan pantai dan laut sebagai halaman depan, bukan halaman belakang.

Tak perlu pusing dengan peralatan snorkeling dan menyelam, karena tersedia berbagai perlengkapan snorkeling dan diving yang disewakan untuk wisatawan disini. Selain itu, perairan di Olele cukup tenang, sehingga aman bagi siapapun yang ingin snorkeling dan menyelam.

Setelah menceburkan diri ke air, kita bisa melihat koral bewarna-warni yang masih terjaga. Dan banyak sekali ikan-ikan imut warna-warni berseliweran diantara karang-karangnya.

Spot Selam Unik

Taman Laut Olele Gorontalo - R R - 2
Taman Laut Olele Gorontalo. (Sumber: Google Map/R R)

Di Taman Laut Olele, ada beberapa spot diving dengan keindahan masing-masing. Ada Jinn Cave Traffic Jam, Muck Dive, dan Honeycomb. Jinn Cave yang menjadi favorit para penyelam.

Di spot Jinn Cave, terdapat aneka terumbu karang indah dengan ratusan spesies ikan berwarna-warni. Spot ini dinamai Jinn Cave alias Goa Jin karena terdapat terumbu karang yang berbentuk goa dengan kedalaman mencapai 22 meter.

Selain Jinn Cave, para penyelam juga menggemari spot Traffic Jam, karena ada banyak terumbu karang indah. Dinamakan traffic jam karena siapapun yang menyaksikan gugusan terumbu karang disana pasti akan berhenti sejenak saking terpesonanya.

Spesies Terumbu Karang Endemik

Salvador Dali atau Petrosia lignosa - Taman Laut Olele @andrehartono_colourfind - 2
Salvador Dali atau Petrosia lignosa, di Taman Laut Olele. (Foto: Instagram @andrehartono_colourfind)

Yang spesial dari Taman Laut Olele di Pantai Olele adalah adanya spesies terumbu karang endemik. Hanya bisa kita temukan disini, tidak ada duanya di dunia.

Yang paling terkenal adalah jenis Salvador Dali atau Petrosia lignosa. Masuk golongan sponge coral. Diambil dari nama pelukis ternama asal Spanyol, karena rongga dalam terumbu karang tersebut mirip sekali dengan lukisan Salvador Dali.

Spot Foto Underwater

Salvador Dali atau Petrosia lignosa - Taman Laut Olele @andrehartono_colourfind
(Foto; IG @andrehartono_colourfind)

Bagi penggemar fotografi bawah laut, Pantai Olele merupakan destinasi yang tepat. Sebab keindahan dan kekayaan biota laut di perairan Olele bak surga bawah laut yang sangat indah untuk dieksplorasi dan dikagumi.

Kesimpulan

Pantai Olele Gorontalo - Ayank Stresz
Indah bukan Pantai Olele Gorontalo? (Foto: Ayank Stresz)

Taman Laut Olele di Pantai Olele sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Baik kamu suka sekali dengan wisata bahari atau tidak. Minimal kamu sudah pernah melihat pemandangan bawah laut disini.

Dan bagi yang suka snorkeling atau diving, Taman Laut Olele benar-benar menjadi spot yang sangat menyenangkan.

Baca juga:
* Pesona Pantai Fatkauyon di Kepulauan Sula, Maluku Utara

Ada beberapa spot yang lokasinya tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Ayo liburan ke Gorontalo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here