SWARGA DI BUMI SEKALA BEKHAK

Dikelilingi oleh perairan, Lampung seringkali dijuluki sebagai negeri seribu pantai. Banyak wisatawan memilih Lampung sebagai destinasi wisata untuk memenuhi kebutuhan vitamin sea. Namun belum banyak yang tahu, selain pantai Lampung memiliki kekayaan alam lain, salah satunya di Bumi Sekala Bekhak, Kabupaten Lampung Barat.

Daerah yang berbatasan langsung dengan Ogan Komering Ulu Selatan dan Kabupaten Lampung Utara ini memiliki sejuta keindahan, berada di dataran tinggi membuat udara di Lampung Barat selalu sejuk sepanjang hari. Untuk Sobat GenPI yang suka menguji adrenalin wajib mengunjungi destinasi wisata Air Terjun Semantung di Pekon Basungan, Kecamatan Pagar Dewa; warga setempat menyebutnya Curup Bangkuang.

Dari Bandar Lampung ditempuh selama lima sampai enam jam, bukan waktu yang singkat namun disepanjang jalan kita akan disuguhkan dengan pemandangan indah. Saat masuk ke wilayah Pekon Basungan mobil akan berhenti di pos jaga 1 dan perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki, di atas tanah dengan kontur jalan naik dan turun. Kalau musim penghujan kondisi jalan akan licin, jadi pilih waktu yang tepat ya SobGen! Namun, SobGen juga bisa menyewa sepeda motor dengan tarif 10.000,-

Selanjutnya kita akan memasuki wilayah hutan, hutan inilah yang menyembunyikan keindahan Curup Bangkuang selama bertahun-tahun. Area jalan menuju air terjun baru dibuka tahun 2019 oleh kelompok sadar wisata dan aparat desa Pekon Basungan, serta dibantu oleh mahasiswa KKN Unila 2019. Bapak Wana, selaku Ketua Karang Taruna yang mengepalai kegiatan Pokdarwis sangat menyadari potensi wisata ini dapat membuat Pekon Basungan maju dari sisi ekonomi.

Di hutan ini juga banyak bermekaran bunga bangkai raksasa (Amorphopallus Titanium), bunga ini tumbuh liar di daratan Curup Bangkuang. Bagi Sobat GenPI yang belum pernah melihatnya – ini saatnya menandai kalender! Di masa normal baru ini Pekon Basungan membuka kunjungan wisatawan lohh namun tetap patuhi protokol kesehatan ya SobGen.

Ketika berjalan di tengah hutan, kita akan disambut lagi oleh suara air mengalir. Ya, itu adalah air yang mengalir dari sumber air terjun. Curup Bangkuang bersembunyi di balik pohon-pohon bambu. Indah dan megah. Kita akan sepakat bahwa inilah karya Tuhan yang tidak pernah terduga.

Kontributor Penulis Daerah : Helen Manik, Ilmu Komunikasi Universitas Lampung, dalam Program Magang Generasi Pesona Indonesia 2020.

Sumber :

  1. Wawancara tidak langsung dengan Bapak Wana, Ketua Karang Taruna & Pokdarwis Pekon Basungan, Kecamatan Pagar Dewa.
  2. Mahasiswa KKN Kembangan Ekowisata Air Terjun Pekon Basungan Lambar, berita dari www.unila.ac.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here