Surga Kuliner di Bukittinggi Sumbar, Lamak Bana!

Siapa sih yang tidak tahu dengan kelezatan kuliner khas Minangkabau? Cita rasa khas dari kulinernya memang tak usah diragukan lagi, alias ‘ lamak bana ’. Salah satu makanannya pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia yaitu, rendang.

Nah, bagi kamu yang ingin atau sedang berlibur ke Sumatra Barat, khususnya Bukittinggi, kamu tidak boleh melewatkan beberapa destinasi kuliner berikut yang tentunya siap memanjakan lidahmu. Di mana itu? Mari berjalan-jalan.

Pical Sikai
Kuliner yang satu ini cocok banget nih buat menu sarapanmu di pagi hari. Potongan lontong, jantung pisang, daun singkong, kol hijau, rebung, dan karupuak (kerupuk) sanjai kemudian disiram dengan bumbu kacang khasnya akan tersaji utuh di piring makanmu. Pokoknya mantul banget deh!!

Alamat lengkap: Jalan Panorama No.19C, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat 26115
Telepon: (0752) 23131

Nasi Kapau, Los Lambuang Pasa Ateh
Berbeda dengan nasi padang yang biasa dikenal oleh banyak orang, kuliner khas ini berasal dari Nagari Kapau, Kabupaten Agam. Keunikan dari penyajian dan aneka ragam lauk yang dibuat dengan bumbu khas ‘Kapau’ menjadi daya tarik tersendiri dari kuliner ini. Salah satu menu wajib yang harus kamu cicipi di sini adalah gulai tambusu. Gulai ini terbuat dari dari usus sapi yang diisi dengan telur dengan rasa yang tak kalah duanya. Untuk harga, nantinya kamu akan membayar sesuai dengan lauk yang kamu pilih.
Gimana udah ngiler, belum?

Alamat lengkap: Jalan Pemuda Los Lambuang Wisata, Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat 26136

Karupuak Kuah di Pelataran Jam Gadang
Menikmati indahnya Jam Gadang, jangan sampai membuatmu lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini, ya. Kuliner ini terdiri dari karapuak (kerupuk) yang berukuran besar, olesan kuah sate, dan dilengkapi dengan mi bihun serta kuah kacang. Cukup dengan Rp5.000,00 kamu sudah dapat merasakan kelezatan makanan ini. Dijamin bakal ketagihan!

Rumah makan Family Benteng Indah, Bukittinggi
Tahukah kamu, bahwa cikal bakal ayam pop di Indonesia berasal dari tempat makan ini? Wah, sudah pasti tak dikhawatirkan lagi nih kenikmatannya. Selain itu, bagi kamu ingin mencoba nasi padang langsung dari tempat aslinya, bisa banget nih mampir ke sini. Dengan menu andalan ‘ayam popnya’ kamu bakal dibikin jatuh cinta deh.

Alamat lengkap: Jalan Yos Sudarso No.4 Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat 26136
Telepon: (0752) 626299

Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai Sianok
Bagi kamu pecinta makanan pedas dan doyan olahan itik, tempat ini adalah pilihannya. Suguhan itiak (itik) yang diolah dengan cara yang khusus kemudian dibaluri dengan pedasnya lado mudo (cabe hijau) menjadikan kuliner ini primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi. Jangan lupa berkunjung, ya.

Alamat lengkap: Jalan Binuang No.41, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat 26115
Telepon: (0752) 35574

Bagaimana sudah dapat bayangan belum mau berburu kuliner ke mana?
Sampai jumpa di ranah minang, ya.

Referensi

  1. Metrotvnews. (2018). Idenesia: Ini Rumah Makan Ayam Pop Pertama di Indonesia. Diakses pada 25 Agustus 2020 dalam halaman https://www.youtube.com/watch?v=uiRfcASS3Cw.
  2. Official NET News. (2015). Kuliner Legendari Itiak Lado Mudo di Ngarai Sianok, Sumatera Barat NET5. Diakses pada 25 Agustus 2020 dalam halaman https://www.youtube.com/watch?v=2X2uhO9DX1U.
  3. TRANS Food Channel. (2020). Makan Pical Sikai Yang Endul Surendul Banget PART 1. Diakses pada 25 Agustus 2020 dalam halaman https://www.youtube.com/watch?v=r09Cb_mlWeI&t=302s.

Artikel ini ditulis oleh Mardhatillah Ramadhan, Institut Pertanian Bogor jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan, pada program magang Genpinas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here