12 Stadion Termegah di Indonesia, Sudah Datangi yang Mana?

Kalau kita menonton pertandingan sepakbola yang ada Eropa, tetu sangat iri ya dengan infrastruktur stadion mereka. Rasanya ingin sekali memiliki stadion megah di Indonesia. Dan sepertinya perasaan saya sama dengan kebanyakan pecinta olaharaga sepakbola se-Indonesia. Pertanyaannya, adakah stadion termegah di Indonesia? Mana yang terbesar dan terindah?

Kamu tak perlu berkecil hati. Karena beberapa stadion sedang dibangun dan sebagian dilakukan perbaikan. Beberapa memiliki desain bangunan yang megah. Dan bisa jadi, kita bakal memiliki banyak stadion termegah di Indonesia. Bahkan ada yang investasinya sampai menembus triliunan.

Baca juga:
* Kopeng Treetop Adventure Park, Wisata Outdor Hingga Camping Ala Hotel Bintang Lima

Tak sabar ya menunggu calon stadion megah tersebut jadi.

Daftar Stadion Megah di Indonesia

Kali ini Genpi.id akan menyajikan informasi seputar stadion megah di Indonesia. Ada di daerah/provinsi mana saja? Simak saja terus ya guys.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Termegah di Indonesia - Stadion Utama Gelora Bung Karno - Gunawan Kartapranata - wikipedia
Stadion Utama Gelora Bung Karno, salah satu stadion termegah di Indonesia. (Foto: Gunawan Kartapranata / Wikipedia)

Sempat berganti naman menjadi Stadion Utama Senayan, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUBGK) masuk dalam daftar 10 stadion terbaik di dunia lho. Daya tampungnya sebesar 88 ribu pentonton. Termasuk wow banget guys.

Sudah banyak ajang internasional diadakan di SUGBK.

Sebut saja; Pesta Olahraga Asia 1962 dan 2018, Games of the New Emerging Forces 1963, Pesta Olahraga Difabel Asia 2018, Pesta Olahraga Asia Tenggara (1979, 1987, 1997, dan 2011), Tur Pra-musim Asia Liverpool F.C. 2013, Tur Pra-musim Asia Juventus F.C. 2014, Asian Dream Cup 2014, dan masih banyak lagi.

Juga banyak kali digunakan untuk acara konser dan peringatan hari-hari besar.

2. Stadion Utama Riau, Pekanbaru

Stadion Termegah di Indonesia - Stadion Utama Riau, Pekanbaru - kabarin.co
Stadion Utama Riau, Pekanbaru. (Sumber foto: kabarin.co)

Kamu ingat ga? Di tahun 2012 penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2012 dimana. Salah satu venue adalah di Stadion Utama Riau. Bahkan sempat juga menjadi tempat kualifikasi piala AFC U-22.

Fasilitas Stadion Utama Riau sudah berstandar AFC. Rumput lapangannya didatangkan langsung dari Brasil. Sangat berkualitas.

3. Stadion Jakabaring Palembang

Stadion megah Indonesia - Stadion Jakabaring Palembang - football-tribe.com
Stadion Jakabaring Palembang. (Foto: football-tribe.com)

Wong Kito Galo, pasti bangga dengan Stadion Jakabaring. Stadion di Palembang ini sudah beberapa kali digunakan untuk laga sepakbola Indonesia dan event-event besar olahraga lain.

Nama aslinya Stadion Gelora Sriwijaya, yang merupakan markas klub Sriwijaya, kebanggaan warga Sumatera Selatan.

4. Gelora Bung Tomo

Stadion Termegah di Indonesia - Stadion Gelora Bung Tomo - Lisa Riani
Stadion Gelora Bung Tomo. (Foto: Lisa Riani)

Sudah tahu markas Klub Persebaya yang terkenal angker bagi lawan-lawannya? Ya, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya Jawa Timur juga bertaraf Internasional.

Pemain lawan akan menjadi ciut saat menjalani laga tandang di Gelora Bung Tomo. Apalagi ditambah oleh para penggemar setia klub Persebaya, alias Bonek. Atmosfer stadion akan berubah menjadi semarak dan riuh gegap gempita.

5. Stadion Barombong

Stadion Barombong Makassar - Alimuddin Arung
Stadion Barombong Makassar. (Foto: Alimuddin Arung)

Salah satu bakal stadion megah di Makassar adalah Stadion Barombong. Bakal menjadi salah satu stadion termegah di Indonesia, akan memiliki kapasitas 50 ribu tempat duduk. Pembangunan stadion ini sudah dimulai dari tahun 2011.

Dengar-dengar dari berbagais sumber, tribun penonton, atap melingkar, dan area lapangan sudah selesai pengerjaannya. Bahkan masyarakat sekitar sudah menjadikannya sebagai tempat mereka bermain bola.

Stadion Barombong nakal menjadi kandang kebanggaan Klub PSM Makassar.

6. Jakarta International Stadium

Foto Gambar Jakarta International Stadium - Stadion megah Indonesia - @mulyadisianturi
Jakarta International Stadium. (Foto: IG @mulyadisianturi)

Sudah bertahun-tahun kita memiliki stadion kebanggan yang megah yang mulai dibangun tahun 1960. Stadion ini miliki negara, pemerintah RI, bukan miliki Pemprov DKI Jakarta.

Oleh karenanya, akhirnya Pemprov DKI membangun mega proyek Jakarta International Stadion (JIS) yang bertaraf internasional.

Dibangun di kawasan Taman BMW, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dana yang disiapkan adalah sebesar Rp 5 triliun. Besar banget ya.

Jakarta International Stadium akan memiliki daya tampung sebesar 82 ribu penonton. Target selesai di tahun 2021.

Meskipun stadion ini merupaket aset Pemprov DKI, namun akan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia juga. Dijelaskan bahwa, atap stadion ini bisa dibuka dan ditutup. Desain stadion dengan atap seperti ini, bakal menjadi yang pertama di Indonesia.

Baca juga:
* Sensasi Unik Menginap di Pohon Inn Hotel, Batu Malang

7. Stadion Papua Bangkit

Foto Gambar Stadion Megah Indonesia - Stadion Papua Bangkit - Tejo Danu Saputro
Stadion Papua Bangkit. (Foto: Tejo Danu Saputro)

Papua juga tidak tinggal diam soal sepak bola. Provinsi paling timur Indonesia ini akan memiliki stadion baru bernama Stadion Papua Bangkit.

Stadion megah dan bertaraf internasional ini berlokasi di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Bakal memiliki kapasitas 40 ribu tempat duduk.

Pembangunan telah dimulai sejak Desember 2016 lalu, diatas lahan seluas 13 hektar. Dana yang disiapkan untuk stadion ini sekitar Rp 1,3 triliun.

Kabarnya stadion ini sedang dalam tahap penyelesaian. Stadion ini diproyeksikan akan menjadi alternatif selain Stadion Mandala Jayapura.

8. Stadion Jati Diri Semarang

Stadion Termegah di Indonesia - foto gambar Stadion Jati Diri Semarang - @stadionjatidirismg
Stadion Jati Diri Semarang. (Foto: IG @stadionjatidirismg)

Kabar gembira bagi warga Semarang pecinta sepakbola. Mereka akan memiliki salah satu stadion megah di Indonesia, yaitu Stadion Jati Diri.

Dana yang disiapkan untuk renovasi kawasan stadion Jatidiri adalah sebesar Rp 1,1 triliun. Dimulai sejak tahun 2017, pengerjaan renovasi stadion sudah hampir selesai. Program renovasi meliputi pembangunan tribun baru dengan kapasitas 45 ribu penonton, atap, dan lintasan atletik.

Fasilitas lain yang akan tersedia di stadion Jatidiri antara lain; gym center, asrama, hingga kolam renang indoor.

Tampilan luar, eksterior, stadion Jatidiri juga direnovasi. Akan menampilkan ciri khas Jawa, yaitu kanopi berbentuk gunungan wayang.

9. Stadion Manahan Solo

foto gambar Stadion Megah Indonesia - Stadion Manahan Solo - eppid.pu.go.id
Stadion Manahan Solo. (Sumber foto: eppid.pu.go.id)

Tidak kalah dengan Semarang, Kota Solo juga merenovasi stadion kebanggaan mereka. Stadion Manahan juga sudah mengalami beberapa kali renovasi.

Markas Klub Persis Solo ini digadang-gadang akan menjadi GBK mini. Renovasinya sudah dimulai di tahun 2018.

Nantinya, tribun akan sepenuhnya tertutup. Tribun juga akan dilengkapi dengan fasilitas single seat. Tribun Stadion Manahan akan bernuansa motif batik kawung sebagai ciri khas Solo, Jawa Tengah.

Baca juga:
* Mengenal Motif Batik Kawung yang Menghiasi Bandara NYIA

10. Stadion Palaran Samarinda

Stadion Megah di Indonesia - Stadion Palaran Samarinda - Sanko - Wikipedia
Stadion Palaran Samarinda. (Foto: Sanko / Wikipedia)

Pernah ingat berita Malaysia yang menolak Stadion Palaran Samarinda di ajang Piala AFF 2014?

Stadion Palaran Samarinda memiliki kapasitas 50 ribu tempat duduk. Menobatkannya menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Stadion andalam Kalimantan Timur ini beberapa kali menjadi tempat penyelenggaraan event-event besar olahraga Indonesia.

11. Stadion Aji Imbut Tenggarong

foto gambar Stadion Aji Imbut Tenggarong - Ezagren - Wikipedia
Stadion Aji Imbut Tenggarong. (Foto: Ezagren / Wikipedia)

Bangga ya masyarakat Kalimantan Timur, selain Samarinda mereka memiliki stadion megah di Tenggarong.

Dulunya bernama Stadion Madya Tenggarong atau Stadion Kudungga. Lalu diubah menjadi Stadion Aji Imbut. Stadion ini pernah digunakan di ajang PON 2008.

Stadion markasnya Klub Mitra Kukar ini memiliki desain yang mengagumkan. Kamu sudah terpesona saat baru melihatnya di kejauhan.

12. Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)

foto gambar stadion Gelora Bandung Lautan Api - GBLA - wikimedia.org
Gelora Bandung Lautan Api / GBLA .-(Foto: wikimedia.org)

Stadion kebanggaan masyarakat Bandung Jawa Barat ini baru berdiri di tahun 2013. Masih terbilang baru ya. Digadang-gadang, Tidak kalah bergengsinya dari SUGBK. Dikatakan, kualitasnya hampir sama.

Sanggup menampung sekitar 38 ribu penonton, GBLA juga memiliki beragam fasilitas mewah. Seperti royal box yang tahan peluru, papan skor digital, hingga kursi penonton yang tahan api.

Ada yang sudah pernah mengunjungi kandang Persib Bandung ini dan menyaksikan dari dekat kemewahannya?

Baca juga:
* Glamping Seru ala Mongolian di The Highland Park Resort-Hotel Bogor

Recommended Didatangi!

Demikian info mengenai stadion termegah di Indonesia yang genpi.id rangkum dari berbagai sumber.

Ternyata kita juga punya ya stadion-stadion megah. Bukan hanya satu, namun ada banyak. Ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Samarinda, Tenggarong, Pekanbaru, Papua, Solo, dan Makassar.

Masih kurang yakin dengan stadion termegah di Indonesia ini? Coba sesekali berlibur ke salah satunya guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here