Sobat Genpi, Selamat Hari Pariwisata Dunia

Tahun ini tepat 40 tahun perayaan Hari Pariwisata Sedunia yang bertemakan” Pariwisata dan Pembangunan Pedesaan”. Momentum ini sangat cocok dengan berbagai program Pariwisata Indonesia yang menjadikan desa wisata sebagai salah satu motor penggerak pariwisata nasional. 

Tentu sobat Genpi memaknai Hari Pariwisata Sedunia dengan berbagai macam persepsi. Ada yang berharap segera dapat piknik kembali, mengunjungi berbagai destinasi favorit atau yang sudah lama jadi wishlist yang ingin segera dikunjungi. Ada juga yang memanfaatkan momentum ini sebagai semangat kebersamaan untuk segera bangkit dari kondisi yang menerpa akibat pandemi covid-19. 

Kondisi pariwisata pada 6 bulan terakhir memang sedang diuji, tidak ada yang siap dengan kondisi ini. Namun apapun yang terjadi semua harus bangkit dan melakukan penyesuaian agar pariwisata dapat berjalan dengan aman dan nyaman. Perayaan ini bisa jadi momentum untuk komitmen bangkit, semua butuh kolaborasi dan keseriusan termasuk dalam penerapan CHSE serta protokol kesehatan pada bidang pariwisata, demikian Ketua Genpinas Siti Chotijah atau yang akrab dipanggil Mbak Jhe berkomentar saat dihubungi melalui telepon. 

Senada dengan Mbak Jhe, Heru Mataya Ketua Pembina Genpinas menghimbau kepada seluruh member Genpi dipenjuru tanah air untuk tetap semangat dalam menghadapi segala kondisi. “Kreatifitas Mesti Bertumbuh“, demikian Heru memberikan quotenya dengan bersemangat. 

Pandemi ini memang menjadi ujian kita semua, namun kreatiftas dan karya harus tetap berjalan meskipun dengan menyesuaikan kondisi. Setiap insan kreatif pasti memiliki celah dan inisiatif untuk tetap menghadirkan karya melalui ruang- ruang publik. Genpi dalam masa pandemi ini justru tetap harus hadir menghiasi ruang media sosial dengan berbagai karya dan update informasi yang pasti dinantikan oleh masyarakat demikian papar master of festival asal solo ini. 

Genpi sebagai komunitas sebetulnya memiliki posisi yang sangat strategis khususnya sebagai partner dan memberikan input kebijakan bagi pemerintah. Saat ini Genpi terus mengabarkan kebijakan- kebijakan pemerintah khususnya dalam upaya membangkitkan pariwisata pasca pandemi, melakukan edukasi tentang protokol kesehatan serta update informasi pariwisata dan ekonomi kreatif, imbuh Ketum Genpinas Mbak Jhe yang juga seorang akademisi ini. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here