Serunya Bermain di Negeri Seribu Dongeng, Saloka Park Semarang

Ingin menghabiskan libur panjang atau sekedar libur akhir pekan bersama keluarga? Destinasi ini sangat cocok untukmu! Disebut-sebut sebagai taman hiburan terbesar di Jawa Tengah, Saloka Park akan membuatmu terhibur sampai akhir. Tertarik? Yuk simak informasinya.

Asal-Usul Nama Hingga Junjung Tinggi Budaya Lokal

Saloka, nama unik yang disematkan pada taman hiburan ini diambil dari tokoh legenda rakyat setempat yaitu Ki Hajar Salokantara dari Legenda Rawa Pening. Maskot dari taman bermain yang bernama ‘Loka’ pun terinspirasi dari wujud Ki Salokantara sebagai Naga Hijau. Walaupun berkonsep modern seperti Dunia Fantasi di Jakarta, Saloka Park tetap menjunjung tinggi budaya lokal dengan mengadopsinya pada nama serta dekorasi dari wahana didalamnya.

Luas bukan main, 12 Hektare dengan 5 Zona

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, taman hiburan seluas 12 hektare ini mempunyai lima zona bermain yang dapat membuatmu tidak bisa berhenti untuk bergembira. Saat menginjakkan kaki di pintu masuk misalnya, kamu akan disambut oleh zona pesisir dengan nuansa laut dan pantainya. Wahana yang ditawarkan pun memiliki dekorasi yang sangat mendukung untuk kamu merasakan sensasi berada di pantai seperti Lumbung Ilmu Galileo, Kapal Jenju hingga bianglala raksasa setinggi 33 meter bernama Cakrawala. Saat berada di Cakrawala, kamu dapat menikmati indahnya pemandangan seluruh wilayah Saloka Park hingga pemandangan Gunung Merbabu dan Rawa Pening dari kejauhan.

Melangkah ke zona berikutnya, terdapat zona yang mengadopsi konsep hutan. Ya benar, Zona Balalantar. Nama ‘Balalantar’ diambil dari kata ‘Belantara’ yang cocok dengan konsep hutan yang diambil. Pada zona ini, kamu akan disambut dengan wahana seperti Angon Ingon, Adu Tangkas, Adu Nyali hingga Jamur Apung. Zona ini menawarkan berbagai macam wahana yang cocok untuk semua umur.

Puas dengan Zona Balalantar, kamu akan dibawa masuk ke zona selanjutnya yakni Zona Kamayayi. Zona yang sangat cocok dan ramah untuk anak-anak, karena wahana pada zona ini didominasi untuk anak-anak seperti Kupu-Kupu, komidi putar bernama Komidi Kuda Laut, Polah Bocah, hingga Semprat-Semprot. Cocok banget ya untuk family time di akhir pekan?

Bagi para penggila adrenalin, zona ini hadir di Saloka Park untuk memanjakanmu. Zona tersebut adalah Zona Ararya. Terdapat banyak sekali wahana yang dapat menguji seberapa besar keberanian dan adrenalinmu seperti Paku Bumi yang dapat membuatmu seakan jatuh dari ketinggian, Obat Abit yang menantang, hingga Lika Liku yang dapat membuatmu pusing. Jadi, apakah kamu cukup berani?

Memasuki bagian akhir, Zona Prada adalah zona terakhir yang berada di Saloka Park. Zona unik yang mengangkat tema pertambangan dan industri. Wahana yang sangat digandrungi oleh para wisatawan yakni Gonjang Ganjing dengan arung jeramnya. Zona terakhir, memang saatnya untuk basah-basahan ! Di wahana Gonjang Ganjing, kamu akan dibawa untuk berputar dengan kano berkapasitas 8 orang melalui terowongan Zulu dan jeram menantang sepanjang 360 meter. Menarik bukan?

Fasilitas dan Jam Operasional

Taman hiburan yang terletak di Jalan Fatmawati no 154, Lopait-Tuntang, Semarang ini beroperasi Senin-Minggu pukul 10.00-18.00 WIB pada hari kerja dan pukul 10.00-19.00 pada akhir pekan. Untuk dapat berwisata di Saloka Park, kamu hanya harus merogoh kocek sebesar Rp 120.000 pada hari kerja atau weekdays dan Rp 150.000 pada akhir pekan atau weekend untuk menikmati 5 zona bermain dengan wahana-wahana seru didalamnya.

Bagaimana dengan fasilitasnya? Jangan gusar, Saloka Park memiliki banyak fasilitas pendukung untuk kenyamanan dan keamanan wisatawannya. Contohnya saja, jika perutmu keroncongan, kamu dapat mengisi perutmu pada tempat kuliner dan foodtruck yang tersedia disetiap zona bermain. Ingin punya merchandise atau oleh-oleh khusus dari Saloka Park? Mudah sekali, kamu bisa mendapatkannya di Pasar Seni Saloka Park pada setiap zona bermain. Saloka Park juga tergolong sebagai taman hiburan yang ramah difabel, karena pada taman bermain ini disediakan toilet khusus penyandang disabilitas dan juga kurssi roda bagi wisatawan yang membutuhkan. Lengkap sekali bukan?

Seru sekali bukan? Yuk, berpetualang di Negeri Seribu Dongeng Saloka Park !

Sources :

https://www.salokapark.com/

https://travel.detik.com/domestic-destination/tempat-wisata-saloka-theme-park-rekreasi-kekinian-di-semarang

Ditulis Oleh Galuh Haris Septyana, Universitas Gadjah Mada, Prodi Pariwisata, Program Magang GENPINAS Tahun 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here