Sensasi Berbeda Mendaki di Tengah Keramaian Puncak Gunung Andong

Berkunjung ke kota Magelang, rasanya belum lengkap jika tidak mencoba menaklukkan pesona puncak-puncak gunung nya. Selain Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing dan Gunung Telemoyo, kota Magelang masih punya pesona gunung lainnya lho sobat. Salah satunya yaitu Gunung Andong. Meski namanya masih sedikit asing terdengar, Gunung Andong tak kalah memikat untuk menyuguhkan sensasi berbeda bagi para pendaki.

Memiliki ketinggian 1726 mdpl serta memiliki jalur pendakian yang cukup landai, membuat Gunung Andong banyak diburu oleh para pendaki pemula. Namun tak sedikit pendaki yang sudah memiliki banyak pengalaman, memilih Gunung Ando untuk merasakan sensasi yang berbeda serta bertemu sapa sesama pendaki.

Mengawali perjalanan mendaki, pendaki bisa memilih opsi antara melalui jalur lama atau jalur baru. Jalur lama relatif lebih pendek namun alur tanjakannya cukup terjal, sedangkan jalur baru relatif lebih panjang namun tanjakannya landai. Jalur baru ini dibuat karena peristiwa longsor beberapa tahun silam. Selain itu, jalur baru bisa memininalisir padatnya pendaki seiring semakin banyaknya pendaki yang berkunjung ke Gunung Andong ini.

Di tengah perjalanan pendakian, tersedia beberapa pos sebagai tempat untuk beristirahat sejenak, diantaranya Pos 1 (Pos Kemuning), Pos 2 (Pos Dewandaru), dan Pos 3 (Pos Watuwayang). Meski terbilang cukup landai, pendaki tetap bisa menikmati panorama yang tak main-main di perjalanan tracking menuju puncak sobat. Jalur tracking yang terbuka, menampilkan pesona alam kota Magelang hingga menyurutkan rasa letih yang ada. Berlatar Gunung Merbabu, pendaki membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke puncak Gunung Andong.

Menariknya, Gunung Andong memiliki 4 puncak yang bisa pendaki takluki, diantaranya Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong Peak, dan Puncak Alap-alap. Bila mendaki identik dengan ketenangan, sepertinya hal tersebut tidak tepat untuk ditemui di gunung yang satu ini sobat. Pasalnya, kamu dapat melihat fenomena tak biasa dimana di sepanjang jalur puncak dipadati dengan tenda-tenda para pendaki. Nah, bagi kamu yang ingin mencari teman baru dan suasana kekeluargaan, Gunung Ando bisa menjawabnya nih sobat. Wah, pasti seru ya.

Tunggu apalagi, yuk taklukan puncak Gunung Andong dan temukan samudra awannya!

source:
www.youtube.com/BodinkArtventure/
https://www.nativeindonesia.com/gunung-andong/

Kontributor Penulis Najmah Oktama Wulandari, Sastra Indonedia, Universitas Negeri Jakarta, Program Magang Genpinas 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here