Sekotong, Masa Depan Pariwisata Lombok Barat

potensi wisata Sekotong
Sekotong, memiliki banyak potensi wisata.

Gara-gara kena alarm dari Genpi yang selalu mengingatkan untuk piknik dikala weekend tiba, kali ini aku ikut tim Genpi Lombok Sumbawa jalan jalan ke Sekotong. Kali ini dalam agenda khusus eksplorasi sekaligus survey lokasi untuk camping dan barbeque merayakan anniversary Genpi Lombok Sumbawa yang ketiga.

Sekotong adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Lombok Barat, NTB. Heboh KEK Mandalika dan GP 2021 nampaknya bisa menjadi harapan dan gerbang dalam menata pariwisatanya.

Baca juga:
* Lihat Serunya Paramotor Terbang Lintasi Selat Alas NTB

Sekotong berbatasan langsung dengan Lombok Tengah, merupakan daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Sekotong bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari Kota Mataram. Sepanjang perjalanan kita disuguhkan pemandangan asik Selat Lembar. Seru, Lembar saat ini menjadi pintu masuk wisatawan yang datang dari Bali dan Surabaya dengan kapal feri. Hampir setiap jam ada kapal feri yang menyeberang dan membawa wisatawan dari Pelabuhan Padang Bai Bali.

Saat kami melaju, banyak wisman dari Bali yang baru turun kapal. Mereka menaiki motor dengan membawa papan surfing. Sungguh pemandangan yang asik dan menambah optimisme pariwisata Lombok.

Terbagi menjadi 3 wilayah; Sekotong Barat, Sekotong Tengah, dan Sekotong Timur. Tidak kalah dari wilayah yang sudah berkembang, kecamatan ini menyimpan potensi keindahan 11 gili yang siap dieksplorasi.

Memiliki panoramanya alam yang natural dan menyajikan pemandangan khas Lombok berupa gugusan bukit dan garis pantai cantik. Pemandangan bawah lautnya juga memesona. Beragam terumbu karang dan biota laut bisa kita temukan disini.

Jika pada trip sebelumnya kami sudah mendatangi beberapa gili di Sekotong Barat, kali ini kami menuju Buwun Mas dan berniat ke beberapa titik. Tapi sebelum sampai, kami singgah dulu di Loezawa Tourist Information Center. Menilik homestay dan menikmati secangkir kopi lombok yang menggoda keharumannya.

Selesai dijamu Kak Loezawa, member genpi pentolan pejuang pariwisata Sekotong yang kini menjabat sebagai anggota Dewan Kabupaten Lombok Barat ini, kami bergegas menuju Pantai Nambung. Pantai Nambung ini sangat ikonik dengan air terjun asinnya. Dan garis pantainya merupakan perbatasan Kabupaten Lombok Barat dengan Lombok Tengah.

Selesai mengeksplorasi Nambung, kami bergeser ke pantai lainnya. Jalannya cukup bagus dan ada beberapa ruas jalan baru yang sedang dibangun. Menghubungkan jalan utama dengan destinasi pantai.

Terik matahari Sabtu siang itu membuat kami terpacu untuk semakin mengeksplore keindahan beberapa titik pantai. Kami menuju Pantai Pangsing. Pantai ini sangat tenang karena berada di teluk yang sepi. Air laut disini sangat jernih airnya, bewarna hijau ke biru-biruan. Dengan panorama mangrove di ujung pantai.

Kalo kamu mau menepi dari hiruk pikuk kota mencari keheningan, pantai-pantai ini sangat cocok didatangi. Masih alami dan belum banyak orang yang datang dan lalu-lalang. Sehingga kita bisa puas menyepi menikmati keheningan.

Saya di Sekotong
Saya di Sekotong. (Foto: Jackysan Lombok/Lombok Sumbawa Travel)

Meninggalkan Pantai Pangsing, tim kami dibagi 2. Ada yang melalui jalan ada yang menyeberang dengan kapal dan mengeksplorasi mangrove disepanjang teluk sepi. Hanya memakan waktu 15 menit, perahu kami sudah menyeberang ke Dusun Sepi. Salah satu dusun di Desa Buwun Mas yang menawarkan berbagai panorama seru seperti Buwun Mas Hill.

Nah saat lapar pun tiba, sajian ikan segar khas masakan warga siap untuk disantab. Oh ya pantai disepanjang sekotong ini kaya akan berbagai jenis ikan, khususnya tuna dengan ukuran yang beragam. Tuna bakar dicolek sambel mentah khas Lombok tentu sangat menggoda.

Baca juga:
* 10 Pantai di Sekotong Lombok Barat Favorit Para Traveler

Wilayah Sekotong semakin memantabkan dirinya untuk membangun pariwisata. Selain potensi, dukungan dari stakeholder dan masyarakat menjadi kunci pokok dalam mengembangkan daerahnya.

Sudah banyak dikenal bahkan dengan jargon #SekotongMendunia yang dipopulerkan Loezawa. Sekotong semakin dikenal dan siap untuk Go International.

Penasaran kan bagaimana serunya exploring sekotong? Nah ada baiknya liburan nanti ke Lombok dan kontak kawan kawan dari Genpi Lombok Sumbawa untuk bisa explore lebih seru lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here