Segarnya Asinan Betawi Mpok Eha, Rasanya Dijamin Nampol!

Sumber foto : Asinan Eha

Enaknya kalau hari sudah menunjukkan pukul 12 siang, urusan lidah harus dituntaskan dengan makanan yang gurih dan juga segar. Salah satu makanan kesukaan Genpi adalah asinan betawi. Berbicara soal rekomendasi asinan betawi yang rasanya enak, salah satunya ada di Asinan Betawi Mpok Eha yang beralamat di Jl. Pisangan Baru Tengah No. 19, Jakarta Timur. Perpaduan yang sempurna antara segarnya sayuran, gurihnya kuah kacang, dan ditambah dengan kerupuk mi serta kerupuk merah jambu yang kriuk. Bikin lidah seolah tak bisa berhenti menyantap.

Asinan Betawi Mpok Eha sudah ada sejak 1970, semenjak pertama kali berdiri hingga kini masih menempati rumah sederhana di sudut gang dekat dengan Pasar Jangkrik. Kamu bisa menuju kedai ini melalui transportasi umum, misalnya jika kamu naik bis Trans Jakarta, kamu bisa berhenti di Halte Pasar Genjing, kemudian transit dengan koridor JT 04 lalu berhendi di Halte Pasar Jangkrik. Kalau kamu naik kereta, turunlah di Stasiun Pondok Jati, kemudian berjalan kaki menuju Jl. Pisangan Baru Tengah No. 19 yang jaraknya tak begitu jauh.

Dikutip dari Tempo.co, asinan betawi merupakan makanan perpaduan antara budaya Betawi dan Cina. Istilah asinan merupakan proses pengawetan sayuran dengan cara merendamnya dengan larutan air dan garam, kemudian sayuran tersebut diberi potongan tahu, dan disiram kuah kacang yang ditemani dengan krupuk mi, dan krupuk merah jambu. 

Senada dengan hal tersebut,  proses pembuatan yang ada di kedai asinan betawi legendaris ini juga masih tradisional. Kamu akan disajikan dengan seporsi asinan betawi komplit yang terdiri dari kol, tauge, timun, selada yang sebelumnya sudah direndam dalam larutan garam dan asam cuka. Tak lupa disiram dengan kuah kacang yang sudah dihaluskan bersama garam, gula merah, cabai, dan asam cuka. Terakhir, diberi potongan tahu, taburan kacang goreng, krupuk mi, dan krupuk merah jambu. Rasanya didominasi oleh rasa manis dan gurih, tetapi soal tingkat kepedasan, kamu bisa meminta jumlah cabai yang lebih banyak.

Setiap harinya Asinan Betawi Mpok Eha terlihat tak pernah sepi pengunjung. Rasa yang sederhana namun tetap membuat hati para pelanggan setia yang terdiri dari pegawai kantor, masyarakat sekitar dan pembeli yang datang jauh – jauh bahkan rela menunggu untuk mencicipi Asinan Betawi Mpok Eha yang legendaris. Saran Genpi, datanglah lebih awal sebelum jam makan siang tiba karena depot asinan betawi ini bakal cepat ludes. 

Selain menikmati lezatnya asinan dengan bahan sayuran segar sebagai menu utamanya, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti asinan buah yang cocok dinikmati kala cuaca sedang panas. Asinan buah yang tersedia di sini mirip dengan asinan buah asal Bogor, Jawa Barat. Untuk varian asinan buah, terdiri dari bengkoang, kedondong, nanas, dan timun, kemudian disiram dengan kuah bercita rasa asam, manis, dan pedas.

Sumber foto : instagram @uls_dailymenu

Soal harga yang ditawarkan untuk seporsi asinan sayur maupun asinan buah, masing – masing dibanderol dengan Rp12.000. Cukup murah, bukan? Kamu sudah mendapatkan seporsi asinan betawi dengan rasa yang tidak kalah dengan kedai lainnya. Bila kamu tertarik untuk datang ke sini, Asinan Betawi Mpok Eha buka mulai pukul 07.00 sampai pukul 18.00. Asinan Betawi Mpok Eha tidak membuka cabang manapun dan untuk saat ini pelayanan hanya untuk dibawa pulang. Jadi kapan lagi kamu bisa mencicipi segarnya asinan betawi ala Asinan Betawi Mpok Eha? Genpi tunggu kunjunganmu!

Sumber:

https://www.instagram.com/darihalte_kehalte

https://cantik.tempo.co/read/817379/resep-rahasia-citarasa-asinan-betawi

Ditulis oleh Lukman Hakim, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan, Program Internship Genpinas tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here