Santai Bareng Lumba-Lumba di Teluk Kiluan Lampung

Advertisement

Lampung, sebuah provinsi kecil seluas 35.376km² yang berada paling selatan Pulau Sumatera ini memiliki segudang wisata alam. Mulai dari air terjun, bukit, hingga ratusan macam wisata bahari. Salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan berada di Tanggamus, Lampung Selatan. Ya benar, namanya adalah Teluk Kiluan. Tiga pesona dalam satu destinasi wisata, ada pada destinasi ini. Penasaran? Yuk Simak Informasinya !

Pulau Kelapa, Pulau Kecil di Kiluan

Mengapa kecil? Karena Pulau ini hanya seluas 6 hektare. Seringkali disebut sebagai Pulau Kiluan, pulau ini merupakan tempat pilihan wisatawan untuk menikmati malam alias menginap di Teluk Kiluan. Suasana yang masih asri dan sangat bersih, menjadikan tepi yang berbentuk pantai di pulau ini memiliki gradasi warna hijau kebiruan. Untuk menginap, kamu dapat memilih cottage kayu sederhana yang terdapat di tepi pantai ataupun menginap di rumah warga yang berbentuk homestay. Hanya dipatok Rp150.000-Rp250.000 per malam, kamu sudah dapat menikmati sensasi bermalam di pulau dengan pantai cantik nan estetik ini.

Laguna Gayau

Pernah melihat laguna? Well, jika belum pernah ini adalah kesempatan emasmu ! Terletak tidak jauh dari Pulau Kelapa, kamu dapat melihat dan menikmati langsung sensasi berenang di kolam renang alami atau laguna ini. Terbuat dari karang yang menjulang tinggi pada pinggirnya membuat laguna terasa seperti kolam renang alami private hanya untukmu. Disini kamu dapat menikmati kecantikan laguna, berswafoto, hingga berenang didalamnya. Jangan takut, kedalaman laguna ini hanya sampai 3 meter lho ! Cus langsung terjun !

Dolphin Tour

Sampai juga ke senjata pamungkas Teluk Kiluan. Ya benar, Dolphin Tour. Berada di lintasan migrasi, membuat Teluk Kiluan kaya akan keanekaragaman hayati terutama sumber daya ikan. Tak heran, banyak sekali terlihat nelayan hingga wisatawan yang sedang menikmati wisata memancing ditengah laut. Selain memancing, ditengah laut kamu juga dapat terhibur dengan banyaknya lumba-lumba yang berlompatan seakan memamerkan sebuah atraksi hanya untukmu.

Di Teluk Kiluan, terdapat dua jenis lumba-lumba yang akan menghiburmu, lumba-lumba hidung botol yang besar, juga lumba-lumba paruh panjang yang lebih panjang dan sering menyapa wisatawan lewat lompatannya. Untuk menikmati sensasi melihat lumba-lumba, kamu hanya dikenakan Rp 30.000 per orang untuk biaya taxi perahu hingga tengah laut. Sangat Terjangkau bukan? Untuk melihat lumba-lumba, disarankan untuk datang diantara bulan Agustus-Oktober karena menurut masyarakat setempat, pada bulan tersebut para lumba-lumba sedang bermigrasi sehingga kamu dapat melihat banyak sekali lumba-lumba yang berlompatan.

Selain melihat lumba-lumba, bagi kamu penggila olahraga snorkeling, kamu juga dapat menikmatinya ditengah laut ini. Di Teluk Kiluan terdapat beberapa spot snorkeling yang dapat kamu nikmati. Namun, hati-hati ya karena termasuk laut dangkal dan mempunyai terumbu karang yang memanjang, saat snorkeling kamu harus memerhatikan langkahmu, jangan sampai menginjak terumbu karangnya ya!

Seperti kata pepatah ‘sekali dayung dua tiga pulau terlampaui’, di Kiluan kamu dapat menikmati segudang keindahan dalam satu tempat. Hemat, efektif, dan menarik.

Jadi, kapan kamu mau santai bareng lumba-lumba di Teluk Kiluan?

Ditulis oleh Galuh Haris Septyana, Universitas Gadjah Mada, Prodi Pariwisata, Program Magang GENPINAS Tahun 2020

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here