Roti Ganda : Kuliner Roti Legendaris dari Kota Pemantang Siantar

Sumber foto : Instagram @medanfooddiary

Ketika berkunjung ke Pemantang Siantar, yaitu kota kedua terbesar di Sumatra Utara ini, Sobat Genpi wajib mampir nih ke Toko Roti Legendaris satu ini yang bernama “Roti Ganda”. Roti ini menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke kota ini, khususnya masyarakat Medan dan sekitarnya, tidak lengkap rasanya tidak membeli roti ini dan membawanya pulang sebagai buah tangan.

Toko Roti Ganda dibuka sejak tahun 1979, roti yang dibuat dari resep turun menurun dari keluarga, di mana telah bertahan hingga empat generasi. Selama itu mereka menjaga khas cita rasa dari roti ganda sehingga rasanya tidak berubah dan hingga kini, toko roti  ini terus ramai oleh para pembeli.

Toko Roti Ganda bertempat di Jl. Sutomo No.89, Simalungun, Kec. Siantar Sel., Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara, dan gerai lainnya dapat kamu temukan di Jl. Kartini No.21, Proklamasi, Kec. Siantar Bar., Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara, Toko roti ini buka dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Roti ganda merupakan roti tawar berukuran jumbo yang dipotong menjadi dua bagian, oleh karena itu roti ini disebut sebagai roti ganda. Roti Ganda dapat dinikmati dengan beragam rasa, yaitu selai serikaya, meses cokelat, keju, dan lain-lain. Untuk Selai yang menjadi andalan dan khas dari toko roti ini adalah roti ganda yang dilapisi selai serikaya dan selai krim putih dengan taburan meses cokelat, yang paling banyak diburu oleh para pembeli.

Ketika memasuki Toko Roti ini,  kita akan disambut dengan aroma harum roti dan melihat langsung para pengawai saat mengoles selai ke roti tawar jumbo ini, juga proses pengemasannya. Roti Ganda dibuat tanpa bahan pengawet dan tentunya akan sangat aman untuk di konsumsi, sehingga membuat roti ini hanya dapat bertahan selama 2 hari.

Harga Roti Tawar berukuran jumbo beserta dengan selainya ini cukup terjangkau yaitu, hanya merogoh kantung sebesar Rp. 18.000 , kamu sudah mendapatkan roti berbentuk loaf ini,  yang sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Tidak hanya yang berukuran jumbo, toko ini juga menyediakan roti tawar berukuran kecil dengan harga Rp. 5.000. Kamu juga bisa membeli selainya saja,  karena mereka juga menjual selai serikaya dengan berbagai ukuran, dimulai dari ukuran kecil yang  seharga Rp. 10.000.  Toko Roti ini juga menyajikan aneka kue dan berbagai jenis roti lainnya, seperti kue tart, roti gandum, roti cokelat, muffin dan lain-lain.

Selain Toko Roti Gandanya yang legendaris, Kota Pemantang Siantar ini juga memiliki objek wisata yang tidak kalah menarik seperti, Kebun Teh Sidamanik yang merupakan objek wisata populer dari Kota ini, di mana kita dapat menikmati pemandangan asri dan udara sejuk khas perkebunan, juga tidak jauh dari kebun teh ini terdapat Air Tejun dan wisata alam lainnya yang dapat kamu temukan.

Ditulis oleh Annisa Van Rizky, Ilmu Komunikasi, , Universitas Sumatera Utara (USU), Program Intership Genpinas tahun 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here